Image default
Makanan

Selain untuk Kesehatan, Lemon juga Bermanfaat untuk Kecantikan Loh Ladies

Siapa yang tidak kenal dengan buah lemon? Buah berukuran kecil dan berwarna kuning ini mempunyai rasa yang asam tapi mempunyai banyak manfaat. Buah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya mampu menurunkan berat badan, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung dan stroke, mengatasi batu ginjal, dan mencegah sembelit. Masih banyak manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, buah yang memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi ini juga bagus untuk kecantikan. Kira-kira kandungan gizi yang terdapat pada lemon apa saja ya?

Baca Juga: Ini Dia 6 Langkah Tepat Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Hidup Lebih Baik

Per 100 gram jeruk lemon mengandung:

  • 92,31 gram air
  • 29 kalori
  • 38,7 miligram (mg)¬†vitamin C
  • 20 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 10 mg kalium
  • 9,3 gram karbohidrat
  • 2,52 gram gula total
  • 1,1 gram protein
  • 2,8 gram serat
  • 0,3 gram lemak

Manfaat Lemon Untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang program diet, lemon bisa membantu kamu loh. Kamu bisa minum air hangat yang dicampur dengan perasan lemon ditambah madu pada pagi hari. Zat polifenol pada lemon dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Selain itu, perasan air lemon yang dicampur air hangat juga bisa mengatasi perut buncit loh ladies. Jadi, kamu yang memiliki perut buncit, silahkan konsumsi minuman ini dengan rutin ya. Tapi bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung, tidak diperkenankan mengonsumsinya secara berlebihan ya. Karena yang berlebihan itu tidak baik.

Mencegah Sembelit

Manfaat Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Source: Pinterest.com

Minum air hangat yang dicampur dengan lemon di pagi hari setelah bangun tidur dapat membantu kamu melancarkan pencernaan loh, sehingga ini tentu dapat mencegah sembelit. Rasa asam pada lemon yang mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Baca Juga: 8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lemon sangat kaya akan vitamin C, antioksidan, dan bioflavonoid. Zat ini mampu menangkal radikal bebas, sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh kamu untuk terhindar dari berbagai penyakit. Kamu bisa minum air lemon hangat ini di pagi hari sebelum beraktivitas ya ladies.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Stroke

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat mengurangi risiko penyakit kerdiovaskular dan stroke, serta mampu menurunkan tekanan darah.

Mencegah Batu Ginjal

Buah lemon memiliki kandungan asam sitrat, zat ini dipercaya mampu mencegah batu ginjal. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon, bisa membantu mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab batu ginjal.

Menyehatkan Jantung

Kandungan kalium pada jeruk lemon dipercaya mampu menyehatkan jantung. Kalium merupakan mineral yang penting untuk otak sehingga mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Menurut penelitian, 100 gram lemon mengandung 140ml kalium loh.

Mengontrol Gula Darah

Jeruk lemon dinobatkan sebagai superfood diabetes, hal ini berdasarkan penelitian American Diabetes Association (ADA). Lemon mengandung quersetin yang mampu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Asian Pasific Journal of Cancer Prevention menyebutkan, ekstrak lemon menginkatkan pemrograman kematian sel dalam sel kanker payudara. Hal ini karena lemon memiliki kandungan flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas. Zat ini berfungsi sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik.

Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

Mencerahkan Rambut

Kamu tidak perlu menggunakan bahan kimia untuk rambut kamu. Cukup dengan buah lemon yang sangat baik untuk kesehatan dan keindahan rambut. Kandungan buah ini dapat memperkuat akar rambut dan kulit kepala. Sehingga, rambut kamu dapat terjaga lebih alami.

Memperkuat kuku

Manfaat Lemon untuk cancer
Source: Lightstalking.com

Mungkin kamu sering memanikur kuku kamu, agar kuku tampak lebih rapi dan indah. Perlu diperhatikan, manikur kuku juga dapat membuat kuku kamu lemah. Untuk itu, kamu perlu menguatkannya dengan menggunakan campuran jeruk lemon dengan sedikit minyak zaitun. Lalu oleskan pada kuku kamu.

Melembabkan Bibir

Jika kamu memunyai bibir kering dan tidak dapat diatasi dengan pelembab bibir, mungkin bibir kamu membutuhkan bahan yang alami. Kamu bisa menggunakan perasan jeruk lemon yang dioleskan di bibir kamu sebelum tidur. Sehingga, saat kamu bangun, bibir kamu kembali lembab dan indah.

Membersihkan Wajah

Pembersih yang biasa kamu gunakan tidak cukup untuk mengangkat minyak kulit wajah kamu. Lemon dapat membantu mengatasi kulit yang berminyak. Cukup gunakan jus lemon dengan menggunakan kapas, kemudian gosok wajah kamu secara perlahan. Rasakan manfaatnya.

Mencerahkan Kulit

Selain kaya vitamin C, lemon juga mengandung asam sitrat. Buah ini dapat membuat kulit kamu bersinar dan mencerahkan kulit kamu. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir untuk berjalan di bawah terik sinar matahari, karena lemon juga dapat melindungi kamu dari sinar matahari.

Meringankan Penuaan

Selain dapat membersihkan dan mencerahkan, buah ini pun bermanfaat untuk mencegah penuaan. Berdasarkan fakta, lemon dapat meringankan penuaan. Kamu tidak perlu membuang uang banyak untuk perawatan kecantikan ke salon hanya untuk menggunakan krim anti penuaan. Kamu cukup menggunakan air lemon yang dilumuri pada wajah kamu. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lebih mudah bukan?

Namun, jangan terlalu sering ya ladies, karena bisa membuat kulitmu kering. Jadi pakailah seminggu 2-3 kali saja.

Memutihkan Gigi

Kamu yang menginginkan gigi putih, tidak perlu repot untuk datang ke dokter gigi. Cukup  mencampurkan baking soda dengan perasan jeruk lemon, kemudian oleskan pada gigi kamu. Diamkan selama 2 menit, setelah itu gosok gigi kamu menggunakan sikat gigi. Lebih baik lakukan ini satu kali dalam dua minggu. Namun, jangan terlalu sering melakukan ini karena dapat mengikis lapisan gigi.

Melembutkan Siku dan Lutut

Manfaat Lemon untuk SIku
Source: Malangvoice.com

Biasanya permukaan kulit siku dan lutut lebih kasar dan berwarna lebih gelap dari kulit lainnya. Buah lemon dapat membantu menghaluskan dan menyamarkan warna gelap pada kulit siku dan lutut kamu. Cukup dengan mencampur air lemon dengan satu sendok garam dan minyak zaitun. Oleskan pada kulit siku dan lutut kamu, diamkan beberapa saat. Untuk hasil yang maksimal gunakan setiap hari.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Kehidupan yang Harus Anda Ketahui

Pengganti Deodoran

Saat kamu terburu-buru, mungkin kamu lupa memakai deodoran. Hal ini dapat membuat rasa percaya diri kamu menurun. Namun, tidak perlu khawatir, buah lemon dapat mengganti deodoran kamu loh, karena kandungan asam sitrat pada lemon dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Sehingga, kamu merasa percaya diri sepanjang hari.

Mengobati Jerawat

Kamu bermasalah dengan jerawat tetapi kamu tidak menemukan cara yang baik untuk mengatasinya? Buah Lemon dapat mengatasi masalah jerawat kamu ladies. Cukup dengan melumuri wajah kamu dengan perasan air lemon, karena lemon memiliki zat antibakteri yang memungkinkan untuk mengobati jerawat pada wajah kamu.

Selain banyak manfaat, harga buah lemon juga masih terjangkau. Jadi tunggu apalagi, setelah mengetahui manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan, lakukan sekarang untuk kesehatan dan kecantikan alami yang sempurna.

Related posts

8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

rumi

6 Menu Sarapan Sehat Biar Tubuh Tetap Fit Seharian

Rostina Alimuddin

Jaga Kesehatan dengan Konsumsi 9 Makanan Tinggi Protein Ini

rumi

Leave a Comment