30 November , 2022
Image default
Hidup Sehat

Ketahui Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan


Berbagai macam manfaat madu hitam bagi kesehatan memang telah teruji secara klinis. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kandungan senyawa di dalam madu hitam ini sangat berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit.

Madu hitam ini sendiri merupakan jenis madu yang memiliki warna yang berbeda dari madu biasanya. Madu hitam atau bitter black honey ini juga identik dengan warnanya yang sangat hitam pekat. Rasa dari madu hitam ini juga sangat pahit, oleh sebab itu banyak yang menyebutnya sebagai madu hitam pahit.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Pada dasarnya setiap jenis madu memiliki rasa yang berbeda-beda. Semuanya tergantung dari jenis tanaman yang diserap oleh lebah. Karena madu hitam berasal dari madu liar yang diambil dari sari pohon Mahoni maka rasa dari madu hitam ini pun cukup pekat. Namun, meskipun terkenal dengan rasanya yang cukup pahit, madu hitam ini telah digunakan dalam berbagai jenis pengobatan. Lalu, seperti apa manfaat dari madu hitam ini bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Manfaat Madu Hitam

Menurunkan Gula Darah

Manfaatmadu hitam untuk menurunkan kadar gula darah
Source: Insider.com

Madu hitam terkenal ampuh dalam menurunkan gula darah. Oleh sebab itu, madu hitam ini sangat cocok diberikan kepada para penderita diabetes. Adapun kandungan gula di dalam madu hitam ini diklaim lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis madu lainnya sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula pada darah.

Menurunkan Kolesterol

Selain menurunkan gula darah, madu hitam juga berkhasiat dalam menurunkan kolesterol. Kolesterol jahat pada tubuh memang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya seperti jantung dan stroke. Mengkonsumsi madu hitam secara rutin dipercaya mampu menetralkan kolesterol dalam tubuh sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis ancaman penyakit lainnya.


Menurunkan Kadar Asam Urat

Manfaat madu hitam selanjutnya ialah bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat. Bagi penderita radang persendian ataupun yang sedang mengalami gejala-gejala nyeri sendi maka ada baiknya untuk segera mengkonsumsi madu hitam ini. Dengan mengkonsumsi madu hitam ini setiap harinya  maka kadar asam urat di dalam tubuh dapat menjadi normal.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan memang menjadi masalah pada hampir semua orang. Baik itu anak-anak maupun orang tua, semuanya rentang mengalami gangguan pencernaan ini. Madu hitam ini sendiri memiliki senyawa yang berkhasiat untuk menetralkan asam lambung sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi para penyuka makanan pedas maupun asam.

Tak hanya itu saja, para pengidap penyakit lambung juga sering menunjukkan gejala nyeri pada ulu hati, kembung, mual hingga muntah. Jika hal ini terus terjadi maka berbagai penyakit komplikasi lainnya akan bisa saja muncul. Penyakit lambung yang sudah cukup parah bisa mengakibatkan luka serius pada lambung.

Oleh sebab itu untuk mengobati dan mengurangi rasa sakit pada lambung ini dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi madu hitam setiap harinya. Madu hitam ini akan membantu lambung untuk terhindar dari infeksi bakteri Helicobacter Pylori. Kemudian, beberapa masalah pencernaan lainnya yang mampu diatasi oleh madu hitam ini ialah seperti tukak lambung, grasitis dan lain-lainnya.


Mengatasi Gangguan Pernapasan

Madu hitam juga dipercaya ampuh dalam mengatasi gangguan pernapasan. Sifat antiinflamasi di dalam madu hitam ini mampu mengatasi terjadinya radang pada tenggorokan. Tak hanya itu saja, madu hitam juga berkhasiat dalam membersihkan paru-paru yang kotor akibat pathogen.

Jika rutin mengkonsumsi madu hitam ini setiap harinya maka saluran pernapasan pada tubuh akan menjadi lebih segar dan fit. Para penderita asma sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu hitam ini secara rutin.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat Madu hitam mampu meningkatkan stamina
Source: emedihealth.com

Bagi para pekerja ataupun buruh, tentu sangat perlu menjaga stamina tubuh mereka dalam melakukan beragam aktifitasnya. Madu hitam adalah salah satu jenis ramuan alami yang bisa menambah daya stamina tubuh agar tetap fit seharian. Dengan mengkonsumsi madu setiap harinya maka tubuh pun akan jauh lebih bertenaga mengerjakan berbagai jenis aktifitas.

Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Hati

Jangan menyepelekan organ ginjal dan hati pada tubuh. Jika ginjal dan hati mengalami gangguan maka seluruh organ pada tubuh akan terkena imbasnya. Untuk membantu menjaga sekaligus meningkatkan fungsi ginjal dan hati dalam tubuh maka rutinlah mengkonsumsi madu hitam setiap harinya.


Menjadi Sumber Antioksidan

Madu hitam juga sudah dikenal dengan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan madu jenis pada umumnya. Kandungan antioksidan yang tinggi ini membuat madu hitam mampu menangkal berbagai jenis radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh manusia. Tak hanya itu saja, antioksidan ini juga dipercaya mampu mencegah munculnya penyakit kanker.

Adanya kandungan senyawa asam fenolat pada madu hitam ini juga turut mencegah terjadinya aktifitas radikal bebas pada tubuh. Menurut penelitian para ahli, asam fenolat yang sangat tinggi ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia sehingga mampu mencegah terjadinya pembentukan sel-sel kanker, terjadinya peradangan hingga penyempitan pembuluh darah.

Selain senyawa asam fenolat, madu hitam juga memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berperan dalam mencegah munculnya penyakit jantung, stroke hingga penyakit diabetes.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kehadiran sifat antiinflamasi pada madu hitam ini juga sangat berperan dalam meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia. Senyawa femolat di dalam madu hitam menjadi antioksidan yang sangat membantu mengobati berbagai penyakit. Tubuh yang memiliki sistem imun yang baik tentu akan mendukung stamina tubuh untuk bisa bergerak dan beraktifitas seharian.


Menjaga Kesehatan Kulit

Kabar baik untuk para wanita yang gemar melakukan perawatan kulit. Ya, madu hitam juga dipercaya mampu mengencangkan sekaligus merawat kesehatan kulit. Kandungan alami pada madu hitam sangat berkhasiat untuk mempercantik kulit tubuh. Madu hitam ini bisa digunakan sebagai masker untuk merawat kulit wajah. Sifat antiinflamasi pada madu hitam dipercaya ampuh menyembuhkan jerawat serta menyamarkan noda hitam di wajah.

Obat Alergi dan Melancarkan Darah ke Otak

Alergi berupa rhinitis, eksem, atopic dan jenis alergi lainnya juga dapat diobati dengan menggunakan madu hitam ini. Selain mengobati alergi, madu hitam yang memiliki senyawa antioksidan ini juga berperan dalam pembentukan regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Tak sampai di situ saja, kehadiran senyawa flavonoid di dalam madu hitam juga dipercaya mengatasi masalah aliran darah ke otak.


Mampu Menurunkan Berat Badan

Madu Hitam Mampu Menurunkan Berat Badan
Source: Theonion.com

Kandungan senyawa flavonoid ini ternyata tak hanya mampu mencegah munculnya peradangan tetapi juga berperan dalam menurunkan berat badan. Flavonoid ini memiliki peran penting dalam mengontrol nafsu makan pada tubuh sehingga tubuh pun bisa terhindar dari yang namanya obesitas. Secara tidak langsung, kandungan senyawa aktif pada madu hitam ini juga membantu tubuh untuk terhindar dari resiko penyakit lainnya seperti diabetes, jantung maupun tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Ini cara membedakan obat herbal asli dan palsu

Nah, demikianlah ulasan tentang manfaat madu hitam bagi kesehatan tubuh ini. Semoga informasi di dalam artikel ini bisa menjadi referensi yang akurat kepada siapapun yang membutuhkannya.


Related posts

Menu Dan Waktu Makan Sehat Untuk Diet

admin

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin

Bagaimana Menerapkan Gaya Hidup Sehat dan Bersih

admin