30 November , 2022
Image default
Obat

Sering Nyeri di Gigi, Ini 11 Obat Apotik Sakit Gigi


Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami hampir semua kalangan usia. Tidak hanya terasa ngilu pada saat mengunyah makanan, nyeri gigi juga bisa menimbulkan sakit kepala hingga demam. Selain itu, nyeri sakit gigi juga bisa menganggu aktivitas. Rasa nyeri yang tidak segera reda juga bisa mengakibatkan kesakitan yang berkepanjangan. Oleh karena itu, sakit gigi perlu segera ditangani dengan cara yang tepat. Pertolongan pertama adalah dengan mengonsumsi obat apotik sakit gigi.

Sakit gigi bisa disebabkan berbagai faktor. Penyebab paling utama yang sering dialami adalah lubang pada gigi. Gigi berlubang menjadi tempat bersarangnya kuman yang terjadilah proses pembusukan. Sakit gigi juga bisa terjadi karena akar gigi. Selain itu, gigi sensitif juga kerap menyebabkan nyeri yang hebat. Untuk apa saja jenis sakit gigi, sebaiknya jangan menunda untuk segera mengobatinya. Pilih salah satu dari beberapa obat apotik berikut ini untuk meredakan sakit gigi.

1. Paracetamol

Paracetamol adalah obat umum untuk meredakan nyeri pada gigi

Paracetamol terkenal sebagi obat untuk menurunkan demam. Ternyata paracetamol termasuk salah satu obat apotik sakit gigi yang juga dapat meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Paracetamol kerap menjadi rekomendasi pertama untuk mengobati sakit gigi sebab aman dikonsumsi kebanyakan orang dan jarang menimbulkan efek samping.

Tidak seperti asam mefenamat, paracetamol hanya akan menghambat pengiriman rasa nyeri ke otak sehingga yang dirasakan hanya berkurangnya nyeri. Di sisi lain, paracetamol tidak dapat digunakan untuk meringankan peradangan. Paracetamol dapat bekerja lebih maksimal untuk mengobati sakit gigi jika dibarengi dengan aspirin atau obat golongan antiperadangan nonsteroid.

2. Ponstan

Ponstan salah satu obat apotik untuk sakit gigi yang populer di Indonesia

Ponstan dipercaya sebagai obat apotik sakit gigi yang paling ampuh dan paling sering digunakan oleh banyak orang. Selain untuk mengobati sakit gigi, Ponstan juga dapat digunakan untuk mengobati cidera otot, sakit kepala, nyeri akibat haid bahkan sakit setelah melahirkan. Obat ini dapat bekerja meredakan sakit dan peradangan sekaligus, sebab kandungan asam mefenamat yang dimilikinya. Setiap satu tablet salut selaput Ponstan mengandung 500mg asam mefenamat. Obat ini bisa dikonsumsi dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun.

3. Ibuprofen

Ibuprofen menjadi obat yang cukup familiar

Ibuprofen dikenal sebagai obat sakit gigi yang ampuh selain Ponstan. Tidak hanya mengatasi nyeri, Ibuprofen juga bisa digunakan untuk mengurangi demam yang timbul saat terserang sakit gigi. Ibuprofen termasuk kelompok antiinflamasi non-steroid (NSAID).

Cara kerja obat ini adalah dengan mengurangi peradangan dengan menghalangi tubuh dalam memproduksi prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan zat kimia yang menyebabkan nyeri, demam, serta peradangan. Ibuprofen tidak dapat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong sebab akan melukai lambung. Serta gunakan anjuran dokter untuk mengonsumsi obat ini.

Baca Juga: Ibuprofen Adalah Obat Pereda Nyeri, Dosis Minum, dan Efek Sampingnya

4. ProSAGI

Obat sakit gigi prosagi

Obat apotik sakit gigi selanjutnya adalah ProSAGI. Obat ini termasuk dalam list obat sakit gigi yang ampuh. ProSAGI diformulasikan dari beragam macam tanaman obat asli Indonesia dan Timur Tengah. Contoh tanaman yang digunakan adalah habbatussauda, sirih, dan propolis. ProSAGI secara tradisional dapat membantu mengurangi nyeri dan mengurangi bengkak pada gigi berlubang. Obat ini diproduksi oleh CV Jogja Natural Herbal dalam bentuk botol tetes sehingga mudah dibawa ke manapun.

5. Dentasol

Obat sakit gigi bisa beli di apotik dentasol

Dentasol dapat dijadikan sebagai alternatif penyembuhan nyeri gigi. Obat yang berbentuk kaplet serta berbentuk tetes yang mengandung Benzocaine. Selain meredakan nyeri gigi, obat ini juga mampu mengobati peradangan gusi, sariawan, serta masalah pada gigi dan gusi lainnya. Manfaat lain dari Dentasol adalah dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal dan nyeri pada kondisi kulit tertentu. Seperti luka bakar ringan, gigitan serangga, goresan, dan lainnya. Dentasol memiliki rentan harga yang lumayan murah yaitu Rp.6.600-Rp25.000.

6. Super Green Plus SG

Super Green SG obat sakit gigi

Merk obat apotik sakit gigi yang satu ini pasti sudah tidak asing di pendengaran. Super Green Plus SG mampu menyembuhkan rasa nyeri di gigi, akar gigi yang sensitif, gigi berlubang, serta sakit gusi. Obat sakit gigi ini memiliki kandungan bahan herbal seperti habbatussauda, kemuning, vitamin, serta berbagai macam mineral. Super Green Plus SG ini terkanal dapat menyembuhkan sakit gigi dengan waktu yang kilat, yaitu sekitar satu sampai sepuluh menit saja. Oleh karena itu obat ini kerap dijadikan rujukan pertama saat mulai merasakan nyeri gigi.

7. Hersagi

Obat sakit gigi di Apotik Hersagi

Salah satu obat sakit gigi yang dipercaya manjur adalah Hersagi. Komposisinya terdiri dari oleum menthae, minyak zaitun, dan caryophylli serta bahan tambahan lain membuat obat ini berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, obat yang diproduksi oleh CV Herbal Indo Utama ini juga memiliki sifat antiseptic yang dapat mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan serta juga dapat menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang. Guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan obat sakit gigi Hersagi secara rutin dengan dosis yang sesuai.

8. Aspirin

Asam asetil salisilat atau sering disebut aspirin menjadi salah satu obat apotik sakit gigi yang bisa dijajal saat merasakan nyeri gigi. Obat ini memiliki efek mengurangi nyeri, sebagai penurun demam, serta mengatasi peradangan atau sebagai antiinflamasi. Asipirin tidak disarankan untuk ibu hamil dan anak-anak dibawah usia 12 tahun.

Penggunaan Aspirin perlu dikonsultasikan ke dokter dan sesuai dosis yang diberikan dokter supaya manfaat yang didapat juga tepat. Sebab Aspirin memiliki beberapa efek samping yang tidak ringan. Seperti menimbulkan ruam pada kult, rasa tidak nyaman pada perut, pendarahan pada saluran pencernaan, bahkan gangguan fungsi hati.

9. Naproxen

Naproxen

Naproxen termasuk dalam obat apotik sakit gigi golongan AINS serta bekerja dengan cara menekan produksi hormone yang menjadi penyebab rasa nyeri. Selain itu, Naproxen juga dapat mengatasi peradangan. Penggunaan obat ini harus sesusi dengan instruksi yang ada di kemasan. Jika dosis yang digunakan berlebihan, maka Naproxen dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sama seperti Aspirin, obat ini juga tidak disarankan untuk ibu hamil, sebab berpotensi menyebabkan gangguan pada janin.

10. Dexamethasone

Dexamethasone

Obat ini termasuk dalam golongan kortikosteroid yang biasa diberikan untuk menangani pembengkakan. Dexamethasone hanya boleh dikunsumsi atas resep dokter dan tidak bisa digunakan secara sembarangan. Dosis penggunaan oat ini disesuaikan dengan usia, kondisi, dan respon pengguna. Penggunaan Dexamethasone dalam jangka panjang tidak bisa dihentikan secara langsung melainkan dengan menurunkan dosis secara bertahap. Obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan supaya tidak terjadi sakit maag.

11. Sodium Diklofenak

Sodium Diklofenak

Sodium Diklofenak merupakan obat apotik sakit gigi yang memiliki sifat antiinflamasi yang cukup tinggi sehingga kerap digunakan untuk meredakan nyeri gigi, infeksi gigi, membantu pemulihan pasca operasi gigi, mengobati nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, dan sakit pada pinggang. Selain itu, obat ini juga lebih efektif dalam proses penyembuan peradangan. Sodium Diklofenak termasuk dalam kategori obat keras sehingga untuk mendapatkannya harus disertai dengan resep dokter. Sodium Diklofenak juga sering dikenal dengan sebutan natrium diklofenak.

Daftar obat apotik sakit gigi bisa menjadi pilihan ketika nyeri gigi datang tiba-tiba. Penggunaan masing-masing obat harus dengan dosis yang tepat serta mengikuti petunjuk dengan benar.


Related posts

Kenali Jenis dan Golongan Narkotika

admin

Anak Anda Batuk, Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk Anak

admin

Obat Apotik Penurun Bengkak adalah Furosemide

admin