17 Juni , 2024
Kesehatan

Ini Hal Yang Diyakini Bisa Hamil Anak Kembar


Iklan Hosting

Sebagian orangtua sangat mengidam-idamkan memiliki anak kembar. Hingga tak jarang yang sampai rela melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan anak kembar. Sementara sebagian orangtua lainnya beruntung dianugerahi anak kembar tanpa melakukan treatment khusus. Sebenarnya hamil anak kembar bisa diketahui secara pasti melalui pemeriksaan USG. Namun ada beberapa pertanda yang dipercaya sebagai bawaan hamil anak kembar.

Pertanda yang dialami ibu hamil sebagian besar selalu sama meskipun beberapa mengalami gejala tertentu yang berbeda dengan lainnya. Sedangkan pada kondisi hamil anak kembar, perempuan biasanya akan mengalami pertanda yang tidak sama seperti hamil anak tunggal. Sebagian pertanda dinilai hanya sebatas kebetulan, namun ada juga pertanda hamil anak kembar yang memang pasti terjadi. Inilah beberapa hal yang umumnya dialami perempuan yang tengah hamil anak kembar.

1. Perut Lebih Besar Sejak Awal Kehamilan

Perut Lebih Besar menjadi bawaan hamil anak kembar

Kebanyakan orang berpendapat bahwa jika dari awal kehamilan perut sang ibu sudah besar bisa jadi bawaan hamil anak kembar. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya sebelum mengeceknya melalui USG. Pasalnya torso atau sering disebut tulang punggung wanita Asia rata-rata berukuran pendek, sehingga ketika hamil perut bisa menjadi sangat besar. Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk wanita yang memiliki ukuran torso tinggi. Sebab meskipun hamil anak kembar, perempuan yang berbadan tinggi tidak terlihat seperti sedang hamil anak kembar.

2. Morning Snickess yang Parah

Morning Sickness yang parah

Pertanda hamil anak kembar juga bisa dirasakan jika perempuan hamil terus-menerus mual dari awal kehamilan, bahkan susah untuk mengunyah dan menelan makanan. Selain itu, perempuan yang mengalami kesulitan untuk mengonsumsi makanan mulai dari tekstur, bau, hingga penampilannya juga bisa menjadi salah satu tanda hamil bayi kembar. Namun berdasarkan penelitian para ahli, tidak semua perempuan yang hamil anak kembar akan mengalami hal tersebut. Bahkan perempuan yang hamil bayi tunggal pun juga bisa merasakan morning snickess yang berlebihan.

3. Peningkatan Berat Badan secara Drastis

Berat badan naik drastis, tanda hamil bayi kembar?

Jeffrey Ecker dari Maternal Fetal Medicine Fellowship, Massachusetts General Hospital di Boston mengatakan bahwa perempuan yang tengah hamil bayi kembar akan membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan perempuan yang hamil bayi tunggal. Umumnya berat badan juga akan naik sekitar 17-25 kg. Jadi peningkatan berat badan secara drastis bisa menjadi salah satu bawaan hamil anak kembar. Tapi perlu diingat bahwa penaikan berat badan harus dengan cara yang sehat dan memperhatikan kebutuhan nutrisi. Sebab nutrisi sangat berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

4. Detak Jantung Multipel

Detak jantung multipel

Dengan menggunakan alat Dopples Ultrasound, detak jantung janin akan terdeteksi pada akhir trimester pertama. Dengan begitu, dokter atau bidan yang menangani akan mengetahui bahwa perempuan tersebut tengah hamil bayi kembar ketika ditemukan detak jantung multipel atau lebih dari satu jenis.

Namun American Pregnancy Association (APA) mengatakan bahwa hal tersebut bisa jadi tidak akurat. Detak jantung bayi tunggal pun bisa terdeteksi di beberapa area perut perempuan yang hamil tersebut.

5. Gusi dan Hidung Sering Berdarah

Keluar darah dari gusi dan hidung, bawaan hamil anak kembar?

Gusi dan hidung perempuan yang hamil bayi kembar akan menjadi lebih sensitif sehingga bisa dikatakan sebagai bawaan hamil anak kembar. Tingginya tekanan darah serta fluktuasi hormon pada perempuan yang hamil bayi kembar dapat mengakibatkan melebarnya jaringan pembuluh darah halus di mulut dan hidung. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan mimisan, hidung tersumbat, serta gusi berdarah saat menyikat gigi. Perempuan yang hamil anak kembar disarankan untuk tetap menjaga kebersihan gigi karena kebersihan gigi yang buruk selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur hingga preeklampsia.

6. Tingginya Kadar Hormon HCG

Tingginya Hormon HCG

Hormon HCG umumnya terdeteksi ketika mengenali tanda awal kehamilan. Pada saat itu, tidak bisa diketahui secara pasti berapa kadar hormon HGC karena pemeriksaan hanya menggunakan tespek. Pada kondisi yang sama, tespek juga bisa menunjukkan kadar hormon HCG jika garis merahnya terlihat sangat jelas. Lagi-lagi, tanda itu belum bisa memastikan berapa jumlah bayi dalam kandungan. Tingginya kadar hormon HCG secara akurat bisa diketahui dengan melakukan tes darah.

Beberapa gejala yang menjadi bawaan hamil anak kembar seringkali tidak segera disadari. Sebagian besar perempuan yang mengira-ngira berdasarkan gejala yang dialami. Maka untuk tahu pasti, segera lakukan pemeriksaan USG.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Mental

admin

Perbandingan Antara ASI dan Susu Formula: Memahami Manfaat dan Pertimbangan Kesehatan

admin

Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Agar Asi Cepat Keluar

admin