17 Juni , 2024
Makanan

Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Kehidupan yang Harus Anda Ketahui


Iklan Hosting

Teh hijau dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit sejak dulu. Bahkan, teh hijau dinobatkan minuman paling sehat di dunia. Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis  yang digunakan masyarakat Jepang dan Cina sejak berabad-abad lalu. Ada banyak manfaat teh hijau bagi kehidupan.

Manfaat Teh Hijau untuk Kehidupan
Source: Ecowatch.com

Saat ini teh hijau sudah menjadi tren di masyarakat Indonesia. Pengolahannya yang singkat dibandingkan teh lainnya, membuat teh hijau lebih terjaga kandungan antioksidannya. Teh hijau memiliki kandungan nutrisi 1 kkal energi, 0,2 gram protein, 1 ml magnesium, 8 ml kalium, dan 12 ml kafein per 100 gramnya. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan, antiradang, antikanker yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berbagai olahan dari teh hijau juga banyak ditemui, seperti makanan, minuman, bahkan produk kecantikan. Namun, tahukah kamu manfaat dan keuntungan mengonsumsi teh hijau?

Berikut ini manfaat mengonsumsi teh hijau bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

1. Antioksidan

Teh hijau memiliki antioksidan yang tinggi selain buah. Kandungan antioksidannya dapat bekerja melindungi tubuh melawan radikal bebas yang disebabkan oleh banyak hal, seperti stres dan polusi. Selain itu, teh hijau juga sangat baik untuk program diet kamu. Sehingga, teh hijau bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang ideal.

Baca Juga: 7 Aplikasi Keluarga Sehat Terbaik dan Paling Direkomendasikan

2. Mencegah Kanker

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi kemungkinan kamu terkena berbagai jenis kanker. Meskipun teh hijau tidak menjadi pencegahan dengan sendirinya, tetapi mungkin dapat sedikit membantu kamu dari khasiat teh hijau itu sendiri.

Kandungan polifenol dalam teh hijau berperan dalam membantu membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhan kanker. Mengonsumsi teh hijau secara rutin pada wanita dapat  menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium.

3. Metabolisme

Bagi Kamu yang sedang diet, mungkin teh hiaju dapat membantu program diet kamu. Karena manfaat teh hijau salah satunya dapat mempercepat metabolisme tubuh dan menghemat cukup banyak kalori. Kandungan katekin dalam teh hijau inilah yang membakar lemak dalam tubuh. Katekin merupakan salah satu senyawa utama dari substansi teh hijau dan paling berpengaruh terhadap mutu daun teh.

4. Penyakit Kardiovaskular

Tahukah Kamu penyakit ini menjadi salah satu faktor penyebab utama kematian pada wanita? Penyakit ini seperti stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, teh hijau dapat membantu mengurangi kolesterol kamu yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular. Salah satu studi menunjukkan bahwa 5 cangkir atau lebih dalam sehari dapat mengurangi 26 persen risiko kematian akibat penyakit jantung.

5. Diabetes

Salah satu studi menunjukkan teh hijau dapat mengurangi risiko pengembangan diabetes tipe 2. Dibanding kamu minum kopi manis, lebih baik kamu minum teh hijau, karena dapat menekankan kadar gula dalam tubuh.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat antioksidan dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak kamu karena terdapat komponen epigallocatechin gallate (EGCG). Sehingga membantu kamu untuk meningkatkan daya ingat.

Teh Hijau Untuk Kecantikan

1. Pencegah Penuaan Dini

Salah satu manfaat antioksidan adalah anti penuaan yang dapat menghentikan kolagen dalam sel kulit mati. Setiap orang terutama wanita menginginkan untuk awet muda. Tidak sedikit pula produk kecantikan yang menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan.

2. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Kandungan antioksidan, antimikroba, dan antiradang pada teh hijau dapat membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak dengan cara memanfaatkan ampas teh hijau tersebut. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan polifenol yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah sehingga mampu mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: 8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

3. Melembabkan Kulit

Teh Hijau juga memiliki kandungan vitamin E yang berkhasiat menghidrasi dan melembabkan kulit. Ekstrak teh hijau juga ditemui diberbagai produk pelembab kulit. Dengan menggunakan pelembab dari teh hijau ini sangat membantu kulit yang kering untuk menjadi lembab kembali.

4. Meredakan Kulit Kemerahan dan Iritasi

Sifat antiradang pada teh hijau yang berasal dari polifenol dapat meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Caranya dengan mengoleskan ampas teh hijau pada area yang terluka, bahkan ampasnya juga bisa menyembuhkan luka bakar akibat terpapar sinar matahari. Beberapa studi juga mengungkapkan potensi manfaat masker teh hijau untuk mengatasi iritasi akibat berbagai masalah kulit, seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

Jadi, jika kamu ingin hidup sehat, cobalah untuk mengonsumsi teh hijau untuk mengurangi berbagai risiko penyakit yang dapat menyerang kamu.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

7 Tips Makan yang Baik untuk Lambung Sehat: Peran Gizi dalam Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Ika Maiyastri

Jaga Kesehatan dengan Konsumsi 9 Makanan Tinggi Protein Ini

rumi

12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

rumi