Home Hidup Sehat Patut Dicontoh, Inilah 6 Tips Gaya Hidup Sehat Rasul

Patut Dicontoh, Inilah 6 Tips Gaya Hidup Sehat Rasul

0
Patut Dicontoh, Inilah 6 Tips Gaya Hidup Sehat Rasul

Umat Islam menjadikan Rasulullah SAW sebagai panutan dalam semua aspek kehidupan, tak terkecuali soal cara menjaga kesehatan, Rasul memberikan teladan dan tuntunan yang jelas dalam hal menjaga kesehatan untuk bisa diikuti semua Muslim. Jika tips gaya hidup sehat Rasul diterapkan dengan benar, maka akan menghasilkan tubuh yang kuat, sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Wah, Ternyata Ini Dia 8 Jurus Sehat Rasulullah. Patut Ditiru!

Muslim bisa dikatakan beruntung karena memiliki panutan seperti Rasulullah SAW. Pasalnya gaya hidup yang diajarkan dan dicontohkan Rasul bukan tanpa dasar. Ajarannya dalam menjaga kesehatan tubuh terbukti bagus secara medis, yang artinya umat Islam tidak perlu lagi meragukannya. Apalagi gaya hidup sehat yang diajarkan Rasul tidak sulit untuk diikuti namun manfaatnya sangat luar biasa, seperti berikut ini.

1. Makan Perlahan dan Tidak Berlebihan

Jangan Makan berlebihan untuk Mengikuti Gaya Hidup Sehat Rasul

Makan adalah salah satu cara untuk bertahan hidup karena manusia mendapatkan energi untuk beraktivitas dari apa yang dikonsumsinya. Namun tidak sembarang makan, Rasulullah SAW memberikan tuntunan cara makan yang baik dan sesuai dengan adab. Rasul melarang makan dalam jumlah yang berlebihan apalagi sampai perut merasa kekenyangan hingga sulit bergerak dan bernapas. Secara medis, makan dalam jumlah terlalu banyak justru tidak bagus karena bisa membuat lemak menumpuk dan tubuh jadi tidak produktif.

Selain harus makan dalam jumlah yang cukup, gaya hidup sehat Rasul juga mengajarkan untuk makan secara perlahan. Makan tidak boleh tergesa-gesa karena itu bisa membahayakan pernapasan. Lebih parahnya lagi, makan terlalu cepat terbukti bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Sementara makan dalam porsi yang sesuai berat tubuh serta secara perlahan akan membuat tubuh lebih nyaman.

2. Rajin Berolahraga

Gaya Hidup sehat rasul dengan berolahraga

Semasa hidupnya, Rasul SAW selalu mencontohkan pada umatnya untuk rajin berolahraga. Ternyata memang ajaran tersebut sesuai dengan anjuran medis dan terbukti menjadi salah satu cara terbaik mendapatkan tubuh sehat. Ada banyak jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan rutin untuk dilakukan setiap hari. Secara khusus, Rasullullah memberikan teladan aktivitas fisik seperti berenang, berkuda hingga memanah. Ketiganya akhirnya disebut sebagai olahraga yang disunahkan.

3. Istirahat yang Cukup

Tidak ada satupun anjuran medis yang mengatakan bahwa begadang baik untuk kesehatan tubuh. Begitu juga yang menjadi salah satu tips gaya hidup sehat Rasul untuk diikuti semua umatnya. Rasul selalu menganjurkan Muslim untuk cukup beristirahat, segera tidur di malam hari dan tidak begadang. Dari kebiasaan tersebut, diharapkan orang Islam bisa bangun di awal pagi untuk memulai aktivitas yang baik seperti beribadah dan bekerja. Faktanya, tidur cukup memang bagus untuk menjaga kestabilan emosi dan menyehatkan tubuh serta meningkatkan produktivitas.

4. Berpuasa

Puasa termasuk salah satu jenis ibadah umat Islam. Siapa sangka bahwa ibadah tersebut juga termasuk cara untuk mendapatkan tubuh sehat. Puasa mengharuskan Muslim menahan diri untuk tidak makan dan minum dalam periode tertentu. Saat berhenti makan dan minum itu, tubuh justru bisa mengeluarkan racun serta zat berbahaya lainnya. Puasa juga membantu mengatur pola makan jadi lebih konsisten. Selain puasa wajib pada bulan Ramadan, umat Islam juga bisa menunaikan puasa sunah lain seperti puasa Senin Kamis.

Baca Juga: Waspada! 4 Gaya Hidup Modern Ini Ternyata Punya Pengaruh Negatif Bagi Kesehatan

5. Menghindari Khamr dan Makanan Haram

Larangan meminum khamr atau minuman keras ternyata tidak hanya aturan wajib dalam Islam yang harus dipatuhi. Minuman haram tersebut memang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan memicu munculnya beragam penyakit berbahaya. Larangan meminum minuman keras ini bahkan dikatakan jelas dalam Al-Qur’an bersamaan dengan larangan berjudi dan menyembah berhala. Sementara larangan memakan makanan haram juga terbukti menjadi gaya hidup sehat Rasul yang patut ditiru. Dilarangnya sejumlah makanan untuk dikonsumsi sebab dalam makanan tersebut mengandung zat yang tidak baik bagi tubuh.

6. Menjaga Kebersihan

Gaya Hidup Sehat Rasul yang Patut Dicontoh

Anjuran hidup sehat ala Rasul sudah sangat lengkap. Tidak hanya dalam hal mengatur makanan, minuman dan anjuran untuk berolahraga, Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk hidup bersih. Sebagaimana diketahui bahwa lingkungan yang kotor bisa menjadi pemicu penyakit dalam tubuh. Karena itu, selalu pastikan lingkungan sekitar tetap bersih dan badan juga senantiasa bersih dengan rajin mandi dan bersuci sesuai tuntunan Rasul.

Baca Juga: Ini Dia 6 Langkah Tepat Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Hidup Lebih Baik

Gaya hidup sehat Rasul menjadi ajaran penting yang harus dianut dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya terbukti bisa menjadikan badan lebih sehat dan jiwa lebih kuat. Karena hanya dengan sehat, semua orang bisa produktif dalam bekerja dan beribadah.