13 April , 2024
Hidup Sehat

Ini Dia 6 Langkah Tepat Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Hidup Lebih Baik



Iklan Hosting

Pola hidup sehat merupakan cara kita menjalani hidup untuk menurunkan risiko penyakit ataupun kematian di usia muda. Walaupun memang tidak seluruh penyakit dapat dicegah dengan cara ini, namun sebagian penyakit berat dan penyebab kematian, bisa dihindari bila kamu menerapkan gaya hidup sehat.

Manfaat pola hidup sehat bukan hanya berhubungan dengan kesehatan fisik semata, tapi juga mental. Selama tubuh sehat, kamu akan lebih mudah melakukan segala hal yang kamu sukai, melakukan pekerjaan yang memberikan penghasilan untuk kesejahteraan hidup, berkumpul dengan teman dan keluarga, serta segala hal yang membahagiakan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Keluarga Sehat Terbaik dan Paling Direkomendasikan

Kalau kamu masih ragu dan bertanya-tanya, kapan harus memulai gaya hidup sehat ini, kamu bisa memulainya dari sekarang, untuk hidup bahagia, sehat dan sejahtera ke depannya. Nah, ini dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih makanan dengan bijak

Pola Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Penting bagi kita untuk memperhatikan apa yang kita konsumsi setiap harinya. Ini karena makanan yang kamu konsumsi akan memengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi sudah memenuhi gizi yang seimbang, seperti mencukupi karbohidrat, serat, protein dan juga lemak baik. Kamu bisa mencari beragam jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizimu.

Selain itu, perhatikan cara pengolahan makanan yang akan kamu konsumsi. Hindari terlalu sering makan makanan yang digoreng. Untuk lebih sehatnya, kamu bisa mencoba mengolah makanan dengan merebus, kukus ataupun tumis, Serta pastikan porsi makanan yang kamu konsumsi tidak berlebihan, untuk mencegah kegemukan dan rentannya penyakit kronis.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur bisa membantu membangun pola hidup sehat

Langkah untuk menjalankan gaya hidup sehat selanjutnya adalah dengan berolahraga teratur. Dengan kebiasaan baik ini, kamu akan meningkatkan kekuatan otot, perkuat daya tahan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung. Rutin berolahraga juga akan membantu mengantarkan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh serta memperlancar sistem peredaran darah. Kamu pun akan jadi lebih banyak energi untuk beraktivitas.

Setidaknya, lakukan olahraga 150 menit setiap minggunya. Ini bisa kamu bagi dalam 3-5 hari, sesuai dengan kemampuanmu. Bahkan, kamu juga bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan kaki ataupun hanya sekedar menaiki dan turun tangga.

3. Perbaiki waktu tidur

Tidur sebagai salah satu cara pola hidup sehat

Nah, sudahkan waktu tidurmu sesuai dan berkualitas? Ini adalah hal penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Kurangnya waktu tidur berkualitas akan berkaitan dengan masalah kesehatan. Bukan hanya menyebabkan rasa lelah bagi tubuh, tapi juga akan membuat mood jadi berantakan, seperti jadi mudah tersinggung dan murung.

Kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit kornis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, dan menurunkan harapan hidup. Sebaiknya, pastikan kamu punya jadwal tidur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Orang dewasa umumnya butuh waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap malam. Tapi setiap orang tentu punya kebutuhan yang berbeda-beda. Selain itu, kurangi asupan kafein, khususnya saat menjelang tidur.

4. Kelola stres dengan baik

Menjaga kesehatan mental juga sama baiknya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang buruk akan berkaitan dengan kesehatan fisik yang tidak baik. Bahkan, orang yang tidak dapat mengelola stres dengan baik, berkemungkinan tinggi mengalami risiko penyakit jantung.

Kamu bisa mengelola stres dengan berolahraga. Cara ini akan membantu merangsang produksi endorphin yang merupakan bahan kimia otak yang memberikan perasaan lebih bahagia dan tenang. Selain olahraga, kamu juga bisa mengelola stres dengan bersosialisasi. Ini akan membantu rasa kesepian yang umumnya menyebabkan stres.

5. Konsumsi air putih yang cukup

Setiap harinya, cairan tubuh akan terus berkurang melalui keringat, urin dan setiap kali kita bernapas. Itulah kenapa, penting bagi kamu untuk memastikan kalau kebutuhan cairanmu terpenuhi. Ini bukan hanya akan menghindarkan dari terjadinya dehidrasi, namun juga akan membantu menjaga fungsi otak tetap baik, konsentrasi terjaga dan suasana hati pun bisa lebih positif.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Pola Hidup Keluarga Sehat Sejak Dini

Kamu bisa memulai kebiasaan ini dengan membawa botol minum sendiri setiap kali bepergian. Jangan lupa masukkan ke dalam tas untuk kamu bawa kemana-mana. Kamu juga bisa menyiapkan air minum di meja kerja dan kamar tidur.

6. Hindari kebiasaan buruk

Terlalu banyak konsumsi gula dan junk food, serta merokok adalah kebiasaan buruk yang seharusnya kamu tinggalkan. Kebiasaan ini akan membuatmu jauh dari pola hidup sehat.

Pastikan, asupan gula tidak berlebihan, seperti mengurangi camilan tidak sehat, ataupun gula tambahan dalam makanan dan minuman, untuk mengurangi kemungkinan penyakit diabetes. Begitupun dengan junk food. Makanan ini akan memicu peningkatan lemak jahat dalam tubuh yang memicu penyakit jantung. Sedangkan merokok, menurut ahli, ini adalah salah satu pemicu besar munculnya beragam penyakit serta penyebab kematian.

Nah, contoh pola hidup sehat inilah yang harus kamu lakukan bila ingin menerapkan pola hidup sehat untuk hidup yang lebih baik. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari beragam penyakit berbahaya yang dapat mengancam harapan hidup.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Patut Dicontoh, Inilah 6 Tips Gaya Hidup Sehat Rasul

Risma Mualifa

Kenali Titik Refleksi di Tangan Untuk Self Healing

admin

Pentingnya Makan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tubuh

admin