30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat Obat

Tingkatkan Sistem Imun dengan Suplemen


Asupan suplemen untuk sistem imun menjadi alternatif untuk meningkatkan sistem imun tubuh menjadi lebih baik. Keberadaan sistem imun akan membantu tubuh teta sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang ada.

Sementara itu, kondisi saat ini menimbulkan tantangan untuk menjaga kesehatan jadi makin berat. Selain berusaha mentaati prosedur kesehatan, kita juga harus mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem imun.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Mengapa Suplemen Sistem Imun Penting?

Sistem imun sangat erat kaitannya dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi. Nutrisi bisa kita dapatkan dari makan yang kita konsumsi.

Akan tetapi terkadang kebutuhan nutrisi tubuh saja belum cukup. Oleh karena itu kita perlu mengonsumssi suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Suplemen sistem imun memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

  1. Sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas
  2. Memproduksi antibodi untuk melindungi tubuh dari zat asing seperti virus

Suplemen yang Cocok Diminum untuk Meningkatkan Sistem Imun

Terdapat banyak suplemen yang tersedia di pasaran. Masing-masing suplemen ini memiliki manfaat masing-masing. Kamu bisa memilih suplemen yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh dari paparan virus, berikut ini beberapa suplemen sistem imun yang bisa kamu konsumsi:


1. Vitamin C

Suplemen Sistem Imun dari Vitamin C
Source: Kontan.co.id

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Hal ini bisa terjadi karena cara kerja vitamin C yang meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih merupakan agen pertahan tubuh alami manusia yang berfungsi untuk melawan patogen penyebab infeksi.

Selain mendorong produksi sel darah putih, vitamin C juga berperan untuk melindungi sel darah putih dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga terbukti membantu meringankan gejala flu umum dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

2. Zinc

Zinc berfungsi untuk membantu sistem imun melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, zinc juga membantu proses pembentukan protein dan DNA yang terdapat dalam setiap sel. Zinc juga memiliki kemampuan untuk menjaga fungsi indera perasa dan penciuman.

Zinc merupakan salah satu suplemen yang baik untuk dikonsumsi karena bisa membantu mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) sampai 35% dan membantu mempercepat proses pemulihan.


3. Vitamin D

Vitamin D berperan untuk membantu melawan mikroba penyakit (patogen) pada sel darah putih. Keberadaan Vitamin D juga membantu mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh. Selain itu, penelitian terbaru juga membuktikan bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernafasan.

Vitamin D dapat kamu dapatkan secara gratis dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Akan tetapi, kalau kamu lebih sering beraktivitas di dalam ruangan dan jarang terpapar sinar matahari, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin B seperti B12 dan B6 sangat penting perannya dalam menjaga sistem imun. Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap paparan virus.

Secara alami, vitamin B bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan buncis. Tapi tidak ada salahnya kalau kamu menambah suplemen vitamin B kompleks untuk memenuhi kebutuhan tubuh.


5. Vitamin A

Vitamin A dikenal baik untuk menjaga kesehatan indera penglihatan. Tapi selain itu sebenarnya vitamin A juga berfungsi sebagai penangkal infeksi. Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A.

Vitamin A bisa kamu dapatkan dari ikan, daging, dan produk susu. Kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin A dari wortel, labu, dan ubi jalar. Kamu juga bisa mendapatkan suplemen vitamin A yang bisa kamu beli di apotek.

6. Vitamin E

Vitamin E dikenal untuk membantu merawat kesehatan kulit dan membantu kulit tampak awet muda. Hal ini bisa terjadi karena vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang kuat dan dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Vitamin E dapat kamu dapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang almond, hazel, dan biji bunga matahari. Selain itu, tersedia juga suplemen vitamin E yang dijual di pasaran.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga : Suplemen penambah nafsu makan untuk anak dan dewasa 

Itu tadi penjelasan mengenai suplemen sistem imun berikut daftar suplemen yang perlu kamu konsumsi untuk meningkatkan sistem imun. Selain suplemen-suplemen tambahan, kamu juga bisa memperkuat sistem imun dengan cara rajin berolahraga, tidur teratur, dan memiliki kebiasaan yang baik seperti menjaga kebersihan dan banyak minum air putih.


Related posts

Kenali Efek Samping, Dosis Ibuprofen Pereda Nyeri

admin

Apa Saja Penyakit Yang Membutuhkan Antibiotik

admin

Kumpulan Iklan Gaya Hidup Sehat yang Sampaikan Pesan Penting

Risma Mualifa