30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat

Manfaat Air Embun Yang Jarang Diketahui


Pernahkah Anda menemukan air embun yang menempel di tanaman sekitar rumah saat pagi hari? Tidak sedikit orang yang menganggap ada manfaat air embun yang bisa kita rasakan bila kita mengonsumsinya. Apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Air embun sendiri terjadi karena proses pengembunan, di mana adanya proses perubahan gas menjadi cairan. Umumnya embun pun akan mudah ditemukan setelah melewati kondisi cuaca yang dingin seperti saat malam hari, lalu udara yang kemudian jadi lebih hangat karena matahari terbit.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Nah, sedangkan yang umumnya dikonsumsi orang-orang untuk merasakan manfaatnya adalah dengan menyimpan air minum atau air matang di tempat sejuk dan bersih. Atau biasanya orang akan meletakkan air matang saat malam hari, dan kemudian akan dikonsumsi di pagi hari. Konon, air embun ini memiliki banyak kandungan oksigen, sehingga membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Air Embun yang Jarang Diketahui

1. Melancarkan buang air besar

Manfaat Air embun bisa melancarkan BAB

Bagi Anda yang sering sembelit atau sulit buang air besar, meminum air embun ternyata bisa membantu melancarkan buang air besar, lho. Ini karena air embun dapat membersihkan usus atau mensterilkan saluran cerna, karenanya tidak jarang orang setelah konsumsi air embun akan merasa mulas dan ingin buang air besar.

2. Menyegarkan tubuh

Membuat Kesegaran Tubuh

Tubuh yang lelah karena beraktivitas, ataupun banyaknya pekerjaan yang mengharuskan untuk tidur lebih larut, akan membuat tubuh jadi terasa tidak bersemangat. Nah, agar membuat tubuh lebih segar dan semangat, Anda bisa memulai hari Anda dengan meminum air embun.


3. Menurunkan berat badan

Manfaat Air Embun untuk menurunkan berat badan

Konsumsi air embun secara rutin setiap pagi juga disebut-sebut dapat membantu Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, lho. Air embun ini akan membantu membasmi racun dan juga zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga Anda pun lebih mudah mendapatkan berat tubuh yang lebih ideal.

4. Meningkatkan konsumsi air putih

Meningkatkan Konsumsi Air Putih

Siapa sih yang tidak suka minuman yang menyegarkan? Kebanyakan orang pun mungkin lebih suka konsumsi air putih dingin. Nah, dengan minum air embun yang segar dan dingin ini pun tentunya akan membuat Anda jadi lebih semangat untuk minum air putih. Yang tentunya kebiasaan konsumsi air putih ini pun bermanfaat bagi kesehatan.


5. Mengatasi jerawat

Manfaat Air Embun untuk mengatasi jerawat

Selain baik untuk kesehatan, ternyata ada manfaat air embun untuk wajah, salah satunya adalah mengatasi jerawat. Air embun ini dikatakan dapat membantu untuk mengurasi minyak yang berlebih di kulit, yang merupakan penyebab utama munculnya jerawat.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengonsumsinya ataupun dengan menyemprotkan air embun pada wajah Anda secara rutin di pagi dan malam hari.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

6. Meredakan kulit berminyak

Meredakan Kulit Berminyak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air embun mampu membuat produk minyak di wajah menjadi berkurang, sehingga bagi Anda yang punya masalah dengan wajah berminyak, air embun adalah solusi yang tepat. Cara penggunaannya, cukup dengan mengompres area wajah menggunakan air embun.

7. Melembapkan dan menyegarkan kulit

Menyegarkan Kulit

Bukan hanya bisa menyegarkan tubuh saja, tapi air embun juga ternyata dapat menyegarkan kulit, bahkan membuatnya menjadi lebih lembap. Bukan hanya itu saja, pori-pori yang besar pun bisa mengecil dengan langkah ini. Caranya, basuh wajah Anda dengan air embun, lalu tepuk-tepuk perlahan sampai menyerap ke kulit.


8. Menghilangkan suara serak

Menghilangkan Suara Serak

Bila Anda merasakan tenggorokan yang kering hingga membuat suara menjadi serak, salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan meminum air embun. Air embun yang segar ini akan membantu melegakan tenggorokan dan juga mengembalikan suara Anda dengan menghilangkan serak.

9. Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat Air embun sangat baik untuk Ginjal

Air embun ternyata mampu meningkatkan efisiensi tubuh hingga 20%-30%. Hal ini tentunya membuat Anda jadi lebih maksimal dalam beraktivitas, dan tidak cepat lelah. Nah, karena efisiensi tubuh yang meningkat inipun, membuat kinerja ginjal tentunya jadi lebih mudah. Ini akan membuat kesehatan ginjal lebih terjaga.


10. Mempercepat kemampuan bayi dalam berjalan

Mempercepat Kemampuan Bayi berjalan

Selain itu, manfaat air embun yang juga dipercaya banyak orang adalah mempercepat bayi dalam berjalan. Air embun yang dioleskan di telapak kaki dikatakan akan merangsang bayi untuk berlatih jalan. Dan jangan lupa untuk terus menstimulasi bayi untuk berjalan, ya.

Baca Juga : Penyebab demam, faktor dan cara mengobatinya 

Itu dia manfaat dari air embun yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari baik untuk kesehatan tubuh hingga kulit.


Related posts

7 Tips Memulai Pola Hidup Keluarga Sehat Sejak Dini

Marsyaviani Darestuti

7 Olahraga Selama Pandemi yang Digemari Masyarakat Indonesia

rumi

Anda Penderita Diabetes, Ini Dia Cara Aman Konsumsi Gula

admin