17 Juni , 2024
Makanan

5 Jenis Menu Makanan Diet Agar Tubuh Tetap Sehat


Iklan Hosting

Menu makanan diet memang sangat dibutuhkan untuk mengatur pola makan yang sehat. Perlu Anda ketahui pula bahwa kunci utama dalam menurunkan berat badan memang terletak pada pola makan serta jenis makanan yang dikonsumsi. Namun, cara menurunkan berat badan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Diet bukan hanya tentang memilih jenis makanan tetapi juga tentang cara mengatur pola hidup sehat yang seharusnya. Jangan sampai Anda berniat diet tapi malah lebih memberi penyakit kepada tubuh dengan menunda-nunda jadwal makan atau malah tidak makan sama sekali. Tentu ini menjadi boomerang untuk tubuh dan pada akhirnya tubuh akan menjadi drop karena tidak memiliki asupan energi lagi.

Pada dasarnya, tubuh tetap memerlukan makanan sebagai sumber energi tubuh. Oleh karena itu, pola diet juga harus memperhatikan kebutuhan energi bagi tubuh termasuk untuk asupan kalorinya. Bagaimanapun juga kekurangan ataupun kelebihan kalori tetaplah tidak baik untuk tubuh. Lalu, bagaimana pola hidup sehat serta jenis menu makanan diet yang baik untuk tubuh ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Pola Hidup Sehat Saat Diet

1.   Memenuhi kebutuhan kalori

Dalam menjalani proses diet, Anda juga perlu mengetahui kebutuhan kalori pada tubuh itu sendiri. Pada dasarnya, kebutuhan kalori orang berbeda-beda. Orang yang memiliki berat tubuh yang berlebihan atau obesitas tentu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat pada umumnya. Oleh sebab itu, kenalilah kebutuhan kalori tubuh Anda terlebih dahulu sebelum menentukan jenis menu diet yang akan dikonsumsi.

2.   Menjaga porsi makan

Porsi Makanan untuk Diet
Source: Webmd.com

Mengatur porsi makan dengan baik akan membantu proses diet yang lebih efektif. Saat diet, tubuh bukan berarti harus menghindari berbagai jenis makanan. Bagaimanapun juga tubuh tetap membutuhkan asupan makanan sebagai sumber energi. Yang menjadi poin penting dalam menjaga porsi makan saat diet ialah menyesuaikan kebutuhan kalori harian untuk tubuh. Beberapa tips untuk mengatur porsi makan ialah seperti membagi piring makan Anda menjadi empat bagian di mana seperempat piring diisi oleh daging, seperempat lagi diisi karbohidrat dan selebihnya ialah sayuran berwarna-warni. Dengan menerapkan pola ini maka Anda telah menjalankan prinsip gizi seimbang.

3.   Membuat jadwal makan secara teratur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa menunda-nunda waktu makan bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Melewatkan waktu makan justru hanya akan membuat tubuh menjadi lemah, gula darah naik turun hingga membuat tubuh stress. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap menjalankan pola makan secara teratur yaitu sebanyak tiga kali sehari. Anda juga bisa membuat pola makan teratur menjadi enam kali sehari tapi dengan porsi makan yang lebih kecil. Yang terpenting ialah tetap menghindari jenis makanan yang berlemak dan berkalori tinggi.

4. Mengunyah makanan secara perlahan

Cara mengunyah makanan ternyata juga mempengaruhi proses diet seseorang. Menurut penelitian, makan secara terburu-buru justru akan sulit memberikan waktu kepada tubuh untuk mengirimkan sinyal hormonal kepada otak. Sinyal hormonal yang dimaksud ialah faktor rasa kenyang yang dikirim menuju otak. Jika Anda makan secara cepat maka perut pun akan terus merasa lapar karena sinyal hormonal tersebut sulit untuk dibaca oleh otak. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mengunyah makanan perlahan-lahan dibandingkan dengan makan secara terburu-buru.

Jenis Makanan Diet Untuk Tubuh

Menu makanan bergizi tentu akan berbanding lurus dengan diet yang sehat. Jika makanan yang selalu dikonsumsi memiliki kandungan gizi yang seimbang maka tubuh yang proporsional bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan diet yang akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

1.   Buah dan sayuran

Buah dan sayuran merupakan jenis makanan sehat yang berperan penting dalam proses menurunkan berat badan. Tak hanya itu, buah dan sayuran juga dikenal sebagai jenis makanan penuh gizi yang menyehatkan tubuh. Kandungan vitamin, serat, dan mineral pada sayur dan buah juga membantu tubuh agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kronis lainnya. Adapun beberapa jenis buah maupun sayur yang bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan ialah sebagai berikut.

  • Pisang
  • Apel
  • Anggur
  • Blueberry
  • Brokoli
  • Wortel
  • Paprika

2. Gandum

Makanan untuk Diet dari Gandum
Source: food.ndtv.com

Gandum dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat dan sangat baik untuk tubuh. Kandungan vitamin dan mineral di dalam biji-bijian ini akan membantu tubuh untuk terus merasa kenyang sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan. Beberapa ahli diet juga merekomendasikan gandum sebagai menu makanan diet yang rutin dikonsumsi setiap harinya agar nafsu makan tetap bisa terkontrol dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung gandum utuh dan cocok untuk dikonsumsi selama menjalani diet.

  • Soba
  • Beras merah
  • Oat meal
  • Popcorn
  • Roti atau pasta gandum utuh

3. Protein tanpa lemak

Selain karbohidrat, protein juga menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Namun, mengkonsumsi banyak protein juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, hindarilah jenis-jenis makanan yang mengandung terlalu banyak protein maupun lemak tinggi.

Makanan yang memiliki protein maupun lemak yang tinggi hanya akan menimbulkan penyakit pada tubuh, salah satunya ialah obesitas. Tentu Anda tidak mau bukan jika proses diet yang Anda jalani malah menjadi sia-sia karena salah mengkonsumsi jenis makanan.

Nah, oleh sebab itu konsumsilah jenis makanan yang mengandung protein tanpa lemak agar asupan lemak pada tubuh bisa berkurang. Selain itu, protein tanpa lemak juga akan mencegah bertambahnya bobot berat badan pada tubuh sehingga akan menghasilkan berat badan yang lebih proporsional. Berikut ini adalah beberapa menu makanan diet yang mengandung protein tanpa lemak tinggi.

  • Telur atau putih telur
  • Daging putih
  • Tahu
  • Ikan
  • Kacang polong
  • Susu ataupun produk susu yang tidak mengandung lemak tinggi

4.   Mengurangi gula dan garam

Mengkonsumsi banyak gula, garam hingga minyak secara berlebihan selain bisa menimbulkan banyak penyakit, juga bisa menaikkan berat badan. Agar tubuh tetap sehat dan berat badan juga dalam kondisi aman maka cobalah untuk mengurangi makanan yang mengandung gula dan garam.

5. Mengkonsumsi camilan rendah kalori

Meskipun Anda sedang menjalani program diet, mengkonsumsi cemilan bukanlah sesuatu yang terlarang. Namun, tetap saja Anda harus memilih cemilan yang benar-benar sehat. Pilihlah jenis cemilan yang mengandung gula dan kalori yang rendah. Anda bisa mengecek nilai gizi cemilan tersebut pada label kemasan cemilan. Adapun beberapa cemilan rendah kalori yang bisa Anda coba selama menjalani diet ialah sebagai berikut.

  • Telur rebus
  • Buah-buahan seperti apel dan buah beri
  • Greek yogurt
  • Jus buah
  • Smoothies kaya protein
  • Edamame
  • Cemilan rendah kalori lainnya

Demikianlah, informasi mengenai menu makanan diet sehat untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalani proses diet ini. Dapatkan informasi tentang kesehatan lainnya hanya di healthitshow.com. Selamat mencoba!

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

12 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Konsumsi harian

Rostina Alimuddin

Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Kehidupan yang Harus Anda Ketahui

rumi

Benarkah Vape Alternatif Cara Untuk Berhenti Merokok?

admin