30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat Kesehatan

Rasakan Manfaat Jalan Pagi Secara Rutin


Bisa dibilang, berjalan kaki adalah suatu aktivitas yang sering sekali kita lakukan. Yang ternyata juga memiliki beragam manfaat. Terutama bila Anda melakukannya di pagi hari. Ada banyak sekali manfaat jalan pagi yang bisa Anda rasakan bila melakukannya secara rutin. Apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya di artikel di bawah ini.

Manfaatkan Jalan Pagi

1. Menyehatkan jantung

Manfaat Jalan Pagi bisa menyehatkan jantung

Bila Anda tidak terlalu suka melakukan olahraga berat, jalan pagi bisa jadi pilihan Anda. Jalan kaki di pagi hari selama 30 menit, akan membantu mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung koroner, sampai 19%, lho.

Hal ini disampaikan oleh Asosiasi Jantung Amerika, yang mengatakan bahwa jalan kaki sama efektifnya dengan berlari, dalam hal mencegah penyakit jantung dan juga stroke. Jadi, dengan aktivitas sederhana seperti jalan kaki di pagi hari ini, Anda bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, karena tekanan darah dan kadar kolesterol yang menurun, serta sirkulasi darah yang lebih lancar.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

2. Menurunkan berat badan

Jalan Pagi Bisa Menurunkan Berat badan

Berjalan kaki juga adalah salah satu olahraga mudah yang bisa Anda lakukan. Nah, dengan melakukan jalan pagi ini secara rutin, manfaat yang akan Anda rasakan yaitu membantu menurunkan berat badan.

Diketahui bahwa jalan kaki dengan kecepatan sedang, dan dilakukan selama 30 menit, akan membantu membakar sekitar 150 kalori di tubuh Anda. Untuk membantu usaha Anda mendapatkan berat badan ideal, bisa juga dengan dibantu diet sehat.

3. Mengurangi gejala varises

Mengurangi Gejala Varises

Semakin usia yang bertambah, maka varises pun bisa saja terjadi. Ini karena terjadinya pembengkakan di pembuluh darah vena yang umumnya terjadi di area betis dan juga kaki.

Dengan berjalan kaki setiap pagi secara rutin sekitar 30 menit, akan membantu mengurangi gejala varises dan juga rasa sakit karena varises. Aktivitas ini akan membantu pembuluh darah vena yang menonkol tidak lagi terlihat.


4. Melancarkan sistem pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan

Ada baiknya, setelah makan, sebisa mungkin Anda tidak langsung duduk-duduk ataupun rebahan. Karena kebiasaan ini ternyata bisa membuat kinerja sistem pencernaan Anda jadi terganggu, lho.

Karena itulah, coba ubah kebiasaan ini, terutama setelah sarapan, untuk berjalan kaki selama kira-kira 30 menit. Cara ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda serta menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

5. Membantu meringankan nyeri sendi

Meringankan Sendi

Manfaat jalan pagi 30 menit lainnya yang bisa Anda rasakan adalah membantu meringankan nyeri sendi. Dalam studi American Journal of Preventive Medicine tahun 2019 lalu, partisipan penelitian yang mengalami nyeri sendi di tubuh bagian bawahnya, merasakan gejala sendi pun menjadi berkurang, cukup dengan berjalan kaki 10 menit saja sehari atau 1 jam per minggu.


6. Memberi energi

Membawa Energi

Jalan kaki di pagi hari sebelum mulai aktivitas harian juga dapat membuat Anda jadi lebih berenergi dan juga lebih semangat menjalani hari. Hal ini bisa Anda rasakan dengan jalan pagi sekitar 20 menit. Usahakan untuk berjalan kaki di luar rumah, dibanding di dalam ruangan. Agar hasil yang didapat bisa lebih terasa dan lebih maksimal.

7. Memperkuat otot paha dan juga betis

Manfaat jalan kaki bisa Memperkuat Otot Paha dan Betis

Selain meringankan nyeri sendi, nyatanya ada manfaat jalan pagi lainnya yaitu dapat membantu meningkatkan kekuatan otot paha serta betis. Cara ini akan membuat paha dan betis lebih mengecil dan kuat. Selain berjalan kaki, Anda juga dapat menambah Latihan untuk memperkuat otot paha dan betis dengan squat dan lunges.


8. Membuat mood jadi lebih baik

Memperbaiki Mood

Bila Anda ingin mendapatkan suasana hati atau mood yang baik seharian, cobalah awali hari Anda dengan jalan pagi. Ini karena, orang yang rutin jalan kaki ternyata mengalami perubahan di sistem saraf yang memicu rasa senang serta membuat mood lebih baik.

9. Memicu kreativitas

Manfaat jalan pagi yang bisa meningkatkan kreativitas

Selain membuat mood jadi lebih baik, penelitian juga menumkan bahwa jalan kaki bisa memicu kreativitas. Bila Anda sedang membutuhkan ide-ide segar dan kreatif, maka Anda bisa mencoba berjalan kaki di sekeliling tempat Anda.

Bila kebiasaan ini dilakukan di pagi hari, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang menyehatkan karena adanya sinar matahari pagi yang kaya vitamin D yang baik untuk tubuh.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Baca Juga : Pentingnya susu bagi kesehatan

Setelah mengetahui manfaat jalan pagi di atas, sebaiknya Anda tidak lagi melewatkan aktivitas satu ini di pagi hari Anda. Lakukan kegiatan ini sebelum Anda beraktivitas harian, sehingga hari Anda pun tentu akan jadi lebih baik dan semangat.


Related posts

Bingung Cari Dokter Kandungan, Ini Tips Memilihnya

admin

7 Tips Memulai Pola Hidup Keluarga Sehat Sejak Dini

Marsyaviani Darestuti

Ternyata Ini Manfaat Mandi Shubuh yang Jarang Diketahui!

Rostina Alimuddin