29 November , 2022
Image default
Makanan

Minum segelas jus bit setiap hari apakah dapat membantu penderita penyakit jantung koroner?


Bit dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan – mulai dari meningkatkan kesehatan pencernaan hingga menjaga tekanan darah tetap terkendali. Dan sekarang, menurut penelitian baru, segelas bit setiap hari terbukti bermanfaat dalam mengurangi peradangan berbahaya pada orang dengan penyakit jantung koroner.

Penyakit arteri koroner (CAD), atau penyakit jantung koroner, berkembang ketika arteri koroner menjadi terlalu sempit atau penyumbatan kolesterol berkembang di dinding, menurut Medical News Today . Plak yang terbentuk akibat penumpukan kolesterol dapat menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Peradangan sangat penting untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Namun pada orang dengan penyakit jantung koroner, peradangan terus-menerus dapat memperburuk bulu arteri, memperburuk kondisi mereka dan meningkatkan risiko serangan jantung. Segelas jus bit setiap hari bisa menjadi salah satu cara untuk memasukkan nitrat anorganik ke dalam makanan kita untuk membantu menghentikan peradangan berbahaya.

Didanai oleh British Heart Foundation (BHF) dan dipresentasikan pada British Cardiovascular Society Conference di Manchester, penelitian ini menyelidiki apakah jus bit setiap hari yang tinggi nitrat anorganik akan meningkatkan kadar oksida nitrat, dan apakah ini akan mempengaruhi peradangan.

Untuk hal yang sama, para peneliti mempelajari 114 sukarelawan kesehatan. Dari jumlah tersebut, 78 menerima vaksin tipus untuk sementara meningkatkan peradangan di pembuluh darah mereka dan 36 diberi krim untuk membuat lecet kecil pada kulit mereka dan menghasilkan peradangan lokal. Selanjutnya, mereka diminta minum 140ml jus bit setiap pagi selama tujuh hari. Sementara setengah dari sukarelawan minum jus yang mengandung nitrat tinggi, separuh lainnya minum jus yang nitratnya dihilangkan.

Pada orang yang diberi vaksin tipus dan minum jus kaya nitrat, kadar oksida nitrat yang lebih tinggi ditemukan dalam darah, urin, dan air liur.


nitrat oksida memiliki efek anti-inflamasi yang penting. Namun, kadar oksida nitrat lebih rendah pada orang dengan kondisi jantung dan peredaran darah karena enzim yang memproduksinya kurang aktif. Peradangan sangat penting untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi. Tetapi, pada orang dengan penyakit jantung koroner, peradangan terus-menerus bisa memperburuk bulu arteri, memperburuk keadaan mereka dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Nitrat tinggi dalam bit, tampaknya mengembalikan fungsi endotelium, sel-sel yang melapisi bagian dalam semua pembuluh darah. Endotelium benar-benar penting untuk menjaga pembuluh darah berfungsi normal, namun ini akan hilang jika terjadi peradangan.

Segelas jus bit setiap hari bisa menjadi salah satu cara untuk memasukkan nitrat anorganik ke dalam makanan kita untuk membantu menghentikan peradangan berbahaya dan akan meningkatkan kadar oksida nitrat. Sehingga bisa membantu mencegah serangan jantung.

Ahli menyarankan minum jus bit setiap hari mengingat berbagai manfaat kesehatannya. Asupan yang disarankan adalah 70-140 ml jus bit atau 7/8 cangkir bit panggang setiap hari.


Beberapa manfaat kesehatan lainnya dari jus bit :

  • Menurunkan tekanan darah: Nitrat, senyawa dalam jus bit yang diubah menjadi oksida nitrat dalam darah dan membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah .
  • Meningkatkan stamina olahraga: Jus bit meningkatkan kadar nitrat plasma dan meningkatkan kinerja fisik.
  • Meningkatkan kekuatan otot pada penderita gagal jantung .
  • Memperlambat perkembangan demensia: Nitrat dapat membantu meningkatkan aliran darah di otak orang tua dan membantu memperlambat penurunan kognitif.
  • Membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat: Jus bit rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak.
  • Dapat mencegah kanker:Bit mendapatkan warna yang kaya dari betalains, yang merupakan antioksidan yang larut dalam air .
  • Sumber potasium dan mineral lain yang baik: Bit adalah sumber potasium dan mineral lain yang baik, yang membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik.
  • Mendukung hati Anda: Antioksidan betaine berpotensi membantu mencegah atau mengurangi timbunan lemak di hati. Betaine juga dapat membantu melindungi hati Anda dari racun.

Related posts

Sarapan Pagi Sehat Yang Praktis Untuk Anak

PRIMADITYA RIESTA

6 Menu Sarapan Sehat Biar Tubuh Tetap Fit Seharian

Rostina Alimuddin

8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

rumi