13 April , 2024
Hidup Sehat

Mau Berat Badan Cepat Turun, Praktekan 6 Workout Untuk Pemula



Iklan Hosting

Tidak sedikit orang yang bercita-cita memiliki bentuk tubuh bagus dengan berat badan yang ideal. Cara tepat untuk bisa mewujudkannya yaitu dengan menjaga pola makan serta workout atau berolahraga secara rutin. Namun seperti apakah workout untuk menurunkan berat badan yang tepat yang bisa kamu lakukan, terutama bagi pemula?

Memiliki berat badan yang ideal bukan hanya akan memberikan manfaat secara tampilan saja, namun kamu pun akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya yang seringkali berkaitan dengan berat badan yang berlebih. Untuk kamu yang baru ingin mulai merutinkan olahraga atau workout dengan tujuan menurunkan berat badan, ada beberapa workout yang bisa dengan mudah kamu lakukan, yaitu:

1. Berjalan Kaki

Workout untuk menurunkan berat badan dengan berjalan kaki

Ketika kamu baru memulai workout, satu hal yang penting untuk diperhatikan yaitu memilih jenis olahraga yang mudah dan juga ringan, misalnya seperti berjalan kaki. Dikatakan bahwa berjalan kaki adalah salah satu low-impact workout, yang punya artian kegiatan ini tidak memberikan tekanan yang terlalu besar pada sendi. Kamu pun bisa melakukan olahraga satu ini di manapun dan kapanpun.

Menurut Harvard Health, dengan berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit, dapat membantu membakar hingga 167 kalori. Bahkan penelitian pun menyebutkan bahwa wanita dengan obesitas melakukan jalan kaki 50-70 menit, sebanyak 3 kali per minggu, hingga 12 minggu, ditemukan hasil penurunan persentase lemak tubuh serta lingkar pinggang hingga 1,5% dan 2,8 cm.

Sebagai permulaan, kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit, dan lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Setelah itu, kamu dapat menambah durasi secara bertahap. Semakin bertambah durasi berjalan kaki yang kamu lakukan, tentunya impian memiliki berat badan yang ideal pun bisa semakin cepat terwujud.

2. Bersepeda

Workout untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda

Jenis workout untuk menurunkan berat badan berikutnya yang bisa kamu coba yaitu bersepeda. Kegiatan satu ini, bila dilakukan selama 30 menit dapat membantu membakar sekitar 280 hingga 360 kalori. Sedangkan bila kamu tidak ingin bersepeda di luar ruangan, kamu dapat menggunakan sepeda statis seperti di gym, yang mana dapat membantu membakar kalori sekitar 250 hingga 280 kalori, dengan durasi 30 menit.

Selain itu, bersepeda pun dapat bermanfaat dalam hal menurunkan kemungkinan penyakit jantung, kanker dan juga penyebab kematian lainnya. Sama halnya dengan berjalan kaki, bersepeda ini juga merupakan low-impact workout, sehingga tidak akan membebani sendi, terutama bagi para pemula.

3. Jogging

Workout untuk menurunkan berat badan dengan jogging

Lari santai atau jogging, baik yang dilakukan di luar rumah ataupun berlari menggunakan treadmill yang dilakukan selama 30 menit, dikatakan dapat membakar 300 hingga 370 kalori.

Bisa dibilang, jogging ini juga jadi olahraga yang mudah dilakukan tanpa perlu perlengkapan khusus. Sebagai permulaan, kamu dapat berlari santai selama 20 sampai 30 menit per harinya, lalu tingkatkan durasi secara bertahap.

4. Berenang

Workout untuk menurunkan berat badan dengan berenang

Kata siapa olahraga itu tidak menyenangkan? Kamu bisa lho mencoba salah satu workout untuk menurunkan berat badan yang terbilang menyenangkan untuk dilakukan, yaitu berenang!

Melansir Harvard Health, berenang gaya punggung selama 30 menit akan membantu membakar 298 kalori, renang gaya dada dapat membakar 372 kalori, serta renang gaya kupu-kupu mampu membakar 409 kalori, dengan durasi yang sama.

5. Yoga

Workout untuk menurunkan berat badan dengan yoga

Mungkin banyak orang yang sudah tau kalau olahraga yoga bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental. Selain itu, yoga pun dapat menjadi salah satu workout untuk menurunkan berat badan, lho.

Biasanya, yoga memang dilakukan secara bersama-sama, dengan bantuan instruktur yoga. Namun sekarang ini, kamu pun bisa melakukan yoga sendiri di rumah, dengan berbekal video-video yoga di internet yang dibuat oleh para instruktur yoga, ataupun kamu bisa mengikuti kelas yoga online.

Melakukan yoga dengan durasi 30 menit dikatakan dapat membakar kalori hingga 149 kalori.

6. Gerakan Push Up, Squats dan Sit Up

Workout untuk menurunkan berat badan dengan squats

Ketiga gerakan ini dapat kamu kombinasikan sebagai gerakan workout untuk menurunkan berat badan. Namun bila dirasa terlalu berat, kamu boleh untuk melakukan hanya salah satunya.

Pertama, untuk gerakan push up, yang merupakan cara efektif untuk menggerakkan banyak otot, yang akan membantumu dalam menurunkan berat badan. Bila push up mungkin masih terlalu sulit untuk dilakukan, kamu bisa push up dengan posisi lutut diturunkan ke bawah menyentuh lantai.

Kedua, gerakan squats jadi salah satu gerakan workout yang akan membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah dan melatig fleksibilitas punggung bawah serta pinggul. Squats pun akan melibatkan otot-otot terbesar yang ada di tubuh, sehingga tentunya akan berpengaruh juga pada pembakaran sejumlah kalori.

Yang terakhir yaitu gerakan sit up yang memang dikenal untuk mengencangkan otot bagian perut. Jadi, melakukan sit up, sudah pasti akan membantumu menghilangkan perut buncit yang mengganggu.

Menurunkan berat badan memang tidak bisa secara instan, karena diperlukan niat yang kuat serta usaha untuk membuatnya terwujud. Nah, usaha yang bisa kamu lakukan yaitu dengan merutinkan workout untuk menurunkan berat badan yang sudah disebutkan di atas.

Cara-cara diet yang salah hanya akan membuat tubuhmu menjadi lemas bahkan mudah sakit. Itulah mengapa penting sekali untuk mengetahui cara-cara diet yang tepat agar kesehatan pun tetap terjaga. Untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan juga konsumsi makanan sehat serta vitamin.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terbebas dari Penyakit

admin

Cara Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda di Iklim Tropis!

admin

Manfaat dan Dampak Kekurangan Vitamin D pada Kesehatan Tubuh

Agung