Home Kesehatan 6 Cemilan Sehat Murah Meriah, Cocok untuk Diet Tanpa Harus Boros

6 Cemilan Sehat Murah Meriah, Cocok untuk Diet Tanpa Harus Boros

0
6 Cemilan Sehat Murah Meriah, Cocok untuk Diet Tanpa Harus Boros

Memiliki berat tubuh ideal pasti menjadi dambaan semua orang, tidak peduli pria maupun wanita. Diet menjadi salah satu cara untuk mewujudkan keinginan memiliki tubuh proporsional. Dalam melakukan diet, ada beberapa usaha yang wajib dilakukan. Usaha yang dimaksud mulai dari menjaga pola makan, membatasi porsi makan serta rajin berolahraga. Memilih cemilan sehat juga termasuk usaha dalam menyukseskan diet. Karena camilan tetap dibutuhkan sekalipun sedang diet, hanya saja harus tepat memilih jenis dan jumlah yang dikonsumsi.

Baca Juga: 12 Tips Diet Sehat Aman Tanpa Menyiksa Diri

Mengonsumsi camilan yang sehat saat diet bisa membantu mengurangi rasa lapar tanpa harus menumpuk kalori. Sayangnya banyak orang enggan mengonsumsi camilan yang sehat karena harganya dikenal lebih mahal dari camilan biasa. Padahal ada beberapa jenis camilan yang sehat sekaligus tetap murah meriah dan cara mendapatkannya pun tidak sulit. Inilah daftar camilan yang sehat dan cocok untuk diet tanpa harus menguras kantong.

1. Buah-buahan

Buah juga bisa jadi cemilan sehat murah loh

Buah selalu menjadi daftar cemilan sehat yang pertama kali disarankan untuk menyukseskan program diet. Buah memiliki kandungan berbagai macam vitamin yang bagus untuk kesehatan namun tidak menyebabkan penumpukan kalori. Selain itu, buah-buahan juga cukup efektif untuk membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Ada banyak jenis buah-buahan murah yang bisa jadi camilan saat diet. Buah seperti pisang, jeruk, pepaya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal dan bisa didapat di pasar tradisional hingga supermarket.

2. Edamame

Cemilan sehat murah kacang edamame

Edamame merupakan kacang kedelai dari Jepang yang sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Kacang kedelai hijau ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mencegah diabetes, mencegah penyakit jantung hingga efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Edamame rebus bisa menjadi menu camilan harian bagi pelaku diet. Jika tidak suka rasanya hambar, tambahkan garam secukupnya dan jangan sampai berlebihan. Makanan ini bisa didapat hanya dengan harga puluhan ribu rupiah di pasar atau supermarket.

3. Dark Chocolate

Makan coklat sebagai cemilan sehat murah

Cokelat menjadi makanan favorit hampir semua usia karena rasanya yang manis dan legit. Di sisi lain, cokelat dengan tambahan susu dan pemanis justru bisa membuat berat badan cepat naik. Sebagai solusinya, pelaku diet tetap bisa mengonsumsi cokelat dari jenis yang lain yaitu dark chocolate. Rasanya memang tidak semanis cokelat pada umumnya, namun dark chocolate bagus dijadikan cemilan sehat sehari-hari. Makanan ringan ini bisa dibeli di supermarket dengan harga yang terjangkau, namun pastikan komposisinya benar-benar bebas gula atau bahan pemanis lainnya.

4. Kurma

Kurma yang selalu identik dengan menu berbuka ketika bulan Ramadan ternyata juga menjadi camilan pilihan yang bagus untuk diet. Dalam satu butir kurma terdapat berbagai zat dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Kandungan itu berguna mengatasi wasir, mencegah kanker usus, meningkatkan energi dalam tubuh hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kurma dikenal dalam banyak jenis yang masing-masing memiliki harga berbeda. Di luar bulan Ramadan, kurma tetap mudah ditemukan di supermarket atau kios buah.

Baca Juga: 9 Cara Diet Sehat dan Aman Tanpa Bahayakan Tubuh

5. Yogurt

Ingin lebih lama merasa kenyang saat menjalankan diet? Yogurt bisa menjadi pilihan makanan selingan di tengah-tengah waktu makan utama. Kombinasikan yogurt tawar dengan berbagai buah sebagai topping untuk menghasilkan cemilan sehat sekaligus lezat. Manfaat utama dari yogurt adalah melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari bakteri jahat. Manfaat itu sangat menunjang program diet dan berpeluang besar menurunkan berat badan secara signifikan. Yogurt baik dikonsumsi setiap hari untuk melancarkan buang air besar dan mencegah perut buncit.

6. Ubi

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi, sehingga cocok dijadikan camilan sebelum waktu makan. Kandungan vitamin A, B dan C dalam makanan ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ubi sebaiknya dimasak dengan cara direbus agar tidak mendapatkan bahan tambahan lainnya. Jika ingin yang lebih kaya rasa, pilih jenis ubi yang manis. Dengan belasan ribu rupiah saja, satu kilogram ubi siap dibawa pulang sebagai bahan makanan sehat dan mengenyangkan.

Cemilan sehat menjadi makanan selingan yang penting selama menjalankan program diet. Fungsinya tidak hanya menunda lapar, tapi kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya juga harus menyehatkan tubuh. Ditambah dengan harganya yang murah dan bisa ditemukan di mana saja membuat diet tidak lagi susah payah dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here