30 November , 2022
Image default
Obat

Mengenal Proxidan dan Manfaatnya Untuk Tubuh


Konsumsi suplemen menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat, demi mendukung asupan vitamin harian yang diperlukan tubuh. Salah satu suplemen yang banyak dipilih adalah proxidan. Untuk lebih mengenal proxidan lebih jauh, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Kandungan dalam Proxidan

Mengenal proxidan berarti Anda pun harus mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalamnya.

Proxidan ini termasuk dalam kategori vitamin dan suplemen. Obat berbentuk kapsul ini punya kandungan D-alphatocopherol 400 IU, yang merupakan bentuk sintetik dari vitamin E yang fungsinya untuk antioksidan.

Vitamin E sintetik atau tocopheryl acetate ini sering dipakai pada produk perawatan kulit, misalnya krim kulit. Bahan ini pun tidak teroksidasi serta bisa masuk ke dalam kulit menuju sel hidup, dan juga sekitar 5%-nya akan diubah menjadi tokoferol.

Baca Juga: Inilah Manfaat Vitamin C Yang Sangat Beragam

Manfaat Proxidan

mengenal proxidan dan manfaatnya

Konsumsi proxidan sebagai suplemen tentu akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

  1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan di dalam proxidan, mampu membantu menangkal efek yang terjadi karena radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat memberikan efek pada tubuh seperti meningkatkan risiko terjadinya kerusakan sel, penyakit kanker, jantung, ginjal dan juga penyempitan pembuluh darah.

  1. Menyehatkan kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, vitamin E memang seringkali dipakai dalam produk perawatan kulit. bahkan dalam jurnal penelitian Vitamin E in Dermatology, menyebutkan kalau vitamin E mampu mencerahkan kulit serta membuatnya terlihat lebih kenyal.

  1. Sering digunakan sebagai suplemen saat program hamil

Tidak jarang bagi mereka yang sedang melakukan program hamil (promil), akan diresepkan suplemen proxidan ini.

Vitamin E sendiri untuk program hamil memiliki manfaat untuk membantu menebalkan dinding rahim yang tipis serta mengatasi sinform ovarium polikistik. Namun, sebaiknya Anda konsultasikan kembali dengan dokter kandungan Anda ketika akan mengonsumsi suplemen proxidan ini.

Efek Samping Konsumsi Proxidan

mengenal proxidan dan cara konsumsinya

Sebagai suplemen, proxidan pun punya kemungkinan efek samping yang bisa terjadi bila penggunaannya dilakukan tidak sesuai aturan serta dilakukan terus menerus. Nah, efek samping yang bisa terjadi yaitu:

  • Alergi

Reaksi alergi seperti kulit menjadi kemerahan, gatal, jantung berdebar dan lainnya, mungkin terjadi ketika Anda mengonsumsi proxidan. Namun sebaiknya hentikan penggunaan bila hal-hal ini terjadi pada Anda.

  • Letih dan lesu

Efek samping lain yang bisa terjadi saat mengonsumsi proxidan yaitu tubuh jadi terasa lebih cepat letih dan lesu. Ini terjadi karena tingginya kandungan vitamin yang ada pada suplemen ini, yang memicu terjadinya perubahan cepat di dalam tubuh. Sehingga tubuhpun jadi terasa letih dan lesu.

  • Mengurangi persediaan vitamin A dalam tubuh

Belum diketahui pasti, apa yang membuat suplemen ini dapat mengurangi persediaan vitamin A di tubuh.

Selain itu, efek samping yang juga bisa terjadi yaitu terhambatnya penyerapan serta kerja vitamin K di tubuh.

  • Masalah pada pencernaan

Efek samping proxidan yang berikutnya yaitu masalah pada pencernaan, seperti sakit perut, nyeri pada lambung serta diare. Ini terjadi karena konsumsi suplemen yang mungkin tidak dapat diterima oleh tubuh.

Bukan hanya itu saja, masalah pada pencernaan pun bisa disebabkan karena tubuh Anda sebenarnya sudah mendapatkan asupan vitamin E dan D yang cukup. Di mana, ketika Anda mengonsumsi suplemen kembali, maka akan ada kelebihan asupa vitamin yang akhirnya menyebabkan masalah pada pencernaan.

Cara Mengonsumsi serta Menyimpan Proxidan

Memahami tentang cara konsumsi proxidan yang baik akan menghindarkan Anda dari kemungkinan efek samping yang bisa terjadi.

Untuk kebutuhan harian, Anda dapat konsumsi proxidan sebanyak 1 kapsul setiap hari. Proxidan sebaiknya dikonsumsi setelah makan, di mana Anda dapat memberi jeda waktu sekitar 1 hingga 2 jam setelah makan, baru konsumsi suplemen ini.

Baca Juga: 5 Daftar Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Konsumsi suplemen tanpa makan terlebih dulu akan meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Untuk penyimpanan proxidan, Anda hanya perlu menyimpannya di suhu ruang yang sejuk dan jangan sampai terpapar sinar matahari langsung, karena dapat merusak kandungan di dalamnya.

Itulah beberapa hal tentang mengenal proxidan beserta manfaat, efek samping serta cara konsumsi dan penyimpanannya. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter ketika akan menggunakan suplemen ini.


Related posts

Keluarga Terkena Flu Batuk, Ini Obat Adalannya

admin

Bagaimana Penyakit Kanker Bisa Muncul? Apakah Benar Belum Ada Obatnya?

admin

Ada Lendir Di Tenggorokan, Ini Dia Obat Penghilangnya

admin