13 April , 2024
Hidup Sehat

Apa Itu Kanker Prostat ? Simak Disini



Iklan Hosting

Apa Anda pernah mendengar tentang apa itu kanker prostat? Penyakit yang satu ini memang agak kurang familiar bagi banyak orang karena termasuk jenis penyakit yang kebanyakan menyerang kaum pria saja.

Pada dasarnya, kelenjar prostat yang dimiliki oleh kaum pria ini terletak di bagian bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra atau saluran kencing. Saat mengalami gejala kanker prostat maka sel kanker akan muncul pertama kali di sel-sel bagian luar kelenjar prostat.

Selanjutnya, sel-sel kanker akan mulai menjalar ke bagian tubuh lainnya. Beberapa kasus memang menunjukkan potensi pertumbuhan sel kanker yang lambat dan tidak akan menyebar ke seluruh tubuh, akan tetapi Anda tetap patut waspada terhadap penyakit ini.

Jika berhasil mendeteksi secepat mungkin gejala dari kanker prostat ini maka segeralah melakukan pengobatan medis. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang seluk beluk kanker prostat dan cara mengobatinya maka silahkan menyimak ulasan yang satu ini.

Jenis-Jenis Kanker Prostat

Apa itu kanker prostat

1. Adenokarsinoma asinar

Jenis kanker prostat yang pertama yaitu Adenokarsinoma asinar, merupakan sel kanker yang berkembang di sel-sel kelenjar yang melapisi prostat. Sel kanker yang satu ini termasuk jenis kanker yang paling banyak ditemui pada pasien.

2. Adenokarsinoma duktal

Selanjutnya ada pula Adenokarsinoma ductal yang merupakan sel-sel kanker yang melapisi saluran kelenjar prostat. Jika dibandingkan sel kanker Adenokarsinoma asinar, tipe ini memiliki perkembangan penyebaran yang terbilang sangat cepat.

3. Sel kanker transisional (urotelial)

Jenis sel kanker yang satu ini berkembang di sel-sel yang berada di lapisan saluran kencing atau uretra. Pada umumnya, sel kanker transisional ini muncul di kandung kemih lalu kemudian menyebar hingga ke bagian prostat.

4. Sel kanker skuamosa

Tipe sel kanker skuamosa termasuk jenis kanker yang berkembang di sel-sel pipih yang melapisi prostat. Sel kanker skuamosa juga memiliki penyebaran yang terbilang sangat cepat.

5. Sel kanker prostat kecil

Jenis yang kelima adalah jenis kanker neuroendokrin. Pada umumnya sel kanker ini berkembang di sel-sel kecil pada prostat.

Selain kelima jenis kanker yang disebutkan di atas, pada umumnya terdapat dua jenis sel kanker yang juga sering ditemukan pada kelenjar prostat yaitu karsinoid dan Sarkoma.

Tanda-Tanda dan Gejala Kanker Prostat

Setelah mengetahui apa itu kanker prostat dan jenis-jenisnya, selanjutnya mari membahas tentang tanda-tanda dan gejala pada kanker prostat. Adapun gejala umum yang sering muncul pada pasien pengidap kanker prostat ialah sebagai berikut:

  • Terlalu sering buang air kecil
  • Sering terbangun di malam hari untuk kencing
  • Susah untuk buang air kecil
  • Saat buang air kecil sering tidak tuntas sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama saat berada di kamar kecil
  • Mengalami kebocoran urine
  • Terdapatnya darah atau sperma pada urine
  • Terdapat masalah pada ereksi

Jika Anda mengalami gejala atau tanda-tanda seperti yang telah disebutkan di atas maka segerlah mengunjungi dokter terdekat untuk melakukan konsultasi.

Faktor Penyebab Penyakit Kanker Prostat

Meskipun kanker prostat menyerang kebanyakan pria yang sudah tidak muda lagi, akan tetapi tidak memiliki faktor resiko usia tersebut bukan berarti Anda aman dari penyakit ini. Untuk lebih mewaspadai munculnya penyakit kanker prostat ini maka ada baiknya jika Anda memahami berbagai faktor resiko penyebabnya sedini mungkin. Adapun faktor pemicu munculnya kanker prostat ini ialah sebagai berikut:

  • Usia di atas 50 atau 60 tahun ke atas
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kanker prostat
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas
  • Terlalu sering mengkonsumsi daging merah serta makanan dan minuman dengan kalsium yang tinggi
  • Sering merokok
  • Menderita penyakit seksual yang menular
  • Mengalami kanker pada tubuh lainnya
  • Pernah menjalani operasi vase

Pengobatan Untuk Kanker Prostat

Pengobatan Kanker Prostat

Pengobatan untuk pasien kanker prostat pada dasarnya diberikan sesuai dengan tingkat keparahan yang dialami. Jika pasien mengidap kanker prostat dengan resiko rendah maka dokter hanya akan memberikan instruksi check up rutin seperti tes darah, tes rectum dan juga biopsi. Namun, jika sel kanker prostat terlah berkembang dengan sangat cepat hingga ke tingkat stadium tinggi maka pihak medis akan memberikan penanganan seperti berikut ini:

1. Operasi

Proses operasi ini dilakukan dengan cara mengangkat kelenjar prostat serta bagian jaringan-jaringannya yang ada di sekitar kelenjar prostat tersebut. Proses bedah ini disebut dengan tindakan prostatektomi radikal. Dalam penanganannya, tim medis bisa melakukan dua metode yaitu operasi retropublik dan operasi perineal.

2. Terapi radiasi (radioterapi)

Prosedur pengobatan selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan terapi untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi ini pada umumnya dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan radiasi dari luar tubuh dan juga radiasi dari dalam tubuh.

3. Terapi hormon

Selain terapi radiasi juga terdapat terapi hormon di mana prosedur ini dilakukan dengan tujuan menghentikan produksi hormon testosteron pada tubuh. Dengan begitu, produksi hormon dalam tubuh pun akan terhenti dan perkembangan sel-sel kanker pun bisa melambat dan juga mati.

4. Kemoterapi

Obat kemoterapi juga sering diberikan untuk membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Biasanya obat ini digunakan dengan cara diminum dan ada pula yang disuntikkan. Kebanyakan pasien yang menjalankan kemoterapi ialah pasien dengan kasus kanker tingkat stadium akhir.

5. Imunoterapi

Untuk menjaga kondisi imun tubuh, dokter juga merekomendasikan untuk melakukan immunoterapi. Salah satu jenis imunoterapi yang sering diberikan kepada pasien kanker prostat ialah sipuleucel-T (Provenge).

6. Cryotherapy

Jenis pengobatan terakhir ialah cryotheraphy yang dilakukan dengan menggunakan suhu yang sangat dingin. Pengobatan ini bertujuan untuk membekukan sel kanker serta sebagian besar kelenjar prostat.

Pengobatan Kanker Prostat Di Rumah

Selain melakukan pengobatan langsung dari rumah sakit, Anda juga bisa melakukan pengobatan sekaligus pencegahan munculnya penyakit kanker prostat hanya dari rumah. Berikut adalah tips-tipsnya untuk Anda.

  • Selalu kontrol perkembangan sel kanker dalam tubuh
  • Ikutilah instruksi dari dokter Anda dan jangan lupa meminum obat sesuai yang dianjurkan
  • Rutin melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran
  • Rajin berolahraga

Meskipun Anda tidak divonis menderita penyakit kanker prostat, akan tetapi melakukan diet sehat serta berolahraga tetap perlu Anda lakukan. Hal ini dapat berguna untuk mencegah munculnya kanker prostat yang bisa terjadi pada tubuh Anda di masa yang akan datang.

Penutup

Pengobatan untuk kanker prostat tingkat III dan IV memang belum ditemukan hingga hari ini. Namun, meskipun demikian, kedua tingkatan tersebut masih bisa ditangani dengan melakukan kontrol rutin untuk durasi jangka panjang. Beberapa pasien yang mengidap kanker prostat tingkat III dan IV tetap menjalani kehidupan yang berkualitas selama bertahun-tahun karena rutin melakukan check up dan pengobatan seperti operasi dan kemoterapi.

Setelah membahas tuntas tentang apa itu kanker prostat dan jenis-jenisnya, semoga membuat Anda lebih sadar tentang arti pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Tidak memiliki gejala saat ini belum tentu Anda akan bebas dari gejala kanker prostat di masa depan. Oleh sebab itu, rutinlah menjaga gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Diet yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cermat

admin

Wajib Tahu! Ini Dia Pentingnya Susu bagi Kesehatan

Marsyaviani Darestuti

Ketahui Alasan Menjaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

admin