Image default
Penyakit

Yuk, Jaga Jantungmu dengan Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat menjadi satu cara untuk menjaga jantung tetap dalam kondisi yag jehat. Jantung sebagai organ tubuh yang cukup penting, harus selalu dijaga agar kondisinya selalu baik. Sering sekali kita menemukan masyarakat yang menderita penyakit jantung akibat tidak menjaga jantungnya dengan baik, salah satunya dengan melakukan senam jantung.

Jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa dan menyebarkan darah dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Bila jantung mengalami gangguan, maka bisa berakibat fatal, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Kondisi jantung ketika mengalami gangguan disebut juga penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Daftar Menu Diet Sehat & Murah Bisa Jadi Acuan Kamu

Jenis penyakit jantung

Penyakit Jantung Koroner

Ketika pembuluh darah utama tidak mampu memberikan pasokan darah, oksigen, dan nutrisi ke jantung, disebut dengan penyakit jantung koroner. Biasanya terjadi akibat dari penyempitan pembuluh darah yang terjadi di jantung.

Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan biasanya bukan ditimbulkan akibat dari gaya hidup atau aktivitas harian. Tetapi dikarenakan adanya bawaan dari lahir. Biasanya disebabkan karena adanya kebocoran katup jantung. Membuat aliran darah ke dan dari jantung terhambat.

Infeksi Jantung

Infeksi jantung atau yang disebut dengan penyakit endokarditis merupakan infeksi pada lapisan dalam jantung. Biasanya dikarenakan masuknya bakteri ke dalam jantung, sehingga membuat jantung infeksi dan mengalami kerusakan.

Gagal Jantung

Saat pompa jantung melemah, sehingga tidak mampu menggalirkan darah ke seluruh tubuh disebut dengan penyakit gagal jantung. Gejala utama gagal jantung biasanya disebabkan oleh cepat lelah, sesak nafas, pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki.

Aritmia

Merupakan gangguan irama jantung yang menyebabkan irama jantung tidak normal. Penderitanya aritmia bisa merasakan detak jantung lebih cepat maupun lebih lambat.

Gejala Penyakit Jantung

Beberapa gejala penyakit jantung yang umum ditemui , antara lain sesak napas, nyeri dada, perut membesar, tungkai membengkak, denyut jantung tidak beraturan, bahkan demam.

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Data WHO tahun 2015 menunjukkan bahwa 45% kematian di dunia disebabkan karena penyakit jantung dan pembuluh darah. Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi Penyakit Jantung berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia sebesar 1,5%, dengan peringkat prevalensi tertinggi.

Penyebab Penyakit Jantung

  • Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi lemak
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Jarang melakukan aktivitas fisik
  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol atau kafein berlebihan
  • Stress
  • Efek samping obat tertentu
  • Infeksi virus atau bakteri

Cara menjaga agar jantung tetap sehat diantaranya, mengonsumsi makanan yang sehat, rendah lemak, rendah gula, dan makanan tinggi serat. Lalu menghentikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol. Kemudian, rutin memerikasa gula darah, tekanan darah, dan kolesterol secara berkala, serta melakukan aktivitas fisik seperti jogging, bersepeda, berenang, dan senam jantung sehat.

Senam Jantung Sehat

Salah satu cara untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung yakni dengan melakukan senam jantung sehat. Senam jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung. Aktivitas ini merupakan olahraga yang mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung bertujuan merawat jantung pembuluh darah agar sehat dan optimal.

Senam jantung sehat bermanfaat untuk memperbaiki denyut nadi agar berjalan teratur, melancarkan aliran darah untuk mengurangi penyumbatan pembuluh darah akibat timbunan lemak dan kolesterol agar dapat mencegah terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, dan penyakit lainnya, serta bermanfaat untuk menjaga kondisi fisik dengan baik sehingga metabolisme juga berjalan baik.

Selain itu, senam jantung sehat juga dapat membuat kualitas tidur meningkat, sehingga dapat memperbaiki gejala insomnia sampai apnea obstruktif. Kemudian dapat menguatkan tulang dan keseimbangan tubuh, mengurangi berat badan dan mencegah obesitas, mengingkatkan kemampuan otak, dan mengurangi rasa cemas dan depresi.

Senam jantung sehat ini dianjurkan sebanyak 150 menit dalam seminggu atau tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit.

Gerakan Senam Jantung Sehat

High Knees

Senam Jantung Sehat dengan metode High Knees
Source: NBCnews.com

Lari di tempat selama 30 detik dengan cara posisi lutut sejajar dengan pinggang dengan meletakkan tangan di pinggang untuk membantu lutut terangkat lebih tinggi.

Butt Kicks

Senam Sehat dengan metode Butt Kicks
Senam jantung sehat gerakan Butt Kicks. Source: Coachmag.co.uk

Posisi berdiri tegak dengan mengangkat tumit satu persatu setinggi bokong.

Lateral Shuffle

Bagaimana teknik Lateral Shuffle
Lateral Shuffle untuk senam jantung sehat. Popsugar.com

Posisi berdiri tegak dengan merentangkan salah satu kaki diikuti perpindahan badan dalam satu garis, lalu lakukan bergantian.

Standing Oblique Crunch

Standing Oblique Crunch
Source: Pinterest.com

Berdiri tegak dengan telapak tangan menyentuh belakang kepala dan lengan membentuk sudut 45 derajat dengan bahu. Miringkan badan ke kanan sehingga lutut menyentuh siku.

Jumping Jacks

Jumping Jack Olahraga Mudah untuk Jantung Sehat
Source: Kompas.com

Berdiri tegak, kemudian lompat dengan posisi kedua tungkai terbuka lebar dan tangan terangkat ke udara. Lakukan gerakan yang sama, namun mendaratlah dengan kaki sedikit lebih rapat. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

Squat Jumps

Squats Jump dalam senam jantung sehat
Source: Mensjournal.com

Berdiri dan posisikan kaki berjarak selebar bahu dengan jari-jari kaki lurus ke depan. Kemudian, tekuk lutut dengan posisi punggung tegak lurus seperti sedang duduk di kursi. Lalu berdiri tegak dengan sedikit lompatan, lakukan selama 30 detik.

Plank Jacks

Plank Jacks
Source: Healthdigest.com

Dari posisi badan seperti tengkurap, angkat tangan tegak lurus sehingga badan membentuk sudut 45 derajat dengan lantai dan kaki rapat. Lompat dan mendaratlah dengan kaki teregang. Ulangi gerakan yang sama sehingga kaki kembali rapat.

Bagaimana, sangat mudah kan untuk dilakukan? Gerakan sederhana ini bisa dilakukan di rumah saja loh. Selain bisa membuat tubuh dan jantung sehat, olahraga ini juga sangat ekonomis tanpa harus mengeluarkan biaya. Yuk.. mulai hidup sehat!

Related posts

Inilah 6 Ciri Psikopat! Apakah Kamu Mengalaminya?

Habibah Auni

Merasa Kurang Produktif? Siapa Tahu Anda Lagi Kena Penyakit FOMO!

Habibah Auni

Leave a Comment