29 November , 2022
Image default
Hidup Sehat

Kenali & Nikmati Manfaat Air Kelapa Hijau


Kita sering mendengar mengenai Manfaat Air Kelapa Hijau untuk obat atau kesehatan. Lalu apa yang membedakan kelapa hijau dengan kelapa yang lain? Kelapa hijau adalah varietas yang sama dengan kelapa coklat dan berbulu yang mungkin lebih Anda kenal. Keduanya berasal dari pohon kelapa (Cocos nucifera). Perbedaannya terletak pada umur kelapa. Kelapa hijau masih muda dan belum matang sempurna, sedangkan kelapa coklat sudah matang sempurna.

Kelapa hijau memiliki daging yang jauh lebih sedikit daripada yang matang. Sebaliknya, mereka dihargai karena airnya yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat. Artikel ini mengulas kelapa hijau, termasuk manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan anda.

Tahap Pematangan Kelapa

Kelapa membutuhkan waktu sekitar 12 bulan untuk matang sepenuhnya. Namun, mereka bisa dimakan kapan saja setelah tujuh bulan. Kelapa diatas 7 bulan ini yag dinamakan kelapa hijau atau sering disebut degan. Daging kelapa hijau masih berkembang, sehingga sebagian besar mengandung air.

Selama proses pematangan, warna luar secara bertahap menjadi gelap kecoklatan. Bagian dalam juga melalui berubah. Pada enam bulan. Kelapa hijau cerah hanya mengandung air dan tidak mengandung lemak. Pada usia 8-10 bulan. Kelapa hijau memiliki lebih banyak bintik kuning atau coklat.  Lalu airnya menjadi lebih manis, dan bentuk daging seperti jeli, yang secara bertahap mengental dan mengeras.

Dari 11-12 bulan. Kelapa mulai berubah menjadi coklat, dan daging di dalamnya mengental, mengeras, dan mengembangkan kandungan lemaknya yang tinggi. Fase ini  kelapa sering dimanfaatkan sebagai olahan makanan seperti bahan santan dan lain sebagainya.

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Manfaat Air Kelapa Hijau

Baik air kelapa hijau maupun dagingnya menawarkan banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini bisa sangat berguna bagi tubuh kita terutama bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi. Berikut beberapa manfaat kelapa hijau.

Dikemas dengan nutrisi

Air dan daging kelapa hijau yang empuk seperti jeli selain enak dan segar juga dikemas dengan elektrolit dan zat gizi mikro yang pastinya dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menghindarkan kita terhadap hidrasi.

Saat kelapa matang dan berubah dari sebagian besar air menjadi sebagian besar daging, kandungan nutrisinya sangat berubah. Satu porsi kelapa seberat memiliki kandungan Kalori, Protein Kurang, Lemak, Karbohidrat, Serat, Mangan, Selenium, Magnesium, Fosfor, Setrika, Kalium, dan Natrium dan masih banyak lagi.

Dapat Mencegah Dehidrasi

Air kelapa memiliki komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan kehilangan cairan akibat aktifitas, olahraga dan diare ringan. Inilah salah satu manfaat air kelapa hijau yangsudah umum diketahui.

Sebuah penelitian pada delapan pria yang bersepeda dalam kondisi panas selama mereka dapat menentukan bahwa minum air kelapa memungkinkan para peserta untuk berolahraga lebih lama, mencapai detak jantung yang lebih tinggi, dan mengalami lebih sedikit dehidrasi, dibandingkan dengan minuman olahraga atau air putih.

Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan Jantung

Air kelapa dapat membantu memperbaiki sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Sindrom metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah, trigliserida, dan kadar kolesterol LDL (jahat), serta kolesterol HDL (baik) yang rendah dan lemak perut yang berlebihan.

Dalam studi tiga minggu pada tikus dengan sindrom metabolik yang disebabkan oleh diet tinggi fruktosa, minum air kelapa hijau meningkatkan tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kadar insulin. Tingkat aktivitas antioksidan yang lebih tinggi yang dapat melindungi terhadap kerusakan oksidatif pada pembuluh darah

Kaya akan antioksidan

Daging kelapa hijau dan airnya kaya akan senyawa fenolik, yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel Anda. Dalam penelitian tabung reaksi, air kelapa dari salah satu varietas paling umum dari sel kelapa melindungi dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh hidrogen peroksida.

Vitamin dan mikronutrien dalam kelapa, seperti seng, tembaga, mangan, dan selenium, juga membantu mendukung sistem pertahanan antioksidan alami tubuh Anda.

Air Kelapa

Minuman olahraga alami

Elektrolit alami air kelapa membuatnya sangat cocok untuk minuman olahraga alami. banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman kinerja yang lebih alami. Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat berfungsi sebaik minuman olahraga tradisional.

Air kelapa dapat membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan setelah berolah raga. Dengan meminum air kelapa akan memberi Anda energi yang cukup untuk latihan yang lama, sampai lebih dari 90 menit, bahkan membantu Anda rehidrasi sesudahnya.

Obat Kram dan Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa memiliki lebih dari 10 kali jumlah potasium dari kebanyakan minuman olahraga. Segelas air kelapa memiliki kandungan potasium sebanyak pisang. Kebanyakan orang Amerika tidak memenuhi rekomendasi harian untuk potasium. Pada 405 mg per cangkir, potasium dalam air kelapa dapat membantu Anda menangkal kram.

Selain itu kandungan kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat berolahraga. Karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

Pertumbuhan dan Relaksasi

Kalsium sangat penting untuk lebih dari sekedar tulang dan gigi yang kuat. Ini membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Saat Anda berolahraga, otot-otot Anda menarik tulang Anda dan memecahnya sedikit. Saat tubuh Anda pulih, tulang Anda menggunakan kalsium untuk menjadi lebih kuat dan diperbaiki.

Kandungan Magnesium didalamnya juga membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot untuk membantu kontraksi dan relaksasi. Ini juga membantu produksi energi dan mendukung fungsi organ. Latihan keras dapat membuat Anda kekurangan magnesium dan rentan terhadap kram, otot gelisah, dan kejang. Air kelapa bahkan mengandung lebih banyak kalsium dan magnesium daripada minuman olahraga atau jus buah lainnya

Antioksidan

Manfaat air kelapa hijau selain hidrasinya, adalah air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralisir stres oksidatif dan radikal bebas yang dihasilkan oleh olahraga. Carilah air kelapa segar untuk mendapatkan tingkat antioksidan tertinggi.

Air kelapa yang diproses dan dipasteurisasi panas memiliki lebih sedikit antioksidan, menurut sebuah penelitian baru-baru ini.,

Memperbaiki Jaringan yang Rusak

Kandungan pada air kelapa hijau yaitu Asam amino sangat penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan pembangun protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin dibandingkan susu sapi.

Ini adalah sumber utama arginin, asam amino yang membantu tubuh Anda merespons stres (seperti stres yang disebabkan oleh latihan yang sulit). Arginin juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Kelapa Hijau Untuk Ibu Hamil

Seperti yang diketahui saat masa kehamilan ibu hamil dan janin akan membutuhkan banyak nutrisi dan cairan. Manfaat air kelapa hijau jika di konsumsi ibu hamil akan dapat menggantikan elektroklit yang hilang, selain itu rasa segar dan manis akan meredakan rasa mual dan muntah pada ibu hamil

Bahkan air kelapa hijau juga dapat mencegah infeksi yang dapat terjadi pada saluran kemih yang dapat memperlancar proses melahirkan. Selain itu beragam zat dan nutrisi dapat membantu tumbuh kembang janin jika dikonsumsi secara rutin.


Related posts

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Mental

Linda Arista

Rasakan Manfaat Jalan Pagi Secara Rutin

admin

Ketahui Alasan Menjaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

admin