Image default
Makanan

12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Energi merupakan salah satu hasil metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Energi berfungsi sebagai zat tenaga untuk metabolisme, pertumbuhan,  pengaturan suhu dan kegiatan fisik. Kelebihan energi disimpan dalam bentuk glikogen sebagai cadangan energi jangka pendek dan dalam bentuk lemak sebagai cadangan jangka panjang. Energi pada tubuh manusia berasal dari makanan. Berikut daftar makanan untuk meningkatkan energi.

Kebutuhan energi seseorang menurut FAO/WHO adalah konsumsi energi berasal dari makanan yang diperlukan untuk menutupi  pengeluaran energi seseorang bila ia mempunyai ukuran dan komposisi tubuh dengan tingkat aktivitas yang sesuai dengan kesehatan jangka panjang dan yang memungkinkan pemeliharaan aktivitas fisik yang dibutuhkan secara sosial dan ekonomi.

Baca Juga: 8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

Makanan untuk Meningkatkan Energi

1. Kacang-kacangan

Daftar Makanan untuk meningkatkan energi
Source: Bukalapak.com

Makanan yang satu ini dilengkapi dengan dorongan energi yang tinggi dan kaya nutrisi dan bebas dari segala bentuk pengolahan, lebih baik lagi jika dimakan mentah. Mungkin kamu dapat merendamnya semalaman agar kacang berkecambah, karena saat itulah kacang memiliki nilai gizi yang baik dan lebih mudah dicerna.

2. Yogurt

Mungkin kamu dapat menambahkan yogurt susu kambing alami setiap sarapan karena memiliki kandungan kalsium dan probiotik yang tinggi. Probiotik merupakan bakteri yang ditemukan dalam yogurt yang dapat membantu sistemmeningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik ini juga membantu menjaga usus untuk tetap sehat dan melancarkan pencernaan.

3. Salmon

Ikan air tawar ini mengandung nutrisi paling tinggi yang membantu tubuh untuk mendapatkan energi. Salmon dikenal memiliki asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi potensi jantung. Selain itu, ikan ini pun kaya akan protein, vitamin B6, niasin, dan riboflavin.

4. Jamur

Semangkuk jamur menyediakan hampir 50 persen dari kebutuhan besi harian Kamu yang sangat penting mengangkut oksigen dalam aliran darah agar organ tubuh tidak mudah lelah dan lesu. Selain itu, mengonsumsi jamur akan meningkatkan zat besi tubuh Kamu sehingga organ tubuh dapat berfungsi secara efektif.

5. Bayam

Sayur hijau yang satu ini memiliki kandungan zat besi tinggi, magnesium, dan kalium. Magnesium memiliki peranan yang sangat penting dalam memproduksi energi dan kalium yang memungkinkan pencernaan yang efektif dalam pengaturan fungsi saraf dan otot.

6. Biji Labu dan Matahari

Biji Labu Makanan Penambah Energi

Kamu suka camilan yang ringan untuk sambil bersantai, biji labu harus menjadi pilihannya, karena seperempat biji labu dapat memberikan magnesium yang direkomendasikan bagi tubuh kamu. Seperti dalam bayam, magnesium membantu tulang, protein dan pembentukan asam lemak, membantu untuk mengendurkan otot dan menjaga kadar kalsium yang cukup.

7. Ubi Jalar

Sumber karbohidrat yang satu mengandung zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, dan vitamin D yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh dan mengurangi rasa lelah. Biasanya makanan yang satu ini dapat dinikmati dengan cara dikukus, dipanggang, ditumbuk, maupun secara mentah.

8. Air Putih

Apapun yang kamu konsumsi, air putih tidak dapat kamu tinggalkan. Banyak yang mengatakan, air putih merupakan obat dari segala obat, ini disebabkan karena fungsinya yang dapat memberikan nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh yang menjadikan energi bagi tubuh. Kekurangan air putih dapat menyebabkan mual, kelelahan, dan dehidrasi.

9. Telur

Makanan ini merupakan sumber protein tertinggi dan lengkap karena menyediakan 30 persen kebutuhan harian tubuh. Sehingga, diwajibkan bagi Kamu untuk mengonsumsi telur enam butir dalam seminggu.

10. Pisang

Buah yang satu ini merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B yang baik bagi kesehatan tubuh, sehingga pisang menjadi salah satu makanan yang menjadi sumber energi terbaik. Mengonsumsi pisang setiap hari sangat baik untuk kesehatan dan energi dalam menjalankan aktivitas.

11. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin B, serat, dan lemak sehat. Kandungan serat dalam alpukat menyumbang 80 persen karbohidrat yang dapat menjaga energi dalam tubuh.

12. Teh Hijau

Teh Hijau dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan antiokidannya yang tinggi dapat mencegah stress dan peradangan. Teh hijau memiliki kandungan L-theanine yang bisa menghasilkan dorongan energi lebih halus di dalam tubuh.

Jadi, tingkatkan energi kamu dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan.

Related posts

5 Jenis Menu Makanan Diet Agar Tubuh Tetap Sehat

Rostina Alimuddin

Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Kehidupan yang Harus Anda Ketahui

rumi

Jaga Kesehatan dengan Konsumsi 9 Makanan Tinggi Protein Ini

rumi