Home Hidup Sehat 12 Tips Diet Sehat Aman Tanpa Menyiksa Diri

12 Tips Diet Sehat Aman Tanpa Menyiksa Diri

0
12 Tips Diet Sehat Aman Tanpa Menyiksa Diri
Source: Pexels.com

Diet saat ini bukan lagi milik para kaum hawa. Kaum pria pun sudah banyak yang memulai gaya hidup sehat lewat diet. Tentu bagi kaum pria maupun wanita memiliki tubuh ideal adalah sebuah impian yang harus diperjuangkan. Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang rela mati-matian melakukan diet bertahun-tahun untuk mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan. Sayangnya, banyak di antara mereka yang tidak paham tentang aturan diet sehat yang aman dan tidak membahayakan tubuh. Bagaimana tips diet sehat yang bisa dilakukan?

Ketika melihat orang-orang di sekeliling kita memiliki bentuk badan yang proporsional kadang mendatangkan rasa insecure. Pada akhirnya, membuat kita minder untuk bergaul dengan lingkungan sosial.

Baca Juga: 6 Daftar Menu Diet Sehat & Murah Bisa Jadi Acuan Kamu

Beberapa orang bahkan menyiksa diri mereka untuk tidak makan dan minum apapun selama satu hari. Tak hanya itu,  banyak dari mereka juga masih mengkonsumsi obat-obatan diet berbahan kimia yang tidak teruji secara klinis. Tentu, diet semacam ini hanya akan menimbulkan efek samping bagi organ tubuh yang lain terutama untuk ginjal.

Pada dasarnya, diet tidak dilakukan dengan cara menyiksa tubuh. Anda tidak harus menghilangkan porsi makan secara drastis, berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, atau yang lebih parah ialah menghilangkan jadwal makan rutin yang seharusnya.

Nah, untuk menjalankan diet sehat yang aman untuk tubuh tidaklah rumit dan penuh beban. Beberapa tips yang bisa menjadi panduan untuk menjalankan diet sehat berikut ini mungkin bisa kalian coba. Untuk lebih jelasnya silahkan menyimak ulasannya di bawah ini.

Tips Diet Sehat

Jangan Lupa Mengkonsumsi Serat

"<yoastmark

Serat termasuk salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk kesehatan organ-organ di dalam tubuh, serat juga berfungsi dalam menurunkan berat badan. Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi bisa kalian temukan di makanan seperti buah, sayur serta kacang-kacangan. Tak hanya itu, serat juga sangat membantu kalian yang mengalami masalah buang air besar. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi maka kalian pun bisa dengan mudah buang air besar secara teratur.

Mengkonsumsi Banyak Sayur

Mengkonsumsi banyak sayur juga menjadi bagian penting dalam proses diet sehat. Dengan mengkonsumsi sayur maka kalian akan merasa lebih kenyang sehingga tidak akan menambah porsi makan lagi.

Hindari Diet Instan

Diet instan tentu sangat membahayakan tubuh. Walaupun memberikan efek yang memang cepat akan tetapi tetap saja pola diet yang seperti ini tidak dianjurkan. Orang-orang yang melakukan diet instan ini biasanya mengandalkan berbagai jenis obat-obatan kimia berbahaya. Akan lebih baik untuk menjalankan diet secara aman dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak jelas asal usulnya tersebut.

Baca Juga: 12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Kurangi Mengkonsumsi Karbohidrat Olahan

Yang dimaksud dengan karbohidrat olahan ialah jenis karbohidrat yang telah diolah sedemikian rupa sehingga membuat makanan tersebut kehilangan nutrisinya. Biasanya makanan karbohidrat olahan ini terdapat pada pasta, tepung dan juga roti tawar. Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, kalian bisa beralih ke karbohidrat kompleks seperti kentang, wortel ataupun gandum.

Jangan Membuat Tubuh Kelaparan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika membuat tubuh kelaparan hanya akan menimbulkan penyakit. Bahkan dengan membuat tubuh menjadi lapar hanya akan membuat kalian mengkonsumsi banyak makanan dengan kandungan yang tidak cocok untuk diet. Hal ini terjadi karena setelah perut kosong, nafsu makan pun semakin buas sehingga berbagai jenis makanan pun akan  tetap dikonsumsi.

Beberapa orang yang melakukan cara diet seperti justru hanya berakhir dengan kegagalan. Pada akhirnya mereka akan membabi buta semua makanan yang ada di hadapan mereka. Akibatnya, perut pun kembali buncit, diet sehat pun tak akan pernah terwujud.

Salah satu tips untuk mencegah nafsu makan yang terlalu tinggi ini ialah dengan menyediakan bekal makanan sehat di tas kalian. Sesuai namanya bekal makanan sehat maka isi makanan tersebut pun haruslah bergizi. Beberapa makanan yang bisa kalian jadikan bekal makanan sehat seperti telur rebus, pisang, yoghurt dan jenis sayur-sayuran kaya nutrisi lainnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih sebelum makan juga akan membuat tubuh lebih cepat kenyang. Dengan demikian, kalian pun akan terhindar dari berbagai jenis makanan berat yang berkalori tinggi. Dengan minum banyak air putih maka tubuh pun akan selalu terhidrasi. Seperti yang telah diketahui jika air putih memang berperan penting untuk kesehatan tubuh manusia yang selalu membutuhkan air.

Bagi kalian yang malas untuk meminum air putih, cobalah untuk melatih diri kalian untuk meminum air putih sebanyak 2 liter sehari. Cobalah untuk rutin membawa botol minum atau tumbler saat bepergian atau bekerja. Dengan demikian, kalian akan merasa kenyang lebih lama dan kebutuhan air di dalam tubuh pun bisa terpenuhi.

Kurangi Makanan dan Minuman Manis

"<yoastmark

Pada dasarnya, tubuh juga membutuhkan gula lewat makanan atau minuman yang manis-manis. Namun, terlalu banyak gula pada tubuh juga berbahaya. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula ini sebenarnya tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini justru akan memicu naiknya berat badan. Oleh sebab itu, sebelum memilih makanan atau minuman ada baiknya kalian cek dulu kadar gula di dalamnya.

Sarapan Tinggi Protein

Bagi kalian yang suka sarapan dengan mengkonsumsi sereal ataupun roti, sebaiknya mengganti makanan menu sarapan kalian menjadi susu dan telur. Menurut para ahli, mengkonsumsi protein di pagi hari justru membuat tubuh kenyang lebih lama sehingga kalian pun akan terhindar dari ngemil yang berlebihan.

Melakukan Olahraga Ringan yang Rutin

Melakukan Olahraga Kecil
Source: Cnet.com

Proses menurunkan berat badan juga harus sebanding dengan olahraga rutin setiap harinya. Dengan demikian diet pun menjadi lebih maksimal. Kalian bisa melakukan aktifitas olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Mengkonsumsi Lemak Sehat

Lemak bukanlah musuh bagi tubuh. Pada dasarnya, tubuh tetap membutuhkan lemak, akan tetapi lemak yang dimaksud ialah lemak yang sehat. Lemak sehat ini berperan penting dalam proses diet. Lemak sehat ini biasanya terdapat pada buah alpukat maupun kacang-kacangan.

Hindarilah Minuman Beralkohol

Seperti yang telah diketahui jika mengkonsumsi alkohol hanya akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Kandungan kalori yang tinggi akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Berbagai organ dalam tubuh pun bisa menjadi tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh kandungan alkohol yang akan terus membuat tubuh mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, demi tubuh yang ideal dan sehat hindarilah meminum minuman beralkohol.

Baca Juga: Ini Dia 6 Langkah Tepat Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Hidup Lebih Baik

Mengunyah Makanan Dengan Benar

Tips terakhir dan sering terlupakan ialah mengunyah makanan dengan benar. Saat kalian makan, cobalah untuk mengunyah makanan dengan benar. Jika kalian makan dengan terburu-buru maka perut pun akan susah mengirimkan sinyal kenyang kepada otak. Oleh sebab itu, makanlah dengan secara perlahan agar kalian bisa menjadi kenyang lebih cepat serta tidak akan makan secara berlebihan. Kalian juga bisa mengatur durasi makan untuk memberi jeda waktu yang cukup kepada otak dalam menerima sinyal kenyang tersebut.

Melakukan diet sehat memang bukan hal mudah. Banyak orang yang ingin melakukannya dengan instan tanpa memikirkan konsekuensi yang dilakukan. Mungkin tips diet sehat dari Healthitshow bisa membantu Anda untuk melakukan diet sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here