30 November , 2022
Image default
Kesehatan Obat Penyakit

Bagaimana Penyakit Kanker Bisa Muncul? Apakah Benar Belum Ada Obatnya?


penyakit yang ngebunuh jutaan orang bisa kita temuin vaksinnya dalam setahun, dan sejak dulu emang udah banyak banget juga penyakit dari yang biasa sampai yang paling bahaya yang selalu kita temuin obatnya. Tapi kalau gitu bagaimana dengan kanker? kenapa sampai sekarang belum ada obatnya?

Alasan Kenapa Sulit Mencari Obat Penyakit Kanker

Jawaban pendeknya karena kanker itu adalah penyakit yang sangat amat rumit, mungkin bayangin ini tuh ibarat kita harus menyusun puzzle raksasa pakai kacamata super gelap dan tiap dipegang puzzle-nya nyetrum. Meskipun kanker udah kita temuin sejak zaman Mesir kuno ribuan tahun lalu, hari ini dia masih jadi misteri. Alasan simpelnya karena kanker mirip Ninja.

  1. Pertama mereka itu jago nipu dan sembunyi dari sistem penjaga kesehatan tubuh kita.
  2. Kedua mereka juga ahli ngegandain diri dan mutasi.
  3. Ketiga kanker yang udah hancur ternyata bisa aja Muncul lagi.

Nah itu sungguh mengerikan, tapi emangnya gimana sih pada awalnya kanker bisa muncul?

Bagaimana Penyakit Kanker Bisa Muncul Pada Manusia

untuk menjawab ini Ayo zoom in banget buat ngeliat jauh ke dalam tubuh. Biasanya kanker muncul dari sel yang rusak akibat mutasi di DNA. Normalnya sel rusak itu punya program bunuh diri otomatis biar nggak malah ngerusak sel lain. Tapi di sel kanker program ini jadi error dan bikin mereka nggak bisa mati, dan justru bikin sel yang rusak tambah banyak. Sayangnya mutasi DNA itu terjadinya acak, alias ya kita semua ada resiko kena kanker dan resiko ini bisa makin besar kalau hidup kita juga acak-acakan. Jadi gimana kita bisa Selamat kalau kena kanker.

Harapan Munculnya Obat Kanker

Keren-nya pengobatan kanker udah melaju pesat buat beberapa puluh tahun terakhir misalnya dibasmi pakai obat-obatan kimia, pakai sinar radiasi atau dibedah dan diangkat meski, tentu aja dari risiko efek samping dan nggak semua pasien bisa diselametin. Tapi mungkin aja semua ini akan segera berubah, para ilmuwan nemuin satu metode yang punya potensi besar untuk nyembuhin kanker di masa depan apa itu?

Harapan itu ada di metode yang mungkin Kalian sering dengar setahun terakhir yaitu vaksin mRNA, setelah diuji coba dan dikembangin besar-besaran buat ngejar vaksin covid kita ngebuka banyak pintu baru yang bisa manfaatin metode ini. Cara kerjanya pun juga kayak vaksin Corona, yang ngajarin tubuh kita ngenalin si virus. Nantinya ngajarin sistem imun kita ini untuk matahin jurus-jurus Ninja para sel kanker dan gak deteksi, serta nyaring mereka tanpa membuat bahaya kesehatan kita saat ini. Status obatnya masih dikembangin dan salah satunya dicoba ke pasien kanker Molly Cassidy, gimana hasilnya?

Hasil Percobaan Obat Kanker Pada Pasien

Molly Cassidy

Molly Cassidy terkena kanker leher yang udah nyebar sampai dalam mulutnya. Dia ngejalanin puluhan tahap pengobatan untuk ngilangin kankernya, tapi cuma 10 hari kemudian kankernya balik dan bahkan menyebar sampai ke paru-paru. Waktu itu semua jalan udah berasa buntu dia udah sampai ngerencanain pemakamannya sendiri. Tapi lalu dia ikut uji coba pengobatan kanker pake vaksin mRNA. 7 bulan dan 9 suntikan kemudian ajaibnya ia berhasil sembuh bersih dari kanker.

Calon obat kanker yang satu ini memang punya harapan besar. Selain itu pun banyak juga metode pengobatan lain yang terus dikembangin seperti CAR-T Cell Therapy dimana ini bekerja dengan mendesain ulang sel imun tubuh untuk bisa menyerang Kanker. Dan metode Oncolytic Virotherapy yaitu memodifikasi virus untuk dijadikan senjata pembunuh kanker.

Tapi nggak berarti itu semua tanpa tantangan kan? pasti langsung berhasil? ngedengerin ini semua apa kalian yang mungkin akan jadi ilmuwan masa depan untuk ngembangin hal ini?


Related posts

Waspada, Ini Bahaya Tisu Magic Yang Harus Diketahui

admin

Rasakan Manfaat Jalan Pagi Secara Rutin

admin

Yuk, Jaga Jantungmu dengan Senam Jantung Sehat

rumi