13 April , 2024
Kesehatan

Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Agar Asi Cepat Keluar



Iklan Hosting

Para ibu yang baru saja selesai melahirkan memang kadang dihadapkan oleh rasa cemas ketika ASI tidak bisa keluar. Namun, pada dasarnya ada banyak cara untuk memperlancar ASI ini salah satunya ialah dengan mengkonsumsi makanan agar ASI cepat keluar.

Beberapa jenis makanan untuk memperlancar ASI ini tidak sulit untuk didapatkan. Cara mengolahnya pun cukup mudah. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan menyimak informasinya pada artikel yang satu ini.

Deretan Makanan Agar ASI Cepat Keluar

Buah Pepaya

Pepaya menjadi makanan agar asi cepat keluar

Kandungan vitamin A, C, mineral, kalium, asam folat hingga papain di dalam buah papaya memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Begitu halnya untuk memperlancar ASI para ibu. Hadirnya enzim papain pada buah papaya ini dipercata membantu memproduksi banyak ASI. Selain itu, papaya juga memiliki banyak cairan sehingga sangat baik untuk mencukupi cairan untuk menghasilkan banyak ASI.

Para ibu bisa mengkonsumsi pepaya ini secara langsung jika benar-benar telah matang atau bisa juga dijadikan sup jika masih dalam keadaan mengkal. Sejak dulu sudah banyak ibu melahirkan yang mengkonsumsi sup pepaya sebagai menu utama untuk memperlancar ASI mereka.

Buah Stroberi

Selain buah papaya para ibu juga bisa mengkonsumsi buah stroberi untuk memperlancar ASI mereka. Para ibu bisa mengkonsumsi buah stroberi ini dengan cara dijadikan cemilan atau mengolahnya menjadi salad.

Kandungan zat besi, vitamin C, kalium, kalsium hingga magnesium pada buah stroberi sangat diperlukan oleh para ibu yang sedang menyusui. Pasalnya, kandungan-kandungan di dalam stroberi ini akan sangat membantu perkembangan sang buah hati.

Daun Katuk Dikenal Sebagai Makanan Agar ASI Cepat Keluar

Daun Katuk memang dikenal sebagai makanan agar ASI cepat keluar

Daun katuk memang sudah lama dikenal sebagai makanan agar ASI cepat keluar. Kandungan protein tinggi di dalam daun katuk dipercaya ampuh memperbanyak volume ASI pada ibu. Menurut riset, ibu yang menyusui pada dasarnya membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak banyak dari biasanya. Oleh sebab itu, daun katuk menjadi salah satu pilihan menu makanan untuk memperlancar ASI karena mengandung kadar protein yang sangat tinggi.

Sup Daging Ayam Dan Ikan

Mengkonsumsi menu makanan yang mengandung banyak cairan seperti kuah-kuahan memang sangat baik untuk mencukupi asupan cairan para ibu yang menyusui. Adapun daging-dagingan seperti daging ayam, ikan dan sejenisnya tersebut juga berperan dalam menambah protein untuk tubuh. Biasanya, sup atau kuah-kuahan juga mengandung banyak campuran jenis sayuran sehingga dapat memberikan vitamin dan mineral pula untuk tubuh.

Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan yang baik untuk ASI Banyak

Ternyata, selain ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi, oatmeal juga berkhasiat untuk memperbanyak dan memperlancar ASI. Menurut penelitian, seorang ibu yang rutin mengkonsumsi oatmeal pada umumnya akan merasa relaks dan memicu hadirnya hormone oxytocin. Hormon inilah yang mempengaruhi jumlah produksi ASI pada ibu.

Sayur Bayam sebagai Makanan Agar ASI Cepat Keluar

Sayur bayam yang mengandung banyak vitamin ini juga sudah cukup lama dikenal sebagai jenis sayuran yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Kandungan vitamin B6 pada sayur bayam juga sangat bagus untuk meningkatkan imun pada bayi.

Beberapa kandungan lain pada bayam yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh di antaranya seperti vitamin A, C, E, K, protein, mineral, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor hingga kalium. Kehadiran enzim phytoestrogens pada bayam juga dipercaya ampuh untuk menghasilkan ASI dalam jumlah yang lebih banyak. Biar lebih maksimal, cobalah mengkonsumsi berbagai jenis sayuran lainnya.

Wortel

Wortel

Kandungan vitamin A, beta karoten, serta enzim phytoestrogens di dalam wortel memang sangat membantu memperbanyak volume ASI. Para ibu bisa meminum segelas jus wortel sebelum makan siang setiap harinya untuk menambah produksi volume ASI di sore harinya.

Air

Selain makanan, para ibu juga wajib memenuhi asupan cairan di dalam tubuh mereka. Cairan tubuh yang kurang tentu akan menghambat produksi jumlah ASI. Oleh sebab itu, lengkapilah kebutuhan cairan dengan rutin meminum sekitar 10 hingga 12 gelas air putih setiap harinya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang sudah dikenal sebagai makanan yang akan zat besi, mineral, protein, serta vitamin. Kandungan-kandungan di dalam kacang-kacangan ini juga telah terbukti berkhasiat dalam meningkatkan produksi ASI. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan dan mempercepat keluarnya ASI maka cobalah untuk rutin mengkonsumsi kacang-kacangan.

Baca Juga : Bolehkah ibu hamil minum yakult 

Demikianlah rekomendasi makanan agar ASI cepat keluar. Selain makanan, masih ada banyak suplemen yang bisa Anda dapatkan di beberapa apotik agar ASI Cepat keluar.

Semoga informasi di dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk para ibu yang telah melahirkan atau yang sedang menyusui saat ini.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Optimalkan Janin Dengan 6 Cara Hamil Sehat

admin

6 Cemilan Sehat Murah Meriah, Cocok untuk Diet Tanpa Harus Boros

Risma Mualifa

10 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

admin