17 Juni , 2024
Hidup SehatMakanan

Pentingnya Makan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tubuh


Iklan Hosting

Waktu jaman SD dulu pada mata pelajaran IPA kita sudah diajarkan tentang makan 4 sehat 5 sempurna. FYI, awalnya makan 4 sehat 5 sempurna adalah sebuah kampanye yang dilakukan oleh pemerintah, dimana masyarakat diminta untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Namun seiring berjalannya waktu, justru masyarakat jadi lebih sadar betapa pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Tentu dengan mengkonsumsi makanan sehat akan memiliki dampak positif bagi tubuh. Tapi apasih makan 4 sehat 5 sempurna itu? jenis-jenis makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna itu?

makanan 4 sehat 5 sempurna

Apa itu makan 4 sehat 5 sempurna?

Makan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makan sehat yang mengandung gizi lengkap dan pastinya dibutuhkan oleh tubuh mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Masing-masing zat gizi ini terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda-beda yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan.

Jenis-Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna :

1. Makanan Pokok

Yang pertama untuk jenis makanan 4 sehat 5 sempurna yaitu makanan pokok. Pada makanan pokok ini adalah makanan yang mengandung sumber karbohidrat yang seimbang. Karbohidrat adalah zat gizi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Sumber energi ini merupakan makanan utama bagi otak. Oleh sebab itu, kekurangan karbohidrat justru bisa memicu masalah kesehatan, sehingga Anda tidak bisa menghindarinya.

Contoh sumber makanan pokok yang masuk ke dalam makanan 4 sehat 5 ialah seperti nasi. Nasi makanan yang berasal dari beras dan menjadi makanan umum & banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Selain nasi, makanan pokok seperti kentang, roti, ubi dan singkong juga banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok.

2. Lauk Pauk

Yang kedua setelah makanan pokok yang masuk kedalam masuk ke dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna ialah lauk pauk. Lauk pauk disini ialah sebagai sumber protein yang baik. Protein adalah kelompok biomolekul berukuran besar yang terbentuk dari satu rantai panjang asam amino atau lebih yang diperlukan oleh sel tubuh.

Protein memiliki kandungan asam amino di dalamnya. Protein memiliki banyak fungsi dalam makhluk hidup, di antaranya mempercepat reaksi-reaksi metabolisme, mereplikasi DNA, menanggapi rangsangan, memberi bentuk sel dan tubuh, dan memindahkan molekul dari satu lokasi ke lokasi lain.

Oleh sebab itu, perlu adanya protein lengkap untuk kesehatan tubuh. Protein tersebut bisa kita dapat dari berbagai sumber, seperti sumber hewani seperti ikan, telur, dan daging. Juga bisa didapatkan dari sumber nabati atau tumbuhan, misalnya seperti tahu, tempe, kedelai dan kacang-kacangan.

3. Sayuran

Berikutnya setelah makanan pokok & lauk pauk yang masuk masuk ke dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna ialah Sayuran. Selain sebagai sumber protein, pada sayuran juga juga terkandung banyak mineral dan vitamin yang tentunya diperlukan oleh tubuh. Selain itu, serat juga banyak terkandung di dalam sayuran.

Vitamin adalah nutrisi tambahan yang diperlukan bagi tubuh untuk bisa menunjang kinerja tubuh. Umumnya, vitamin berasal dari makanan dan buah-buahan yang bersifat organik. Vitamin sendiri memiliki peran penting di dalam tubuh. Banyak sekali manfaat vitamin untuk tubuh kita misal untuk memproduksi energi dan fungsi kekebalan di dalam tubuh. Selain itu, vitamin juga memiliki peran penting dalam hal pembekuan darah. Dan pastinya masih banyak lagi manfaat lain dari adanya vitamin di dalam tubuh.

Sayuran adalah makanan yang sangat sehat. Selain membuat makanan menjadi lebih nikmat, zat-zat yang terkandung dalam sayuran juga sangat bergizi, karena kaya akan nutrisi, vitamin, mineral & serat. Cara mudah dan sederhana untuk tetap menjaga kesehatan selain berolahraga adalah dengan makan banyak sayuran. Dan tidak hanya itu, dengan kita banyak mengkonsumsi sayur akan memberi manfaat dengan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Penyakit-penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung hingga kanker dapat dicegah melalui bayak mengkonsumsi sayuran-sayuran sehat.

4. Buah

Buah-buahan juga termasuk kedalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. Di dalam buah-buahan banyak terkandung serat, vitamin dan mineral esensial. Keduanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu buah-buahan juga memiliki beragam antioksidan yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Sebagai negara tropis di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis buah-buahan. Banyak orang yang tidak suka makan sayuran, sebagai alternatif bisa makan buah-buahan untuk mendapatkan manfaat yang sama dari sayuran.

5. Susu

Yang terakhir sebagai penyempurna dari makanan 4 sehat 5 sempurna adalah susu. Meskipun tidak wajib namun dengan mengkonsumsi susu menjadi penyempurna. Karena pada susu terkandung sumber kalsium, protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Banyak manfaat yang di dapat dari kita minum susu. Salah satu contohnya dengan minum susu kita akan mencegah dari penyakit osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, susu juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat.

Di Indonesia, susu yang paling umum dan sering dikonsumsi adalah susu sapi. selain dikonsumsi langsung banyak macam produk makanan yang dibuat dari susu sapi, seperti keju, krim, mentega, dan yogurt. Selain susu sapi juga ada jenis susu lainnya seperti susu kambing, susu kedelai, dan jenis susu nabati lainnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan tentang makan 4 sehat 5 sempurna. Meskipun saat ini sudah banyak masyarakat yang mengetahui betapa pentingnya mengkonsumsi makanan sehat, namun masih ada sebagian yang mengabaikannya. Makan tidak hanya mengenyangkan tapi juga harus memberikan manfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk terus mengingatkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat & bergizi.

 

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Panduan Lengkap: Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

admin

7 Tips Memulai Pola Hidup Keluarga Sehat Sejak Dini

Marsyaviani Darestuti

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin