30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat

Menu Dan Waktu Makan Sehat Untuk Diet


Diet umumnya dilakukan kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan mereka yang dirasa berlebih, dan juga membuat tubuh tetap langsing. Padahal, diet sebenarnya adalah salah satu pola makan di mana berprinsip pada asupan gizi seimbang, yang biasanya menunya adalah makanan sehat. Dan turunnya berat badan ataupun tubuh yang langsing adalah bonus dari konsumsi makan sehat untuk diet ini.

Namun, tidak sedikit orang yang melakukan diet ekstrem, di mana mereka menghindari bahkan sama sekali tidak makan karbohidrat, ataupun malah tidak makan sama sekali. Ini bukanlah cara diet yang benar, karena malah akan menyiksa tubuh dan akhirnya membuatmu sakit.

Nah, agar tidak salah dalam menerapkan diet sehat, berikut ini adalah jadwal makan sehat untuk diet beserta menu diet sehat seminggu yang bisa kamu coba.

Jadwal Makan Sehat Untuk Diet

Kunci dari diet yang sehat adalah makan setiap 3-4 jam agar perut dapat mencerna dengan baik. Kamu juga sebaiknya menerapkan waktu yang sama setiap harinya untuk jam sarapan, makan siang, makan malam ataupun camilan. Sehingga tubuh akan lebih memahami kapan waktunya untuk makan. Ini juga membantumu agar tidak makan berlebih dan juga meningkatkan kesehatan dari pencernaan.

1. Sarapan

Makanan Sarapahn Sehat untuk diet

Cara makan sehat untuk diet yang pertama adalah tidak melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan ataupun menganggap sarapan dapat membuat berat badan bertambah adalah kesalahan umum yang paling sering dilakukan orang yang diet. Padahal, sarapan adalah waktu terpenting untuk mengisi energi tubuh.

Sebaiknya, sarapan dilakukan dalam waktu 1 jam setelah kamu bangun tidur, dengan waktu idealnya yaitu antara pukul 7 hingga 8 pagi. Karena, setelah 6-8 jam kamu tertidur, perut akan kosong, sehingga tubuh butuh kalori untuk menghasilkan energi.

Untuk sarapan, kamu bisa mencoba pilihan menu diet untuk pemula yaitu roti gandum utuh. Makanan ini kaya akan gizi, tinggi serat dan juga bisa membuatmu kenyang lebih lama. Agar menunya lebih seimbang, kamu bisa menambahkan tomat yang kaya vitamin A, C, zat besi, protein, kalium, kalsium dan juga fosfor.

Kamu juga bisa memilih oatmeal dengan buah segar, telur dadar dan bayam untuk menu diet sehat seminggu, yang bisa kamu ubah-ubah menunya agar lebih bervariasi. Pastikan kalori yang diperoleh tinggi protein, namun rendah gula dan karbohidrat. Makanan yang tinggi gulu hanya akan membuat gula darah meningkat dan mudah lapar.

2. Makan Siang

Makanan sehat untuk diet saat makan siang

Jadwal makan siang yang tepat adalah sekitar 4-5 jam setelah waktu sarapan, yaitu kira-kira di pukul 11-12 siang. Menu diet sehat yang cocok untuk makan siang adalah makanan yang terdiri dari protein tanpa lemak, ber-karbohidrat kompleks, serat dan juga lemak baik.

Kamu bisa memasukkan roti gandum utuh untuk menu makan siang sehatmu juga. Ataupun menu lain seperti nasi merah atau pasta untuk karbohidrat, dengan tambahan daging kalkun, ayam atau ikan sebagai protein tanpa lemak, serta buncis dan wortel untuk serat, vitamin dan mineral.

3. Makan Malam

Siapkan juga makanan sehat untuk diet di malam hari

Waktu yang tepat untuk makan malam adalah tidak kurang dari 3 jam sebelum kamu tidur, yang idealnya adalah pukul 6 sore. Sebaiknya kamu tidak makan mendekati waktu timurmu, karena kebiasaan ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan juga insulin, sehingga kamu akan kesulitan untuk tidur.

Menu makanan yang bisa kamu konsumsi saat makan malam umumnya mirip dengan makan siang, yaitu terdiri dari protein, karbohidrat kompleks, sayuran dan juga buah.

4. Camilan

Diet bukan berarti tidak boleh nyemil

Nah, ternyata, dalam mengonsumsi camilan, juga ada waktu-waktunya tersendiri, lho. Jadi, setelah 3 jam kamu sarapan dan juga tiga jam setelah makan siang, kamu bisa mengonsumsi camilan ringan berkalori rendah. Misalnya seperti apel atau pisang, smoothie ataupun yoghurt yang rendah lemak dan juga segenggam kacang tanpa tambahan garam. Hindari menu yang tinggi gula, garam dan juga lemak, karena malah bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Konsumsi camilan di waktu-waktu ini dianggap dapat mencegah rasa lapar hingga waktu makan berikutnya tiba.

Kamu bisa memilih sendiri menu diet sehat seminggu versimu dengan makanan-makanan yang beberapa sudah disebutkan di atas. Yang perlu diingat adalah makan sehat untuk diet adalah makanan yang punya gizi seimbang, tanpa mengurangi gizi-gizi yang dibutuhkan. Pastikan porsi yang kamu konsumsi tidak berlebihan di setiap jadwal makanan untuk orang diet yang sudah disebutkan di atas.


Related posts

Ketahui Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan

Rostina Alimuddin

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin

9 Cara Diet Sehat dan Aman Tanpa Bahayakan Tubuh

Risma Mualifa