13 April , 2024
InformasiPenyakit

Apa Benar Mandi Malam Bisa Membuat Rematik?



Iklan Hosting

Saat ini banyak dari kita pasti sudah terbiasa mandi ketika pulang ke rumah setelah beraktivitas seharian di luar. Namun seringkali kita tiba di rumah terlalu larut sehingga kita terpaksa harus mandi di malam hari “jangan keseringan mandi malam nanti rematik” menjadi teguran yang tidak asing bagi sebagian besar dari kita bukan? Apakah benar mandi malam bisa menyebabkan rematik? Bukankah memang lebih baik jika kita mandi setelah beraktivitas di luar meskipun kita baru pulang di malam hari? untuk mengetahui kebenarannya mari kita simak ulasan artikel ini

Mengenal Apa Itu Penyakit Rematik

Rematik secara medis dikenal dengan nama Rimatoid Arthritis. Penyakit ini adalah kondisi peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan pada sendi yang terkena. Penyakit ini dapat mengenai semua orang baik laki-laki, perempuan tua maupun muda. Jadi rematik tidak hanya terjadi pada orang tua namun bisa juga terjadi pada remaja. Normalnya sistem imun tubuh hanya menyerang bakteri atau virus atau jamur yang menyerang tubuh serta sel tubuh yang terinfeksi.

Namun pada kondisi autoimun sistem imun malah menyerang sel tubuh yang sehat dan tidak terinfeksi sehingga menimbulkan inflamasi atau peradangan pada daerah yang diserang oleh sistem imun. Pada rematik sel yang diserang oleh sistem imun adalah sendi dan di sekitarnya yang menimbulkan rasa sakit dan kekakuan akibat peradangan yang terjadi.

Mitos atau Fakta, Mandi Malam Penyebab Rematik?

Rematik paling sering mempengaruhi sendi tangan, pergelangan tangan dan lutut. Mengapa seseorang dapat terkena rematik, penyebab sistem imun menyerang sendi dan menyebabkan rematik sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun terdapat beberapa faktor risiko terkena rematik seperti merokok, genetik obesitas dan lain-lain. Mandi malam tidak ada dalam penyebab ataupun faktor resiko rematik sehingga dapat kita simpulkan bahwa mandi malam tidak menyebabkan rematik dan bahkan tidak ada hubungan antara mandi malam dan rematik.

Di Indonesian bahwa mandi malam menyebabkan rematik hanyalah mitos namun pada penderita rematik tertentu, faktor dingin dapat memperberat keluhan sehingga bila terkena dingin terasa nyeri pada persendian. Hal ini dapat dijelaskan dengan terganggunya aliran cairan dalam sendi sehingga sendi menyusut dan tekanannya meningkat sehingga sendi menjadi lebih sakit dan kaku.

Faktanya mandi malam memiliki banyak manfaat selain memastikan tubuh kita bersih mandi juga membantu menyesuaikan suhu tubuh penyesuaian ini membantu otak kita memahami bahwa sudah waktunya untuk tidur. Hal ini yang membuat kita lebih mudah untuk tertidur. Jadi kamu nggak perlu lagi khawatir ketika mandi di malam hari ya. Mandi malam tidak menyebabkan rematik dan justru sebaliknya memiliki banyak manfaat.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Bagaimana Penyakit Kanker Bisa Muncul? Apakah Benar Belum Ada Obatnya?

admin

Bagaimana Cara Sel Syaraf Bekerja?

admin

Mengenal Serumen dan Cara Membersihkan Telinga yang Aman

admin