Home Kehamilan 11 Makanan Sehat Ibu Hamil dan Penjelasan tentang Manfaatnya

11 Makanan Sehat Ibu Hamil dan Penjelasan tentang Manfaatnya

0
11 Makanan Sehat Ibu Hamil dan Penjelasan tentang Manfaatnya

Pada masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Janin yang ada di dalam kandungannya sangat bergantung pada asupan makanan yang diterima ibu. Jika ibu mampu memenuhi kebutuhan nutrisi secara cukup, maka bisa dipastikan janin akan tumbuh dengan optimal. Maka dari itu, makanan sehat ibu hamil sangat penting selama masa awal kehamilan hingga akhir. Karena dengan makanan sehat tersebut, baik ibu dan janin akan melewati masa kehamilan tanpa masalah.

Sebenarnya ada banyak sekali makanan sehat yang tersedia. Ibu hamil pun tidak memiliki banyak tantangan mengenai makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi. Namun yang paling penting adalah memastikan ibu hamil selalu memakan makanan yang benar-benar sehat dengan kandungan nutrisi sesuai kebutuhan selama masa kehamilan. Berikut ini adalah daftar makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil untuk memaksimalkan pertumbuhan janin dan memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Baca Juga: 6 Cemilan Sehat Murah Meriah, Cocok untuk Diet Tanpa Harus Boros

1. Alpukat

Alpukat sebagai makanan sehat untuk ibu hamil

Dari jenis buah-buahan, alpukat adalah salah satu makanan sehat ibu hamil. Alpukat mengandung asam lemak yang baik untuk menunjang perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan kulit pada janin. Kandungan serat yang cukup tinggi dari alpukat juga akan membantu ibu hamil terhindar dari masalah pencernaan. Alpukat juga dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin, seperti vitamin C, vitamin K dan vitamin B6. Tidak cukup sampai di situ, buah alpukat juga diperkaya kalium yang bermanfaat untuk mencegah kram pada kaki yang menjadi masalah umum pada ibu hamil.

2. Bayam

Bayam juga menjadi makanan sehat ibu hamil

Salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil adalah bayam. Daun hijau ini terutama disarankan untuk lebih sering dikonsumsi pada masa awal kehamilan. Bayam yang mengandung asam folat berguna untuk mencegah keguguran mengingat usia kehamilan muda masih sangat rentan masalah. Asam folat dari bayam juga bagus untuk mencegah cacat lahir, preeklamsia hingga persalinan prematur. Pastikan memasak bayam dengan benar agar manfaatnya tetap terjaga.

3. Brokoli

Brokoli sebagai makanan sehat ibu hamil selain bayam

Masih dari kalangan sayuran, makanan sehat ibu hamil selanjutnya adalah brokoli. Vitamin C pada sayuran hijau ini dapat menghindarkan ibu hamil dari masalah pencernaan, seperti sembelit. Vitamin tersebut juga ampuh mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah. Brokoli juga dilengkapi asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil sejak trimester pertama. Sementara kalsium dari sayuran ini akan menguatkan tulang ibu hamil ditambah dengan karatenoid yang bagus untuk kesehatan mata.

4. Jeruk

Buah jeruk untuk ibu hamil

Selama menjalani kehamilan, seorang ibu sangat rentan mengalami dehidrasi. Selain dari air putih, kebutuhan cairan ibu hamil juga bisa dipenuhi dari buah jeruk yang 90% kandungannya merupakan air. Kebutuhan asam folat pada masa kehamilan juga bisa dipenuhi oleh buah yang satu ini sehingga perkembangan otak dan saraf tulang belakang janin berkembang tanpa masalah. Jeruk yang terkenal dengan kandungan vitamin C akan memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Serat tinggi dalam buah ini akan menghindarkan ibu hamil dari berbagai masalah pencernaan, seperti susah buang air besar.

5. Mangga

Mangga menjadi buah yang baik

Dari jenis buah-buahan, memang banyak sekali rekomendasi makanan sehat ibu hamil. Pasalnya buah merupakan bahan alami yang tidak akan menimbulkan risiko serta kandungan vitaminnya yang cukup lengkap. Seperti salah satunya mangga, buah yang mengandung kalium tinggi untuk membantu menjaga tekanan darah ibu hamil tetap stabil serta mempertahankan cairan tubuh. Vitamin A dari buah yang dagingnya berwarna kuning ini bermanfaat untuk menunjang sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf janin. Rutin mengonsumsi mangga juga akan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

6. Kacang-kacangan

Cobain kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan yang bisa menjadi makanan sehat dan bernutrisi bagi ibu hamil. Mulai dari kacang kedelai, kacang polong hingga kacang tanah yang mengandung berbagai zat penting untuk menunjang masa kehamilan. Kacang-kacangan tersebut mengandung serat yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang sering mengalami masalah pencernaan. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan zat besi untuk menghindarkan ibu hamil dari anemia. Sementara asam folatnya sudah pasti bagus untuk mencegah bayi lahir cacat serta kalsium yang akan menjaga kesehatan tulang.

7. Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak menjadi makanan sehat ibu hamil

Daging merupakan sumber protein penting bagi ibu hamil. Namun untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari makanan sehat ibu hami ini, sebaiknya memilih daging yang tanpa lemak. Sel darah merah dari daging ayam, daging sapi maupun daging ikan berguna untuk membentuk sel darah merah pada ibu hamil. Sel darah merah itulah yang akan mengantarkan oksigen ke dalam seluruh sel di dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa kekurangan sel darah merah bisa mengakibatkan anemia dan akan mengganggu kesehatan ibu selama hamil.

8. Telur

Telur

Telur menjadi makanan sehat dan sangat baik untuk ibu hamil. Pasalnya di dalam telur terdapat hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil dan janin dalam kandungannya, seperti lemak, protein, mineral dan vitamin. Kemudian telur juga mengandung kolin sebagai nutrisi penting yang akan memaksimalkan tumbuh kembang otak janin. Meskipun manfaatnya sangat bagus, sebaiknya ibu hamil memakan telur yang dimasak dengan sempurna. Hindari memakan telur setengah matang karena risiko kuman yang bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

9. Ubi

Ubi baik untuk kehamilan

Selain nasi, ubi juga menjadi sumber karbohidrat sekaligus makanan sehat ibu hamil. Manfaatnya pun tak kalah dari makanan sehat lainnya. Ubi mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata serta penting untuk membangung sel dan jaringan pada janin. Sementara antioksidan yang cukup tinggi dari ubi berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa hal penting perlu diperhatikan ketika ibu hamil mengonsumsi ubi. Pertama, pastikan memasak tanpa minyak dan kedua tidak boleh berlebihan jumlahnya.

10. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya

Selain air putih, jenis minuman lain yang baik untuk ibu hamil adalah susu. Susu dikenal akan kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi untuk mengoptimalkan jaringan tulang janin serta menjaga kesehatan tulang ibu. Susu yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil adalah yang terbebas dari gula tambahan atau bahan lain. Memasaknya pun dengan suhu yang tepat agar tidak terkontaminasi kuman dan bakteri. Selain susu, produk olahannya juga bagus untuk ibu hamil seperti yogurt dan keju yang dipastikan higienis.

Baca Juga: 12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

11. Ikan Salmon

Ikan salmon

Dari sekian banyak jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil, ikan salmon merupakan yang paling direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, ikan salmon terkenal akan kandungan omega-3 yang penting untuk perkembangan otak janin agar bisa terlahir cerdas. Di samping itu, vitamin D dari ikan ini juga akan membawa manfaat bagi ibu hamil serta janinnya. Penting sekali untuk memilih ikan salmon yang masih segar untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, ikan salmon harus dimasak dengan matang sempurna sebelum dimakan.

Masa kehamilan merupakan saat yang sangat penting dalam pertumbuhan bayi sebab semua organ terbentuk ketika di dalam rahim. Oleh karena itu, maksimalkan pertumbuhan bayi dengan makanan sehat ibu hamil yang terbukti manfaatnya. Ketahui juga hal penting dalam mengonsumsi makanan sehat tersebut, seperti cara memasak dan jumlah yang diperbolehkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here