17 Juni , 2024
Makanan

8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh


Iklan Hosting

Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh dalam melawan penyakit. Dimana sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari serangan virus  atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Beberapa makanan mampu meningkatkan imun tubuh Anda, bahkan Anda bisa mencobanya untuk meningkatkan umun tubuh Anda.

Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar kita bisa terhindari dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit.

Saat musim hujan, sistem kekebalan tubuh mudah menurun, sehingga kamu dapat terserang penyakit dengan mudah. Terutama di musim pandemi seperti saat ini, selain menjaga pola hidup bersih, menjaga pola hidup sehat, dan kamu juga memerlukan asupan gizi dan dan nutrisi yang cukup untuk tubuh kamu.

Baca Juga: 12 Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi Untuk Konsumsi harian

Nah, kira-kira apa saja ya asupan yang bergizi dan baik untuk sistem imun kamu? Yuk, kita lihat 8 makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh di bawah ini.

1. Jus Jeruk

Buah yang satu ini dikenal dengan buah yang kaya akan vitamin. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Sehingga kamu tidak mudah terserang berbagai penyakit. Buah jeruk dapat dimakan langsung atau bisa kamu jus dengan campuran buah lainnya.

2. Yogurt

Tubuh juga memerlukan bakteri baik dalam menjaga imunitas. Kandungan probiotik dalam yogurt dapat membantu tubuh kamu dalam memerangi berbagai penyakit yang menyerang. Sehingga kamu pun akan tetap sehat dan kekebalan tubuh tetap terjaga. Yogurt dapat dikonsumsi langsung tanpa atau kamu dapat memakannya dengan campuran buah seperti salad buah.

3. Jahe

Manfaat Jahe untuk Meningkatkan Imun Tubuh
Source: Tasteofhome.com

Rempah yang satu ini memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri sehingga dipercaya dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Jahe juga banyak mengandung vitamin C dan magnesium yang bisa membantu daya tahan tubuh dan memperkuat sistem imun tubuh. Selain itum jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones yang berfungsi  sebagai antioksidan bagi tubuh.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari jahe, kamu bisa mengonsumsi jahe dengan diolah menjadi teh, bumbu masakan, produk herbal, dan olahan ekstrak jahe lainnya.

4. Bawang Putih

Mungkin bawang putih dapat menyebabkan napas kamu bau, namun bawang putih memiliki manfaat yang tinggi bagi kesehatan, yakni mampu memerangi segala penyakit. Salah satunya dapat membantu dan mencegah infeksi dalam tubuh.

Kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam bawang putih dapat mencegah pilek. Selain itu, kandungan minyak allicin di dalamnya memiliki efek anti virus yang mampu menjaga daya tahan tubuh.

5. Oatmeal

Sebagian dari kamu mungkin mengetahui bahwa sarapan dapat membantu kamu dalam menangkis penyakit. Namun, tahukah kamu, makanan yang satu ini mempunyai serat yang dapat meningkatkan sel darah putih. Sehingga dapat membentengi diri kamu dari berbagai penyakit.

Kandungan serat beta-glukan yang terdapat di oatmeal membantu perjalanan neutrofil ke lokasi infeksi lebih cepat sehingga bakteri penyebab penyakit dan infeksi bisa segera diatasi. Kamu dapat mengonsumsi oatmeal setiap hari dengan berbagai sajian.

6. Teh

Teh Sebagai Salah satu minuman untuk meningkatkan imun tubuh
Source: Kalingatv.com

Minuman yang satu ini diperkaya dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Terutama teh hijau dan teh hitam. Kedua teh tersebut  bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Teh hijau juga dimanfaatkan sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus yanmg bisa menungkatkan imun tubuh kamu.

Mengonsumsi teh setiap hari tentunya dapat membantu tubuh kamu dalam melawan radikal bebas dari luar. Namun, perlu diperhatikan, bagi kamu yang menderita penyakit lambung, tidak diperkenankan mengonsumsi secara berlebihan ya.

Baca Juga: Berkenalan dengan 10 Makanan yang Mengandung Vitamin E beserta Manfaatnya, yuk!

7. Almond

Jika kamu gemar mengonsumsi makanan ringan, mungkin almond adalah camilan yang harus kamu pilih. Kacang-kacangan yang satu ini dipercaya kaya akan vitamin E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, mengonsumsi almond juga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner.

8. Sup Ayam

Makanan yang satu ini sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Dalam sup ayam terdapat berbagai rempah dan bahan-bahan yang kaya akan vitamin dan serat, seperti bawang putih, wortel yang kaya vitamin A, dan bahan lainnya.

Jadi berilah nutrisi yang baik bagi tubuh Kamu agar sistem imunnya tetap terjaga dan Kamu pun tetap sehat.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Berkenalan dengan 10 Makanan yang Mengandung Vitamin E beserta Manfaatnya, yuk!

Marsyaviani Darestuti

Rekomendasi Ide Diet dan Makanan Tepat Untuk Ibu Menyusui

admin

7 Tips Makan yang Baik untuk Lambung Sehat: Peran Gizi dalam Menjaga Kesehatan Pencernaan Anda

Ika Maiyastri