19 Juli , 2024
Hidup Sehat

Ketahui Alasan Menjaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini


Iklan Hosting

Kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab kesehatan reproduksi bisa membawa pengaruh pada banyak hal, khususnya bagi perempuan. Karena salah satu kodrat manusia adalah berkembang biak, yang mana hal tersebut sangat berkaitan dengan alat reproduksi.

Pada umumnya, kelompok yang dituntut untuk memahami kesehatan reproduksi adalah perempuan saja. Padahal memahami kesehatan reproduksi juga penting bagi kaum laki-laki. Secara umum, setiap orang harus bisa memahami kesehatan reproduksi untuk bisa menjaganya dengan baik.

Kesehatan Reproduksi adalah

Apa yang kamu pahami dari kesehatan reproduksi? Ada banyak sekali definisi mengenai kesehatan reproduksi. Menurut WHO, kesehatan reproduksi adalah kondisi sejahtera sepenuhnya dari segi fisik, mental, sosial, fungsi, dan proses yang berkaitan dengan sistem reproduksi. 

Masalah Kesehatan Reproduksi

Mengapa penting menjaga kesehatan reproduksi? Salah satu hal paling mengerikan jika tidak menjaga kesehatan reproduksi adalah kemungkinan untuk terserang berbagai jenis penyakit. Kelompok perempuan akan lebih rentan terkena penyakit, meskipun kaum laki-laki juga ada kemungkinan untuk terserang penyakit juga.

Beberapa hal yang akan terjadi akibat kurang menjaga kesehatan reproduksi adalah:

Kesuburanmu akan terganggu!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi
Ilustrasi | Foto: Freepik

Ketidaksuburan alias mandul bisa menyerang orang-orang yang kurang menjaga kesehatan reproduksi, lho! Kondisi ini cukup umum diperhatikan, sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh WHO ini. 

Kemandulan menyebabkan seseorang tidak akan bisa mendapatkan keturunan. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi pada dirimu dan orang-orang terdekatmu. Maka, sangat penting sekali untuk mebiasakan diri menjaga kesehatan reproduksi.

Resiko terkena penyakit menular seksual

Kurangnya edukasi terkait reproduksi bisa menimbulkan penyakit menular seksual, lho! Kok bisa? Aktivitas seks yang tidak aman akibat kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi adalah salah satu penyebabnya. 

Penyakit-penyakit menular tersebut contohnya gonore, sifilis, herpes, atau klamida. Orang-orang yang melakukan hubungan seksual dengan yang sudah terinfeksi berpotensi menderita beberapa penyakit tersebut. 

Lakukan ini untuk menjaga kesehatan reproduksimu!

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sebagai berikut:

Rawatlah kebersihan organ intim

Salah satu hal paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah dengan memelihara kebersihan alat kelamin. Sebab, alat kelamin yang kurang bersih bisa meningkatkan resiko terserang penyakit yang akan mengganggu kerja sistem reproduksi. 

Beberapa hal ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil, menjaga agar area kelamin tidak lembab, hindari penggunaan sabun wangi atau pewangi jenis lain untuk vagina, serta bagi para pria, pertimbangkan untuk melakukan sunat. 

Kamu perlu menjaga pola makan

Menjaga Pola Makan
Ilustrasi | Foto: Pixabay

Cara ini juga cukup penting untuk menyehatkan reproduksi. Mengkonsumsi makanan bergizi akan membantu menjaga kondisi kesehatan reproduksi. Selain itu, dengan konsumsi makanan sehat juga membantumu untuk mengurangi risiko terserang penyakit reproduksi. 

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan reproduksi adalah makanan yang banyak mengandung zat besi, protein, karbohidrat, serta multivitamin. Selain itu kamu perlu menghindari lemak dan mengkonsumsi susu murni.

Yuk, biasakan gaya hidup sehat!

Salah satu hal yang perlu ditinggalkan untuk memperhatikan bagian reproduksi adalah berhenti merokok dan stop mengkonsumsi alkohol. Dua hal tersebut akan mengganggu sistem reproduksi kamu.

Selain itu, olahraga yang teratur dapat membantu kamu untuk menjaga kebugaran tubuh yang akan berpengaruh pada kesehatan reproduksimu. Termasuk menjaga pola dan durasi tidur perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan diri dan reproduksi.

Jangan malu pergi ke dokter kandungan

Berkonsultasi dengan Dokter
Ilustrasi | Foto: Unsplash

Mengunjungi dokter kandungan bukan hanya untuk konsultasi kehamilan. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan para dokter tersebut sebagai usaha menjaga kondisi kesehatan reproduksimu.

Lakukanlah konsultasi rutin dengan dokter kandungan. Tanyakanlah hal-hal yang ingin kamu ketahui demi tentang kesehatan reproduksi. Biasanya, pemeriksaan organ reproduksi fokus pada hal-hal berkaitan dengan risiko infeksi hingga kemungkinan penyakit bawaan akibat keturunan dari orang tua.

Kesehatan reproduksi adalah pengetahuan yang perlu dipahami sejak dini. Sebaiknya Anda mengetahui apa saja kesehatan reproduksi akan lebih baik jika dimulai sejak sebelum menikah, bahkan sejak kecil. Maka, jangan ragu untuk berkonsultasi dan bertanya pada orang-orang dewasa. Termasuk, bukalah dialog dengan orang tua atau dokter untuk mendapat informasi dari mereka!

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin

Tantangan Kesehatan Masa Kini, Penyakit Semakin Tak Kenal Usia

admin

7 Aplikasi Keluarga Sehat Terbaik dan Paling Direkomendasikan

Risma Mualifa