13 April , 2024
Obat

Obat Sakit Gigi Anak Ini Dia Rekomendasinya



Iklan Hosting

Sakit gigi sering dialami oleh anak-anak. Tetapi sebagai orang tua, Anda tentu khawatir karena si kecil jadi kesakitan, mudah rewel, dan hilang nafsu makan. Sakit gigi pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal seperti penumpukan plak, gigi berlubang, gigi patah, atau makanan yang tersangkut di antara gigi.

Nah, jika anak sudah terlanjur sakit gigi, alangkah baiknya bila orang tua segera memberi obat sakit gigi anak sebagai upaya penanganan. Lantas, obat sakit gigi anak apa saja yang aman dan ampuh redakan nyeri?

Obat Sakit Gigi Anak

1. Paracetamol

Obat sakit Gigi Paracetamol untuk Anak
Source: https://www.expatmedia.net/

Jika rasa sakit pada gigi anak Anda tak kunjung reda setelah dikompres air dingin, Anda bisa memberi obat pereda nyeri yang aman untuk aman, seperti paracetamol. Parasetamol untuk anak-anak memiliki beberapa dosis yang berbeda. Ada yang untuk bayi, untuk anak usia 2 – 5 tahun dan untuk anak yang lebih besar, yakni usia 6 – 12 tahun.

Selalu berikan dosis yang tertera pada botol atau kemasan sesuai dengan usia anak Anda. Apabila anak Anda sedang mengonsumsi obat lain, periksa apakah obat tersebut juga tidak mengandung paracetamol. Jangan berikan lebih banyak dosis paracetamol jika anak Anda sudah minum obat lain.

Paracetamol dapat diberikan setiap empat sampai enam jam atau tidak lebih dari empat kali dalam 24 jam. Namun, bila rasa sakit pada gigi anak Anda tak segera membaik setelah lebih dari 48 jam, Anda harus membawanya ke dokter.

2. Ibuprofen

Ibuprofen untuk sakit gigi
Source: Pharmacy.mahidol.ac.th

Obat ibuprofen juga dapat Anda gunakan untuk meredakan nyeri ringan sampai sedang pada anak-anak, seperti sakit gigi. Akan tetapi jika anak Anda berusia di bawah usia tiga bulan atau menderita gangguan pendarahan dan asma, penggunaan obat ini tidak disarankan. Dosis dapat diberikan setiap enam sampai delapan jam, asalkan tidak lebih dari tiga kali sehari.

Perhatikan juga beberapa efek samping yang jarang namun serius yang mungkin terjadi jika ibuprofen diberikan kepada anak dalam waktu yang lama. Misalnya mual dan muntah, diare, pusing, aau sembelit. Jika pemberian ibuprofen membuat leher anak jadi kaku atau pendengarannya bermasalah, Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Clove Oil (Minyak Cengkeh)

Minyak Cengkeh
Source: https://inaexport.id/

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh juga bisa menjadi alternatif obat sakit gigi anak yang ampuh dan aman untuk meredakan nyeri? Clove oil mengandung bahan kimia yang disebut eugenol, yang bertindak sebagai agen anestesi dan antibakteri. Itulah sebabnya clove oil bersifat antiinflamasi dan antijamur.

Anda bisa mendapatkan clove oil di supermarket, toko obat, atau dapat dibeli secara online. Clove oil umumnya memiliki bau yang kuat, hangat, dan pedas. Untuk menggunakannya, Anda cukup celupkan tisu bersih, kapas, atau bola kapas ke dalam minyak dan usapkan pada gusi anak di titik yang sakit.

4. Teh Peppermint

Teh Peppermint untuk Obat Sakit Gigi Anak
Source: Sahabatnestle.co.id

Meletakkan kantong teh peppermint juga bisa menjadi pilihan obat alami untuk sakit gigi anak Anda karena memiliki rasa lembut yang enak. Tapi yang lebih penting lagi, teh ini mengandung kekuatan mati rasa untuk mengurangi rasa sakit. Dosis obat ini lebih rendah dari paracetamol atau ibuprofen sehingga lebih cocok untuk sakit gigi ringan.

Cara menggunakannya untuk obat sakit gigi anak cukup mudah, yakni masukkan teh celup ke dalam cangkir dan menutupinya dengan air mendidih. Biarkan beberapa saat kantong teh hangat sampai suam-suam kuku dan tidak terlalu panas.

Kemudian, tiriskan airnya berlebih lalu letakkan di mulut mereka pada gigi yang sakit selama sekitar 10 menit, atau sampai mereka menunjukkan tanda-tanda kelegaan. Jika memungkinkan, gunakan gigi mereka sebagai penjepit agar tetap stabil.

5. Daun Jambu Biji

Mengunyah beberapa daun jambu biji juga bisa menjadi solusi efektif untuk sakit gigi anak karena daunnya mengandung banyak sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi. Jika anak Anda tidak suka, Anda bisa memotongnya kecil-kecil lalu merebusnya dengan air hangat. Biarkan hingga menjadi hangat kemudian, mintalah anak untuk berkumur dengan air rebusan tadi.

Itulah beberapa obat sakit gigi anak yang aman untuk redakan sakit gigi buah hati Anda, baik itu obat alami maupun kimia.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Anak Anda Batuk, Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk Anak

admin

Punya Luka di Kulit, Ini 7 Obat Penghilangnya

admin

Keluarga Terkena Flu Batuk, Ini Obat Adalannya

admin