17 Juni , 2024
Hidup Sehat

Kenali Titik Refleksi di Tangan Untuk Self Healing


Iklan Hosting

Apakah anda tau bahwa tangan menyimpan ratusan saraf yang tersambung dengan berbagai organ tubuh lain? Bahkan dengan mempelajari titik refleksi di tangan, anda dapat melakukan self healing secara otodidak. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan terapi pelepas lelah.

Banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya untuk melepas kelelahan pada beberapa bagian khususnya pada otot dan sendi sebagai bagian tubuh paling sering mengalami fatigue (tingkat kelelahan).

Treatment ini sangat simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Titik tertentu pada tangan akan ditekan untuk merangsang titik kelelahan pada syaraf penghubung. Rangsangan ini akan memberikan efek rileks, sakit, nyeri dan geli tergantung titik dan tingkat kelelahan.

Titik Refleksi di Tangan

Beberapa titik ini bisa anda gunakan untuk treatment mengurangi kelelahan dan meringankan sakit pada bagian tertentu. Dengan catatan tidak semua penyakit bisa diatasi dan tetap membutuhkan konsultasi dokter!

Titik Refleksi Di Tangan

Titik Refleksi Di Tangan untuk Kepala

Treatment yang pertama adalah titik refleksi di tangan yang terhubung dengan kepala. Anda bisa menekan titik refleksi pada pangkal jari jari tangan. Selain itu titik yang sama juga ada pada pergelangan tangan tepatnya antara tendon atau urat tangan.

Dengan menekan titik yang tepat anda dapat menurunkan tingkat stress dan kecemasan. Jika anda sudah rileks titik ini juga akan membantu meringankan sakit kepala jika dilakukan secara rutin.

Titik Refleksi Leher dan Tenggorokan

Selanjutnya ada titik refleksi yang berada pada area pangkal jari tengah. Menekan titik ini secara rutin akan membantu meringankan kesemutan atau pegal linu di bagian leher dan pundak.

Selain itu titik ini juga dapat meringankan gejala radang, amandel dan batuk. Dengan catatan meringankan gejala yang dialami. Jika pijatan tidak berefek pada sakit yang diderita, lebih baik anda tetap berkonsultasi dengan dokter.

Titik Refleksi Mata

Titik refleksi yang selanjutnya berkonsentrasi pada kelelahan di mata. Area yang harus di treatment adalah area antara pangkal jari telunjuk dan juga jari tengah. Dengan memijat titik ini secara memutar akan menimbulkan efek rileks pada mata.

Anda bisa meminta bantuan untuk memijat bagian ini dengan dua tangan yang diputar berlawanan agar memberikan efek lebih intens pada kelelahan mata.

Titik Refleksi Telinga

Berikutnya ada area pangkal keling dan jari manis yang terhubung dengan telinga. Dengan memberi rangsangan pada titik ini akan menimbulkan efek positif pada telinga anda.

Titik ini diyakini mampu mengurangi kelelahan pada gendang telinga, memberi efek rileks, mengurangi gejala penyakit pendengaran. Dapat dikombinasikan dengan titik pada tenggorokan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Titik Refleksi Dada atau Pernapasan

Untuk meringankan sesak nafas dan gangguan pernapasan lain anda dapat memijat area pangkal jempol dari telapak dan punggung hingga ke pergelangan tangan. Bagi anda perokok aktif bisa melakukan treatment ini untuk meringankan beban paru-paru.

Pada telapak jari manis bagian tengah juga terdapat titik refleksi paru- paru yang disinyalir dapat meringankan gejala penyakit paru.

Titik Refleksi Pencernaan

Mengetahui Titik Refleksi Di Tangan

Berdekatan dengan titik refleksi sebelumnya titik ini berada di sebelah pangkal jempol hingga patahan ibu jari. Titik ini dapat meringankan mulas dan memberikan efek rileks pada area pencernaan seperti lambung, limpa, dan juga usus.

Titik ini juga dapat meringankan gejala mag dan asam lambung. Memijat titik refleksi ini juga meringankan nyeri pada gejala wasir tingkat rendah. Namun anda perlu menjaga pola makan dan makan makanan sehat untuk membantu kesehatan perncernaan.

Titik Refleksi Liver

Untuk membantu gejala penyakit liver dan sakit perut anda dapat menekan titik ini. titik refleksi ini berada dibawah titik refleksi paru, yaitu pada area ruas bawah jari manis. Melakukan treatment rutin ini akan meredakan gejala penyakit liver.

Titik Refleksi Jantung

Jantung menjadi organ yang memiliki banyak titik seperti ujung jari tengah yang terhubung dengan pembungkus jantung, lalu ruas pertama jari tengah untuk jantung, ujung jari kelingking, dan area diantara pangkal jari kelingking dan jari manis yang terhubung dengan inti jantung.

Titik refleksi di tangan yang satu ini dapat membantu anda mengontrol rasa cemas dan gelisah, serta dapat membantu anda lebih tenang dengan mengatur ulang aliran dari jantung ke seluruh tubuh.

Titik Refleksi Di Tangan untuk Organ Reproduksi dan Vitalitas

Untuk meningkatkan vitalitas organ reproduksi anda dapat memberi rangsangan pada pusat atau titik tengah telapak tangan. Titik ini juga dapat membantu anda meningkatkan keseimbangan diri.

Pijatan pada bagian ini dapat membantu anda menekan titik- titik reproduksi dan membantu meringankan ejakulasi dini. Namun anda harus tetap menjaga pola makan, olah raga dan istirahat yang cukup untuk menjaga vitalitas dan kesehatan reproduksi anda.

Titik Refleksi Kaki

Bagian tengah pergelangan tangan dapat menurunkan tingkat kelelahan pada kaki dan tangan setelah bekerja. Jika anda secara tidak sadar memijat bagian ini setelah melakukan pekerjaan seperti penggunaan mouse dan mengetik dapat menurunkan kelelahan.

Sebenarnya otak secara tidak sadar memberi sinyal kepada tubuh untuk menekan bagian ini untuk mengurangi kelelahan pada bagian tangan dan juga kaki. Setelah anda berjalan jauh anda bisa memijat bagian ini untuk memberikan efek rileks pada kaki yang lelah.

Titik Refleksi Di Tangan untuk Sinus

Berada di ruas atas empat jari, kelingking, jari manis, jari tengah dan telunjuk. Titik refleksi ini dapat membantu mengatasi gejala sinusitis dan influenza. Dengan melakukan treatment yang tepat dan rutin bahkan dapat meningkatkan fungsi sinus secara maksimal.

Anda bisa meminta bantuan orang untuk pijat memutar dengan dua ibujari secara berlawanan untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal. Titik ini juga akan memberikan efek rileks saat terjadi benturan pada hidung anda.

Titik Refleksi Otak

Pada ujung ujung jari terhubung dengan otak. Dengan memberi rangsangan pada bagian bagian ini akan memberi rasa rileks pada otak anda, dengan begitu aliran darah ke otak akan lebih lancar.

Titik pada ujung ibu jari memiliki titik terbesar yang terhubung ke otak. Melakukan benturan-benturan kecil antara kedua ujung jari dapat menimbulkan efek rileks, geli, dan bahagia.

Baca Juga: Manfaat Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga. Begini Cara yang Benar!

Hati-Hati Saat Melakukan Pijat Refleksi

Secara umum titik refleksi ini dapat anda lakukan sendiri dimana saja dan kapan saja, namun perlu pengetahuan lebih dan instruksi ahli untuk melakukan pijatan untuk orang lain. Ingat untuk tidak memberikan power terlalu kuat saat melakukan pijat refleksi, terutama untuk anda yang melakukannya sendiri tanpa pengalaman sebelumnya.

Apabila anda mengalami penyakit berlanjut atau kelainan setelah melakukan pijat refleksi. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi kepada ahli dibidangnya dan juga dokter spesialis. Dengan begitu anda dapat mencegah hal dan resiko yang dapat terjadi

Bahkan untuk anda dengan beberapa kondisi seperti masa kehamilan, ada resiko penyumbatan sirkulasi darah, demam dan infeksi, harus berkonsultasi dengan ahli di bidangnya sebelum melakukan selfhealing  pada titik refleksi di tangan.

Tertarik Melakukan Self Healing Pada Titik Refleksi di Tangan?

Nah, kini anda dapat melakukan self heling di rumah dengan memijat atau memberi rangsangan pada titik refleksi di tangan. Namun anda harus tetap berhati-hati dan tetap menghubungi dokter apabila sakit yang anda rasakan tidak kunjung sembuh setelah lebih dari tiga hari.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Mengapa Harus Berjemur di Pagi Hari, Ini Alasannya

admin

Kenali Cirinya Seperti Apa Tubuh Sehat

admin

9 Cara Diet Sehat dan Aman Tanpa Bahayakan Tubuh

Risma Mualifa