30 November , 2022
Image default
Kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult? Ini Penjelasan Lengkapnya!


Sebagai ibu hamil, Anda mungkin akan dihadapkan dengan beragam patangan dan kehati-hatian ketika akan memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Bisa saja, segala makanan dan minuman yang biasa Anda konsumsi sebelum hamil, malah harus dihindari ketika sedang hamil. Salah satu yang sering menjadi pertanyaan ibu hamil adalah tentang konsumsi minuman probiotik seperti Yakult. Bolehkan ibu hamil minum Yakult?


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Tentang Yakult

Mengenal Yakult

Minuman probiotik Yakult mungkin bukan hal asing bagi banyak orang. Yakult sendiri adalah minuman yang punya kandungan probiotik atau bakteri baik, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam sebotol Yakult, terdapat sekitar 10 miliar bakter baik Lactobacillus casei. Disebutkan bahwa, bakteri ini terbukti bisa melewati cairan asam lambung dan mampu sampai pada usus dalam keadaan tetap hidup. Bakteri ini juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik serta menyeimbangkan bakteri jahat yang ada dalam sistem pencernaan.

Intinya, Yakult adalah minuman yang dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan, yang aman dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu bagaimanakah dengan ibu hamil?

Baca Juga: 11 Makanan Sehat Ibu Hamil dan Penjelasan tentang Manfaatnya

Bolehkan ibu hamil minum Yakult?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult

Ketika hamil, memilih asupan yang tepat adalah hal yang penting. Nutrisi yang ibu hamil konsumsi akan berkaitan dengan tahap kehamilan dan kesehatan ibu hamil serta janin. Makanan dan minuman tersebut juga akan memengaruhi tumbuh kembang bayi nantinya.

Namun, ibu hamil seringkali disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung mikroorganisme berbahaya, misalnya seperti konsumsi telur setengah matang atau makanan mentah yang bisa rentan bakteri salmonella.


Yakult sendiri adalah minuman probiotik yang tentunya mengandung mikroorganisme berupa bakteri di dalamnya. Melansir laman Insider, sebenarnya konsumsi probiotik adalah hal yang baik selama kehamilan. Probiotik dapat menjadi suplemen makanan selama hamil yang aman dan memberikan manfaat kesehatan.

Namun, penelitian lebih jauh tentang konsumsi probiotik selama hamil masih sangat terbatas. Sejauh ini, belum ditemukan hubungan antara konsumsi probiotik dengan kemungkinan keguguran dan kelainan dalam kehamilan yang lainnya. Jadi, bisa dikatakan tidak ditemukan risiko yang berbahaya saat ibu hamil minum Yakult atau probiotik lain.

Dalam website resminya pun Yakult menjelaskan bahwa minuman ini aman dikonsumsi selama kehamilan. Karena Yakult mengandung bahan alami yaitu susu skim atau susu yang sudah dihilangkan atau dikurangi lemaknya dan juga glukosa. Apalagi, Yakult pun bisa membantu mengembalikan tingkat bakteri baik di pencernaan ibu hamil.

Baca Juga: Jaga Kesehatan dengan Konsumsi 9 Makanan Tinggi Protein Ini

Walaupun aman, namun ibu hamil tetap harus memperhatikan petunjuk penggunaan agar tidak berlebihan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Manfaat Probiotik Selama Kehamilan

Probiotik Selama Kehamilan

Konsumsi probiotik selama kehamilan juga dikatakan punya banyak sekali manfaat, yaitu:

  • Mengurangi bakteri jahat di usus. Adanya bakteri baik yang berasal dari probiotik akan melawan bakteri jahat di pencernaan Anda. Jumlah bakteri jahat yang berkurang akan membuat pencernaan jadi lebih sehat.
  • Mendukung proses pencernaan. Saat hamil, mungkin Anda akan lebih sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Dengan konsumsi Yakult atau probiotik, kemungkinan mengalami sembelit ini akan lebih dimininalisir.
  • Mencegah risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah komplikasi kehamilan yang berbahaya bagi ibu hamil. Melansir laman American Pregnancy, probiotik dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes gestasional saat hamil.
  • Mencegah risiko preeklamsia. Selain diabetes gestasional, preeklamsia juga merupakan komplikasi kehamilan yang berbahaya. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan darah tinggi selama hamil. Cara mencegahnya, menurut penelitian British Medical Journal, konsumsi probiotik, khususnya di trimester ketiga, akan membantu menurunkan risiko preeklamsia.
  • Mengurangi risiko infeksi vagina. Probiotik juga punya manfaat dalam mengurangi risiko terjadinya infeksi vagina pada ibu hamil, dengan meningkatkan jumlah bakteri baik di vagina. Hal ini akan membuat pertumbuhan organisme penyebab infeksi bisa lebih diminimalisir.
  • Mencegah terjadinya alergi pada bayi. Bukan hanya bermanfaat bagi ibu hamil saja, namun manfaat lain pun dirasakan pada bayi Anda. Dari laman American Pregnancy dijelaskan bahwa konsumsi probiotik selama kehamilan akan mengurangi risiko terjadinya alergi seperti dermatitis atopik pada bayi.

Itulah dia penjelasan tentang bolehkan ibu hamil minum Yakult, beserta beberapa hal penting lainnya yang berkaitan dengan hal tersebut. Yang terpenting, konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi baik selama kehamilan untuk kesehatan ibu dan janin yang lebih terjaga.


Related posts

11 Makanan Sehat Ibu Hamil dan Penjelasan tentang Manfaatnya

Risma Mualifa