17 Juni , 2024
Kesehatan

Inilah Manfaat Vitamin C Yang Sangat Beragam


Iklan Hosting

Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Karena tidak semua vitamin dapat di produksi oleh tubuh, maka manusia tetap membutuhkan vitamin sebagai nutrisi tambahan. Jika tubuh tidak mendapatkan kadar vitamin yang cukup, kondisi tersebut dapat memunculkan beberapa gejala penyakit. Salah satu Vitamin yang penting untuk tubuh adalah vitamin C. Ada banyak sumber vitamin C dan manfaatnya untuk tubuh.

Vitamin C atau dikenal juga dengan nama asam askorbat adalah antioksidan terbaik yang dikenal sebagai vitamin yang larut dalam air. Vitamin C berperan cukup penting dalam tubuh manusia. Jika tubuh kurang asupan vitamin C, maka akan menimbulkan penurunan daya tahan tubuh. Vitamin C umumnya bersumber dari buah-buahan seperti jeruk dan jambu biji. Selain buah, vitamin C juga bisa ditemukan dari beberapa jenis sayuran. Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa vitamin C dan manfaatnya.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

vitamin C untuk meningkatkan imunitas

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh melalui cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. Sebagai antioksidan, vitamin ini juga melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin ini juga dapat memproduksi interferon, yaitu protein yang melindungi sel dari serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin C juga berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta membantu proses penyembuhan luka.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan manfaatnya untuk kesehatan kulit

Vitamin C dan manfaatnya yang berikutnya adalah bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan bersih.  Hal ini dikarenakan vitamin C dapat ditemukan pada lapisan dermis dan epidermis kulit. Zat gizi inilah yang mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan. Kolagen adalah protein utama yang membentuk struktur kulit. Produksi kolagen dapat menurun akibat penuaan dan radikal bebas dari lingkungan. Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi Vitamin C. Sebab vitamin C akan membantu menjaga produksi kolagen sehingga kulit tetap terjaga dan sehat.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin C dianggap bermanfaat untuk luka

Asam askorbat secara tidak langsung turut berperan dalam penyembuhan luka yaitu dengan merangsang produksi, pematangan, dan pelepasan kolagen pada jaringan yang terluka. Proses penyembuhan luka membutuhkan banyak protein, salah satunya kolagen. Jika produksi kolagen menurun, luka tentu lebih lama sembuh dari seharusnya. Maka dengan menggunakan vitamin C dan manfaatnya dapat membantu mempercepat pembentukan jaringan baru yang akan menutup luka. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh.

4. Menghindari Penyakit Mata

Menghindari penyakit Mata

Asupan vitamin C dan manfaatnya diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan mata. Organ mata memang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kesehatannya, tetapi vitamin C juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyakit mata katarak dan juga rabun serta tumor mata. Salah satu penelitian dalam jurnal mengungkapkan bahwa asam askorbat berpotensi memperlambat proses terjadinya katarak. Penelitian lain dalam jurnal yang sama pun menyebutkan bahwa asupan vitamin C dan mineral membantu mencegah degenerasi makula. Penyakit ini terjadi ketika bagian retina yang disebut makula mengalami kerusakan.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat vitamin C berikutnya adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen vitamin C bisa mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg pada orang dewasa sehat. Sedangkan tekanan darah diastolik menurun sebesar 1,48 mmHg pada orang dewasa sdengan tekanan darah yang tinggi. Agar tekanan darah lebih optimal, dapat diimbangi dengan menurunkan asupan garam.

6. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Vitamin C dan manfaatnya untuk kesehatan jantung

Vitamin C dan manfaatnya juga dapat digunakan untuk menurunkan risiko serangan jantung. Serangan jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia dengan meraih 29 persen kematian global setiap tahun. Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut sebagai hipertensi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah, seperti penyakit jantung. Penyebab utama serangan jantung secara mendadak adalah penebalan pada pembuluh darah arteri. Mengonsumsi vitamin C secara rutin akan mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri pada jantung, meningkatkan kadarnya dalam tubuh dan membuatnya menjadi stabil.

7. Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Selain menurunkan risiko serangan jantung, vitamin C dan manfaatnya juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit kronis. Vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan alami. Antioksidan merupakan zat yang melindungi berbagai sel tubuh dari efek radikal bebas. Paparan radikal bebas berlebih bisa menyebabkan penumpukan. Penumpukan radikal bebas bisa mendorong kondisi yang disebut stres oksidatif.

Tanpa perlindungan antioksidan, sel tubuh lebih rentan mengalami kerusakan atau mutasi yang berbahaya. Kerusakan atau mutasi sel dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Mulai dari penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah  hingga kanker. Asupan vitamin C memang tidak secara langsung mencegah penyakitnya, tapi dapat berpotensi menurunkan risikonya.

8. Mencegah Penyakit Asam Urat

Vitamin C bermanfaat penyakit asam urat

Vitamin C dan manfaatnya yang selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit asam urat. Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat tinggi dalam darah. Asam urat lalu membentuk kristal pada persendian sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak. Menariknya, asam askorbat memiliki potensi untuk mencegah kondisi ini. Menurut sebuah penelitian, konsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari dapat menurunkan kadar asam urat darah secara drastis. Bahkan orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kadar asam urat 44 persen lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

9. Menurunkan Kolesterol

Vitamin C menurunkan Kolesterol

Tidak hanya untuk penyakit asam urat, vitamin C dan manfaatnya juga berkhasiat bagi penderita penyakit kolesterol tinggi. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari dapat menurunkan kadar kolestrol LDL dan trigliserida. LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida yang merupakan kolesterol ‘jahat’ dan bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C membantu mencegahnya dengan menjaga kadar keduanya tetap terkendali.

Baca Juga : Inilah pentingnya susu untuk kesehatan

Tidak hanya sebagai vitamin untuk sistem imun, vitamin C sebenarnya menyimpan segudang manfaat yang mungkin belum banyak diketahui. Untuk merasakan khasiat tersebut, cukup dengan menambahkan Vitamin C dan manfaatnya ke dalam list menu sehari-hari.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Gangguan Penglihatan: Jenis dan Gejala

Agung

Rasakan Manfaat Jalan Pagi Secara Rutin

admin

Waspada, Ini Bahaya Tisu Magic Yang Harus Diketahui

admin