30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat

Kenali Cirinya Seperti Apa Tubuh Sehat


Tidak sedikit orang beranggapan bahwa tubuh yang sehat adalah tubuh dengan otot kekar bagi laki-laki dan tubuh ramping bagi perempuan. Padahal standar seperti apa tubuh sehat tidak cukup dilihat dari penampilan luar tubuh seseorang. Seorang konsultan kesehatan mengatakan bahwa ukuran kesehatan tidak ditentukan dari bentuk tubuh kekar atau tidak, melainkan dari beberapa aspek penentu tubuh sehat.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, sehat adalah baik seluruh badan serta bagian-bagiannya. Sedangkan menurut pengertian lain, tubuh yang sehat adalah kondisi seseorang yang memiliki kondisi fisik, mental, serta spiritual yang baik dan sehat.

WHO juga mendefinisikan sehat sebagai keadaan yang sempurna baik fisik, mental, maupun sosial, tidak hanya sebatas dari penyakit atau kelemahan seperti cacat. Secara lebih mendalam dan detail, ciri-ciri tubuh sehat digambarkan seperti berikut ini.

Ciri Tubuh Sehat

1. Memiliki Energi yang Cukup

Seperti apa tubuh sehat, pastinya memiliki energi yang cukup

Berbicara mengenai seperti apa tubuh sehat, maka akan selalu berhubungan dengan energi. Seseorang bisa dikatakan bertubuh sehat apabila memiliki energi yang cukup untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Tentu kebutuhan energi setiap orang bisa berbeda tergantung pada usia, kondisi tertentu seperti hamil dan menyusui juga pekerjaan yang dilakukannya. Energi tidak hanya diperlukan untuk aktivitas fisik tapi juga untuk aktivitas otak. Maka dari itu, pastikan mengonsumsi makanan sebagai sumber energi dengan takaran yang sesuai agar aktivitas harian berjalan lancar.

2. Jarang Memiliki Keluhan Kesehatan

Jarang Mengeluhkan sakit menjadi bukti tubuh sehat

Sudah tentu bahwa tubuh yang sehat berarti jarang mengalami keluhan sakit atau masalah kesehatan. Kondisi jarang sakit sebenarnya merupakan dampak positif dari tubuh sehat yang mampu membangun sistem pertahanan dan kekebalan. Orang dengan tubuh yang sehat dan bugar tidak akan mudah terpapar infeksi bakteri, virus maupun kuman yang mampu menyebabkan penyakit pada tubuh. Itu merupakan bukti bahwa sistem imunitas tubuhnya bekerja dengan maksimal untuk menghalau berbagai kemungkinan penyakit.

3. Dapat Mengatasi Stress dengan Baik

Mengatasi stress dengan baik

Gambaran seperti apa tubuh sehat tidak selalu tentang fisik yang kuat dan bugar, tapi juga ditandai dengan kemampuan seseorang dalam mengatasi tingkat stress. Stress yang umumnya disebabkan pengaruh eksternal tidak akan menjadi depresi yang berkepanjangan jika tubuh dalam keadaan sehat. Pasalnya dalam tubuh yang sehat, otak mampu bekerja maksimal untuk meminimalisir efek stress. Dengan kondisi mental yang sehat itu, stress dan gejolak emosi bisa dengan mudah diredam dan tidak sampai menimbulkan akibat buruk.

4. Memiliki Waktu Tidur yang Berkualitas

Waktu tidur yang berkualitas menjadi bukti Tubuh sehat

Tidur merupakan kebutuhan utama semua orang, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas ditandai dengan kondisi ketika seseorang merasa lebih segar dan tidak lelah saat bangun tidur dan itulah tanda tubuh yang sehat. Menerapkan jam tidur yang teratur setiap hari merupakan faktor pembentuk tubuh sehat. Saat kekurangan tidur, itu berarti seseorang sedang dalam risikio besar seperti kemungkinan penyakit jantung, stroke, ginjal, tekanan darah tinggi, hormon stress naik, detak jantung tidak teratur, hingga diabetes.

5. Memiliki Pencernaan yang Lancar

Seperti apa tubuh sehat, pastinya memiliki pencernaan yang baik

Sistem pencernaan yang sehat dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah masalah kesehatan lainnya. Bisa dikatakan bahwa memiliki pencernaan yang lancar menjadi salah satu gambaran seperti apa tubuh sehat. Pencernaan yang lancar ditandai dengan kebiasaan buang air besar secara teratur, setidaknya sekali dalam sehari. Apabila tubuh mengalami kondisi sembelit atau konstipasi sebaiknya tidak bisa diabaikan begitu saja. Perlu dilakukan pengobatan yang tepat dan cepat supaya tidak memengaruhi kesehatan tubuh secara umum.

6. Kondisi Kulit yang Sehat

Kesehatan pada kulit

Kulit yang sehat dikatakan sebagai salah satu indikasi tubuh sehat. Karena kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia dan berfungsi sebagai pelindung, maka kesehatannya akan menentukan kesehatan seluruh tubuh. Kulit merupakan organ terbesar yang ada pada manusia dengan luas sekitar 1,5 sampai 2 meter. Kulit sehat ditandai dengan minimnya masalah kulit seperti kulit kering, kusam, jerawat, penuaan dini, komedo, dan masalah lainnya. Orang dengan tubuh sehat akan memiliki kulit yang elastis, tampak segar dan bercahaya. Maka tidak salah jika memulai kebiasaan hidup sehat dengan rajin merawat kulit.

Penting sekali untuk memastikan seluruh tubuh selalu dalam kondisi sehat dan bugar. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri seperti apa tubuh sehat yang mencakup kondisi terbaik dari semua aspek, mulai dari fisik hingga mental.


Related posts

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin

Wajib Tahu! Ini Dia Pentingnya Susu bagi Kesehatan

Marsyaviani Darestuti

Ini Dia 6 Apotik Yang Buka Hingga Malam di Jakarta

admin