30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat Makanan

Rekomendasi Ide Diet dan Makanan Tepat Untuk Ibu Menyusui


Tidak hanya saat hamil , pola makan sehat pasca melahirkan juga tak kalah pentingnya bagi ibu baru. Memiliki makanan bergizi membantu ibu menyusui untuk mendapatkan kembali kekuatannya sekaligus juga sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi yang baru lahir. Dalam sebuah posting di Instagram, ahli gizi Lovneet Batra menyebutkan pentingnya makanan tersebut dan membagikan beberapa makanan tersebut yang dapat dimasukkan ke dalam diet ibu baru untuk nutrisi yang optimal.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Ibu menyusui harus mengisi tubuh mereka dengan makanan kaya nutrisi terbaik agar bayi tumbuh lebih kuat, lebih pintar, dan lebih sehat. Ada beberapa makanan yang dapat membantu, yaitu:

1. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin yang sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Ini adalah “makanan super” yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Asupan pepaya secara teratur dapat memberikan keajaiban bagi sistem pencernaan . Ini juga membantu mencegah perkembangan selulit.

2. Dalia

Dalia sarat dengan berbagai manfaat kesehatan. Dibuat dengan gandum pecah, dalia mudah dicerna dan penuh nutrisi . Ini tinggi serat dan diyakini sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan tingkat energi.

3. pisang

Pisang hadir dengan karbohidrat sehat dan vitamin B. Kaya akan pektin, buah super berenergi ini membantu memoderasi kadar gula darah dan membantu kesehatan usus. Ini adalah prebiotik yang memasok makanan ke bakteri baik di usus besar. Magnesium yang ada di dalamnya membantu dalam memerangi depresi pascamelahirkan dan meningkatkan mood juga.


4. bayam

Ini adalah formula nutrisi all-in-one terbaik untuk ibu baru. Ini dapat membantu dalam memerangi kerontokan rambut pasca melahirkan . Ini adalah sumber zat besi, mangan, selenium, fosfor, dan tembaga yang baik yang membantu mendapatkan kembali kekuatan.

5. Kacang-kacangan

Sumber nutrisi lainnya, kacang-kacangan kaya akan mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan seng serta vitamin K dan B. Kacang-kacangan juga merupakan sumber asam lemak esensial dan protein yang sehat. Di luar komposisi nutrisinya yang fenomenal, kacang juga dianggap sebagai laktogenik.

6. susu

Minum susu saat menyusui adalah pilihan yang bagus, asalkan ibu maupun bayi tidak alergi. Ini membanggakan delapan gram protein, 50 persen kebutuhan harian vitamin B12 Anda, 25 persen kebutuhan kalsium harian Anda dan 15 persen kebutuhan kalium dan vitamin D harian Anda.

Diet ideal untuk ibu menyusui

Laktasi menggambarkan sekresi susu dari kelenjar susu dan periode waktu seorang ibu menyusui untuk memberi makan anaknya. Setelah Anda melahirkan, nutrisi yang baik bahkan lebih penting daripada selama kehamilan Anda. Ini dapat membuat perbedaan dalam kualitas ASI Anda dan memengaruhi seberapa cepat tubuh Anda pulih setelah melahirkan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Ibu yang sedang menyusui tidak perlu makan makanan khusus. Tetapi sangat penting bahwa diet ibu menyusui adalah diet seimbang dan bergizi yang baik. Pada periode ini selain kalori dan protein, terjadi peningkatan kebutuhan kalsium dan zat besi. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal tertentu.

  • Sertakan semua kelompok makanan dalam diet harian. Kelompok-kelompok ini adalah sereal, kacang-kacangan, gula, sayuran, buah-buahan, susu dan produknya, bumbu.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berdaun hijau, wijen hitam (til), kismis, delima dll
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti susu & produknya, wijen putih (til), ragi, jambu biji, dll. Konsumsi harian satu liter susu dalam bentuk apapun seperti yogurt, paneer, dll menyediakan semua kalsium dan protein berkualitas baik yang dibutuhkan.
  • Jangan membatasi pola makan. Sertakan 3-4 makanan yang cukup. Buang keyakinan tentang makanan ‘panas’; makanan ‘dingin’.
  • “Jika Anda menyusui, bicarakan dengan dokter atau ahli gizi tentang diet Anda. Biasanya, Anda harus mendapatkan 200 hingga 500 kalori lebih banyak daripada jika Anda tidak menyusui.

Berikut nutrisi mayor dan minor yang berperan penting dalam diet ibu menyusui:

Energi

Dibutuhkan energi ekstra untuk memproduksi ASI. Ibu membutuhkan tambahan 400 kalori rata-rata per hari di luar kebutuhan kesehatan normal mereka.


Protein

Tunjangan Diet yang Direkomendasikan untuk protein selama menyusui mencakup tambahan 15 gram per hari (AKG 65 gram per hari) dalam enam bulan pertama setelah melahirkan dan tambahan 12 gram per hari (AKG 62 gram per hari) setelahnya.

Cairan

yang cukup untuk tetap terhidrasi termasuk 2 hingga 3 liter per hari, atau setidaknya delapan porsi 8 ons, dan dapat mencakup air, susu atau susu kedelai, minuman tanpa kafein, dll. Batasi kafein hingga setara dengan satu cangkir kopi sehari untuk hindari menyebabkan bayi gelisah atau sulit tidur.

Vitamin dan Mineral

Makanan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan ibu menyusui, seperti kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin D dan seng. Suplemen vitamin dan mineral tidak menggantikan diet sehat, tetapi beberapa wanita menyusui mungkin memerlukan suplemen multivitamin dan mineral selain makan makanan yang seimbang.

Pertimbangan khusus dalam diet ibu menyusui

Makan dengan baik saat menyusui memerlukan keseimbangan yang tepat dari makanan yang baik (dan baik untuk Anda). Cobalah untuk mendapatkan yang berikut setiap hari:


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini
  1. Protein: Tiga porsi
  2. Kalsium: Lima porsi (bertambah dari kebutuhan kehamilan Anda yang empat porsi)
  3. Makanan kaya zat besi: Satu porsi atau lebih
  4. Vitamin C: Dua porsi
  5. Sayuran berdaun hijau dan kuning, kuning buah-buahan: Tiga hingga empat porsi
  6. Buah-buahan dan sayuran lainnya: Satu porsi atau lebih
  7. Biji-bijian utuh dan karbohidrat kompleks terkonsentrasi lainnya: Tiga porsi atau lebih
  8. Makanan tinggi lemak: jumlah kecil – Anda tidak perlu sebanyak yang Anda lakukan selama kehamilan
  9. Delapan cangkir air, jus, atau minuman non-alkohol non-kafein lainnya
  10. Makanan kaya DHA untuk meningkatkan pertumbuhan otak bayi (cari di salmon liar dan sarden, serta telur yang diperkaya DHA ).

Menyusui adalah fase yang sangat penting dan indah dalam kehidupan ibu dan anak. Ini adalah fase ketika ikatan antara ibu dan anak dibangun dan diperkuat. ASI sangat penting untuk pertumbuhan anak dan pentingnya nutrisi yang tepat pada saat ini tidak perlu dipertanyakan lagi.


Related posts

Ini Dia 6 Apotik Yang Buka Hingga Malam di Jakarta

admin

5 Jenis Menu Makanan Diet Agar Tubuh Tetap Sehat

Rostina Alimuddin

Apa Itu Kanker Prostat ? Simak Disini

admin