Image default
Obat

Berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Tahukah kamu bahwa manfaat kunyit untuk kesehatan telah populer sejak zaman dahulu kala? Ya, sejak dulu kunyit tidak hanya digunakan sebagai penyedap rasa tetapi juga sebagai obat yang berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit.

Tidak hanya meredakan nyeri atau mengobati penyakit maag, ternyata kunyit juga bisa menjadi penawar bisa ular loh. Selain bisa meredakan nyeri dan menjadi penawar bisa ular, kunyit juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk mengetahui manfaat lain dari kunyit ini yuk, simak ulasannya berikut ini.

Meredakan Peradangan

Manfaat Kunyit untuk kesehatan sebagai anti peradangan
Source: Kompas.com

Kandungan kurkumin di dalam kunyit diklaim mampu menghambat terjadinya peradangan pada tubuh. Zat aktif kurkumin inilah yang menjadi antioksidan dan berperan aktif melawan peradangan tersebut. Dikutip dari AAPS Journal, kunyit juga memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai jenis peradangan seperti kardiovaskular, sendi akut, hingga penyakit diabetes dan kanker.

Baca Juga: 12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Mengobati maag

Sejak dulu kunyit juga sudah dipercaya sebagai obat maag dan gangguan pencernaan lainnya. Pada dasarnya, maag muncul akibat luka yang terdapat di area lambung akibat infeksi bakteri yang disebut H. pylori. Untuk mengobati penyakit maag ini maka sangat disarankan untuk menyeduh secangkir teh kunyit hangat.

Hasil penelitian dari Pharmacognosy Reviews juga menyebutkan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit mampu meredakan luka di lambung. Tak hanya itu, kurkumin juga bekerja mengontrol produksi asam lambung yang berlebihan sehingga nyeri maag pun dapat berkurang.

Mengatasi gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Manfaat kunyit untuk kesehatan juga berperan dalam mengatasi gejala IBS atau Irritable Bowel Syndrome. IBS sendiri merupakan peradangan yang terjadi pada usus besar sehingga bisa menyebabkan gangguan BAB dan diare kronis.

Penelitian dari Singapura mengungkapkan bahwa kunyit mampu mengurangi gejala IBS dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain meredakan gejala IBS, kunyit juga mampu melawan dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh akibat diare.

Mengurangi Mual

Saat merasa mual, cobalah untuk mencampurkan bubuk lada hitam dan juga kunyit. Racikan antara lada hitam dan kunyit ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Jurnal Food tahun 2017. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa khasiat kunyit akan lebih maksimal saat dicampurkan bubuk lada hitam.

Kandungan kurkumin dianggap terlalu lambat menyerap ke dalam aliran darah sehingga khasiat kunyit juga akan terhambat mengalir ke seluruh tubuh. Namun, dengan kandungan piperin yang terdapat di dalam lada hitam akan membantu penyerapan kurkumin lebih cepat masuk ke aliran darah.

Meredakan Nyeri Haid

Kunyit sebagai pereda nyeri haid
Source: Linisehat.com

Rata-rata kaum hawa tentu tahu betul bahwa kunyit atau jamu kunir asam sangat berkhasiat meredakan nyeri saat haid. Maka tidak heran, jika sejak dulu hingga hari ini jamu kunir asam selalu menjadi andalan para wanita Indonesia.

Khasiat dari kurkumin di dalam kunyit ini memang sangat ampuh meredakan berbagai peradangan dan nyeri termasuk saat mengalami nyeri menstruasi. Kurkumin ini akan bekerja dengan cara melemaskan kontraksi yang terjadi di area rahim perempuan. Kurkumin ini juga berperan dalam mengurangi produksi prostaglandin, yaitu sejenis hormon yang bisa memicu munculnya rasa sakit dan peradangan. Namun, meskipun kunyit sangat berkhasiat meredakan nyeri saat haid, beberapa penelitian menyarakan untuk tidak mengkonsumsi kunyit saat perempuan mengalami pendarahan yang sangat berat.

Menurunkan berat badan

Selain mengatasi masalah peradangan dan nyeri pada tubuh, kunyit ternyata juga ampuh dalam menurunkan berat badan. Tentu ini adalah kabar baik bagi para pejuang diet. Menurut penelitian, kandungan kurkumin ini mampu menghasilkan reaksi yang membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, kolesterol hingga gangguan lainnya yang bisa menyebabkan obesitas.

Untuk hasil diet yang lebih maksimal, akan lebih baik untuk mencampurkan kunyit dengan asam jawa. Rutinlah mengkonsumsi jamu kunyit asam jawa untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih ideal.

Mengobati gigitan ular

Siapa yang menyangka bila kunyit putih adalah salah satu jenis tanaman yang mampu mengobati luka akibat gigitan ular. Kunyit putih diklaim mampu menetralkan bisa ular pada tubuh karena kandungannya yang terbukti manjur menghambat aktifitas bisa ular pada aliran darah. Khasiat dari kunyit putih ini tentu akan menurunkan resiko fatal bagi korban gigitan bisa ular.

Baca Juga: Selain untuk Kesehatan, Lemon juga Bermanfaat untuk Kecantikan Loh Ladies

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh memang telah terbukti manjur digunakan oleh para nenek moyang kita sejak dulu. Hingga hari ini, kunyit pun telah diolah dan dikemas sedemikian rupa agar terlihat lebih modern tanpa meninggalkan khasiat utamanya bagi tubuh.

Leave a Comment