13 April , 2024
Kesehatan

Gangguan Penglihatan: Jenis dan Gejala



Iklan Hosting

Gangguan penglihatan adalah kondisi yang mengganggu kemampuan mata dalam melihat dengan jelas, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur, buram, atau bahkan hilang sepenuhnya. Gangguan penglihatan dapat mencakup berbagai kelainan, mulai dari rabun jauh atau dekat hingga kondisi serius seperti katarak atau degenerasi makula. Artikel ini akan membahas jenis-jenis gangguan penglihatan, gejalanya, serta cara untuk mencegahnya.


Iklan Backlink

Jenis Gangguan Penglihatan

Ada berbagai jenis gangguan penglihatan yang dapat memengaruhi mata seseorang. Berikut beberapa di antaranya:

Baca juga : Sakit Gigi: Nyeri yang Mengganggu Kehidupan Sehari-hari

1. Rabun Jauh (Myopia)

Rabun jauh adalah kondisi di mana seseorang memiliki kesulitan melihat objek yang jauh. Penderita rabun jauh biasanya dapat melihat objek dekat dengan jelas, namun memiliki kesulitan saat melihat benda-benda yang berada dalam jarak yang cukup jauh.

2. Rabun Dekat (Hyperopia)

Rabun dekat, atau hyperopia, adalah kebalikan dari rabun jauh. Penderita rabun dekat memiliki kesulitan melihat objek dekat dengan jelas, sementara penglihatan mereka untuk objek yang jauh relatif baik.


Iklan Hosting

3. Astigmatisma

Astigmatisma adalah gangguan penglihatan yang disebabkan oleh ketidaksempurnaan bentuk kornea mata atau lensa. Hal ini dapat mengakibatkan penglihatan kabur baik pada objek dekat maupun jauh, serta distorsi dalam penglihatan.

4. Presbiopi

Presbiopi adalah kondisi di mana lensa mata kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia. Ini mengakibatkan kesulitan dalam melihat objek dekat, seperti saat membaca. Presbiopi umumnya terjadi pada usia 40 tahun ke atas.


5. Katarak

Katarak adalah gangguan penglihatan yang paling umum di antara orang yang berusia di atas 40 tahun. Ini terjadi ketika lensa mata menjadi keruh, menyebabkan penglihatan kabur atau buram. Katarak dapat berkembang secara perlahan dan dapat diobati melalui operasi penggantian lensa.

6. Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang umumnya terjadi pada orang yang lebih tua. Ini mengakibatkan kerusakan pada makula, area di belakang mata yang bertanggung jawab atas penglihatan pusat. Penderita degenerasi makula mungkin mengalami penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan pusat.


Iklan Backlink

Gejala Gangguan Penglihatan

Gejala gangguan penglihatan bervariasi tergantung pada jenis dan penyebab gangguan tersebut. Beberapa gejala umum yang mungkin dirasakan oleh penderita gangguan penglihatan meliputi:

Penglihatan Kabur atau Buram

Penglihatan kabur atau buram adalah gejala umum gangguan penglihatan. Orang yang mengalami penglihatan kabur mungkin merasa sulit untuk melihat dengan jelas, baik pada objek dekat maupun jauh.

Kesulitan Melihat Objek Jauh atau Dekat

Penderita gangguan penglihatan mungkin mengalami kesulitan melihat objek yang berada dalam jarak tertentu. Ini dapat berkisar dari kesulitan melihat objek jauh, dekat, atau keduanya.


Iklan Hosting

Gangguan Penglihatan pada Malam Hari

Beberapa orang mungkin mengalami gangguan penglihatan saat malam hari. Mereka mungkin memiliki kesulitan melihat dengan jelas dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Sensitif pada Cahaya Terang

Sensitivitas terhadap cahaya terang, yang disebut fotofobia, adalah gejala lain dari gangguan penglihatan. Penderita gangguan ini mungkin merasa tidak nyaman atau bahkan sakit saat terpapar cahaya terang.


Penglihatan Terlihat Berbayang

Penglihatan berbayang adalah gejala di mana objek yang dilihat muncul ganda atau terlihat seperti bayangan. Hal ini dapat membuat aktivitas sehari-hari, seperti membaca atau mengemudi, menjadi sulit.

Mata Merah, Iritasi, atau Peradangan

Pada beberapa kasus gangguan penglihatan, mata dapat menjadi merah, iritasi, atau mengalami peradangan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk alergi atau infeksi.


Iklan Backlink

Nyeri Mata

Nyeri mata adalah gejala lain yang mungkin dialami oleh penderita gangguan penglihatan. Nyeri ini bisa ringan hingga parah dan dapat memengaruhi kenyamanan sehari-hari.

Baca juga : Manfaat dan Dampak Kekurangan Vitamin D pada Kesehatan Tubuh

Mata Berair dalam Jumlah yang Berlebihan

Mata yang berair secara berlebihan juga dapat menjadi gejala gangguan penglihatan. Mata yang berair terus-menerus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup.


Iklan Hosting
Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Manfaat Luar Biasa Push Up untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Agung

Menjaga Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah: 5 Langkah Mudah yang Dapat Anda Lakukan

Ika Maiyastri

Ketahui Efektivitas Kb Spiral dan Efek Sampingnya

admin