Image default
Makanan

6 Menu Sarapan Sehat Biar Tubuh Tetap Fit Seharian

Menu sarapan sehat menjadi sumber energi agar bisa tetap semangat menjalani rutinitas harian. Saat sering melewatkan waktu sarapan tentu bisa menimbulkan masalah untuk kesehatan kalian di waktu yang akan datang. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk sarapan pagi dan mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Baca Juga: Konsumsi Menu Makanan Sehat dan Bergizi Ini, Untuk Tubuh yang Selalu Bugar

Dengan rutin sarapan kalian juga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit. Tak hanya itu, kebutuhan gizi dan energi tubuh untuk bekerja seharian penuh pun dapat terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi referensi untuk sarapan sehat kalian.

1. Telur

Telur menjadi menu sarapan sehat
Source: Haibunda.com

Telur mengandung protein yang sangat tinggi yang bisa membuat kalian tetap kenyang seharian. Gizi di dalam telur juga memiliki fungsi untuk menjaga massa otot kalian. Kuning telur juga mengandung vitamin B dan juga kolin yang sangat berperan dalam meningkatkan memori otak. Kalian bisa membuat telur dadar atau roti berisi telur mata sapi sebagai bekala sarapan sehat. Campurkan saos atau tomat agar telur lebih terasa gurih.

2. Kopi tanpa banyak gula

Satu gelas kopi tanpa banyak gula di pagi hari bisa bermanfaat untuk jantung dan kemampuan kognitif kalian. Kalian juga bisa berinovasi dengan mencampurkan kopi dengan bubuk kakao ataupun bubuk protein. Pastikan kalian tidak memakai banyak krimmer ataupun campuran yang mengandung banyak gula.

3. Teh

Tea menjadi menu sarapan sehat
Source: Liptont.com

Jika tak menyukai kopi maka seduhlah teh di pagi hari. Seperti halnya kopi, teh juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini akan membuat imun bekerja lebih optimal pada tubuh kalian. Saat ini sudah banyak varian rasa dari teh mulai dari the hijau, the hitam hingga the melati. Pilihlah jenis teh yang sesuai dengan selera kalian. Jangan lupa untuk menggunakan sedikit gula saja. Untuk menemani segelas teh kalian, lengkapilah sarapan kalian dengan roti dan kue-kue rendah gula dan rendah kalori lainnya.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Teh Hijau untuk Kehidupan yang Harus Anda Ketahui

4. Pisang

Pisang juga bisa menjadi menu sarapan sehat untuk kalian di pagi hari. Selain menyehatkan karena kaya akan serat alami, kalium dan vitamin C, buah pisang juga membuat perut cepat kenyang. Tak hanya dijadikan sebagai menu sarapan sehat, buah pisang juga sering dijadikan menu diet bagi para orang-orang yang mengidap obesitas. Selain pisang, kalian juga bisa berkreasi membuat roti panggang isian pisang yang diberi olesan selai kacang. Jika merasa bosan, blenderlah buah pisang bersama oatmeal dan juga susu krim. Selain bikin sehat dan kenyang, menu yang satu ini juga terasa lebih lezat dan menyegarkan. Kalian pun akan lebih semangat menjalani kesibukan selama seharian penuh.

5. Oatmeal

Menu sarapan sehat Outmeal
Source: CNNIndonesia.com

Adapun rekomendasi menu sarapan sehat selanjutnya ialah oatmeal. Oat yang berasal dari gandum utuh memang telah dipercaya sejak dulu untuk menurunkan berbagai resiko penyakit seperti hipertensi, diabetes dan juga kolesterol tinggi.  Kandungan lain yang terdapat di dalam oat meal yang dapat mencegah penyakit jantung ialah kandungan lignin dan zat kimia nabati.

Kandungan zat besi, magnesium, vitamin B kompleks dan juga serat membuat oatmeal sangat cocok dijadikan menu sarapan sehat. Nah, perlu diperhatikan juga bahwa beberapa jenis oatmeal yang beredar di pasaran juga mengandung gula dan sodium tinggi dan memiliki kandungan serat yang sangat rendah. Oleh sebab itu, perhatikanlah komposisi oatmeal yang akan kalian beli. Pilihlah oatmeal yang mengandung satu bahan utama saja yaitu biji gandum utuh. Agar oatmeal terasa lebih nikmat dan tidak hambar tambahkanlah susu skim ataupun buah-buahan segar di dalam semangkuk oatmeal. Jika tidak menyukai rasa manis dari buah-buahan yang ada pada oatmeal tambahkanlah taburan garam atau merica. Agar oatmeal juga lebih kaya rasa tambahkanlah telur mata sapi atau irisan buah alpukat.

6. Greek yogurt

Greek yogurt juga sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan sehat. Selain kaya akan protein, yogurt juga mengenyangkan. Upayakan untuk menggunakan greek yogurt tanpa pemanis tambahan. Untuk menikmati greek yogurt ini kalian bisa melahapnya langsung atau mencampurnya bersama buah-buahan ataupun kacang-kacangan.

Baca Juga: 12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Sarapan sehat adalah rutinitas yang seharusnya telah menjadi kebiasaan. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelakan rutinitas sarapan ini. Sarapan sehat tidak hanya sekedar memberi energi untuk tubuh tetapi juga untuk melindungi tubuh dari berbagai macam resiko penyakit.

Related posts

Jaga Kesehatan dengan Konsumsi 9 Makanan Tinggi Protein Ini

rumi

6 Daftar Menu Diet Sehat & Murah Bisa Jadi Acuan Kamu

rumi

Konsumsi Menu Makanan Sehat dan Bergizi Ini, Untuk Tubuh yang Selalu Bugar

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment