17 Juni , 2024
Hidup Sehat

Nikmati Khasiat Mandi Air Panas Malam Hari


Iklan Hosting

Mandi setelah bangun dari tidur di pagi hari memang dapat menyegarkan tubuh. Mandi membuat badan lebih siap dan bersemangat untuk melakukan beragam aktifitas harian. Namun, tahukah kamu bahwa selain mandi pagi, mandi air panas di malam hari juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh loh.

Banyak riset yang menjelaskan bahwa air hangat dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis sehingga mampu merilekskan tubuh. Pada dasarnya, ada banyak sekali manfaat dari mandi air hangat sebelum tidur ini bagi kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan membaca ulasannya pada artikel berikut ini.

Mengurangi Stress

Mandi Air Panas Malam Hari Bisa Mengurangi Stress

Saat kamu lelah setelah melakukan banyak aktifitas di luar rumah seharian maka cobalah untuk mandi air panas di malam hari. Mandi air hangat sebelum tidur mampu meredakan stress dan membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Biar makin rileks, tambahkanlah air hangat yang akan kamu gunakan dengan aromaterapi.

Tak hanya itu saja, mandi malam hari menggunakan air hangat juga bisa menurunkan tingkat kecemasan kamu loh. Penelitian di dalam jurnal Alternative and Complementary Therapies juga menyebutkan bahwa mandi air hangat bisa mempertajam ingatan serta memunculkan ide-ide kreatif.

Mengatasi Masalah Gatal

Para penderita masalah kulit seperti gatal ataupun psoriasis sangat disarankan untuk rutin melakukan mandi air hangat ini. Kamu bisa mencampurkan beberapa sendok minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam air hangat untuk meredakan gejala gatal di kulit kamu. Kandungan dari minyak ini dapat berfungsi sebagai pelembap untuk mengurangi rasa gatal tersebut.

Mengatasi Kulit Kering

Mandi Air Panas Malam Hari Ternyata Bisa Mengatasi Kulit Kering

Manfaat mandi air hangat sebelum tidur juga baik untuk mengatasi kulit kering. Banyak penelitian juga membuktikan bahwa kandungan gandum murni yang dicampurkan dengan air hangat sangat membantu dalam mengatasi kulit kering. Kamu cukup memasukkan gandum murni ke dalam kaos kaki yang bersih dan kering lalu ikatlah ujung dari kaos kaki ini menggunakan karet. Selanjutnya, masukkan kaos kaki ke dalam air hangat yang akan kamu gunakan untuk berendam selama 15 hingga 20 menit.

Mencegah Flu

Saat terkena flu banyak orang yang memang takut untuk mandi. Mereka khawatir jika penyakit flu mereka akan semakin parah jika mandi. Padahal, jika kamu mandi menggunakan air hangat di malam hari maka kamu bisa mencegah terjadinya pilek dan flu loh. Jika kamu sedang mengalami gejala flu ini maka cobalah untuk mandi air hangat terlebih dahulu.

Dengan mandi air hangat di malam hari maka akan membantu melegakan hidung kamu yang tersumbat. Tubuh kamu juga akan jauh lebih rileks dan nyaman setelah mandi menggunakan air panas ini.

Membantu Perawatan Kulit Wajah

Membantu Perawatan Kulit Wajah

Bagi para wanita yang ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih maka cobalah untuk mandi air hangat di malam hari. Penelitian dari National Sleep Foundation menyebutkan bahwa membersihkan wajah sebelum tidur menggunakan air hangat dapat membersihkan kulit dan mengurangi jerawat. Membersihkan wajah sebelum tidur juga membantu skincare malam kamu untuk bekerja lebih efektif di dalam kulit.

Membersihkan Pori-Pori

Uap air panas juga membantu membuka pori-pori pada tubuh sehingga tubuh bisa mengeluarkan semua kotoran yang menumpuk setelah bekerja seharian. Proses detoksifikasi akan membuat tubuh lebih sehat dan segar. Setelah mandi air hangat, pastikan untuk membilas tubuh kamu menggunakan air dingin agar pori-pori di tubuh kamu segera tertutup kembali.

Membantu Meredakan Migrain

Migrain

Manfaat mandi air panas malam hari selanjutnya ialah untuk membantu meredakan masalah migrain. Mandi air hangat ini dipercaya mampu merilekskan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh. Tak hanya itu saja, obat migrain yang kamu konsumsi juga bisa bekerja lebih cepat dan efektif jika kamu telah melakukan mandi air hangat sebelumnya.

Membantu Mengurangi Pembengkakan

Jika kamu sedang mengalami pembengkakan pada tubuh akibat peradangan pada luka maka mandilah menggunakan air hangat sebelum tidur. Mandi air panas selama lima menit akan mengurangi gejala peradangan pada tubuh dan dapat membantu proses kesembuhan kamu.

Baca Juga : Vitamin penambah nafsu makan untuk anak dan dewasa 

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat mandi air panas malam hari untuk kesehatan tubuh di dalam artikel ini. Semoga informasi di dalam artikel ini tidak membuat kamu khawatir dan takut untuk mandi air hangat di malam hari lagi yah.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Mengapa Harus Berjemur di Pagi Hari, Ini Alasannya

admin

12 Tips Diet Sehat Aman Tanpa Menyiksa Diri

Rostina Alimuddin

Panduan Lengkap: Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

admin