Image default
Makanan

Konsumsi Menu Makanan Sehat dan Bergizi Ini, Untuk Tubuh yang Selalu Bugar

Makanan sehat dan bergizi merupakan asupan yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumi menu makanan inilah, tubuh akan terhindar dari serangan penyakit yang dapat menurunkan kebugaran tubuh. Makanan-makanan ini jugalah yang dapat menjadi sumber energi sehari-hari bagi kita untuk beraktivitas.

Selain itu, makanan sehat dan bergizi adalah asupan yang penting untuk tumbuh kembang balita, anak-anak dan juga remaja. Ini karena di usia-usia tersebut, tubuh masih perlu ‘bahan bakar’ untuk pembentukan tubuh dan otak. Sedangkan pada orang dewasa, nutrisi yang didapat dari menu makanan sehat dan bergizi ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu tetap dalam kondisi terbaiknya. Mereka yang nutrisinya terpenuhi, cenderung tidak mudah sakit dan tentunya akan lebih aktif.

Menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi pun saat ini sudah banyak sekali dilakukan masyarakat. Ini karena, sudah banyak orang yang lebih peduli pada kesehatannya. Dan mereka pun menghindarkan diri mereka dari penyakit yang mungkin saja mengintai di masa.

Baca Juga: 9 Cara Diet Sehat dan Aman Tanpa Bahayakan Tubuh

Karena itulah, sebisa mungkin, masukkan menu makanan sehat dan bergizi ini di menu makanan harianmu, untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan tentunya terhindar dari berbagai macam penyakit.

1. Sayuran hijau

Sayuran Hijau, Makanan Sehat dan bergizi yang mudah

Jenis makanan sehat yang pertama yang wajib masuk dalam menu harianmu adalah sayuran hijau. Kebiasaan mengonsumsi sayuran hijau adalah kebiasaan baik yang bukan hanya jadi petuah dari para orangtua. Karena pada sayuran hijau, sudah terbukti banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kebugaran tubuh.

Sayuran hijau diketahui memiliki kandungan nutrisi seperti serat, vitamin A, C, K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, serta kalium, yang tentu saja seluruhnya baik untuk tubuh. Makanan sehat ini pun punya kandungan antioksidan yang tinggi, yang berguna dalam melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kamu bisa memilih beragam sayuran hijau untuk dimasukkan dalam menu harianmu, seperti sawi hijau, kangkong, brokoli, ataupun bayam. Kamu dapat mengolah sayuran hijau dengan cara dikukus atau ditumis, agar nutrisinya pun tetap terjaga. Yang pasti, jangan lewatkan mengonsumsi sayuran hijau setiap harinya, ya!

2. Buah-buahan

Jangan Lupakan Buah-buahan sebagai list makanan sehat dan bergizi

Buah-buahan pun termasuk dalam makanan yang penting untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Di dalam buah-buahan, terdapat beragam vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Sama seperti sayuran, buah pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bagi kamu yang ingin sekaligus menjaga kesehatan kulit, kamu dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan, untuk menangkal radikal bebas, seperti strawberry, kiwi ataupun jeruk.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Meski Sering dibilang bikin jerawat, Kacang-Kacangan menjadi makanan sehat dan bergizi loh

Makanan sehat dan bergizi berikutnya ini adalah sumber serat, selain dari sayur dan juga buah. Bukan hanya serat, adapula kandungan protein yang tinggi, vitamin serta mineral. Bila kamu mencari camilan yang lezat namun tetap sehat, kamu bisa memilih biji-bijian atau kacang-kacangan ini. Seperti kacang almond, kacang tanah ataupun kacang mete. Kamu pun dapat mengonsumsi chia seed, oatmeal dan gandum yang seringkali jadi pilihan mereka yang ingin makan lebih sehat.

4. Ikan dan makanan laut lain

Makanan Sehat dan bergizi berikutnya, ikan laut

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang kaya protein serta asam lemak Omega-3. Kandungan ini adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, otak, dan juga jantung. Untuk itu, pastikan untuk memasukkan makanan ini dalam menu harianmu, untuk mendapatkan manfaatnya. Bahkan, penelitian mengatakan bahwa mereka yang sering konsumsi ikan laut, akan cenderung panjang umur dan juga berisiko rendah mengalami penyakit, seperti penyakit jantung.

Salah satu jenis makanan laut yang kaya nutrisi adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung protein, vitamin B, lemak sehat, selenium dan juga kalium. Ikan ini juga terbukti menurunkan risiko penyakit jantung serta diabetes, karena membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

5. Telur dan daging

Sumber protein lainnya yang baik untuk tubuh, bisa kamu dapat dari mengonsumsi telur dan juga daging. Protein ini baik untuk mengganti sel jaringan tubuh yang rusak. Bukan hanya itu saja, bagi anak-anak dan juga balita, protein ini baik untuk tumbuh kembangnya.

Pada telur, terdapat kandungan vitamin D yang akan membantu tubuh dalam penyerapan kalsium. Telur juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar kita tidak rentan tertular penyakit.

Kemudian, pilihlah daging yang tidak memiliki kandungan lemak supaya lebih sehat saat dikonsumsi. Pada daging pun terdapat zat besi yang terbilang tinggi, yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah, agar kamu terhidar dari anemia. Apalagi telur dan daging merupakan bahan makanan yang dapat diolah menjadi beragam menu, dan banyak orang menyukainya.

6. Susu dan olahan susu

Seperti yang diajarkan sedari kecil, untuk memenuhi nutrisi tubuh, 4 sehat 5 sempurna haruslah terpenuhi setiap harinya. Nah, susu merupakan pelengkap yang akan menyempurnakan nutrisi harianmu. Sumber protein hewani ini punya kandungan vitamin, mineral dan lemak sehat, yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kamu pun dapat memilih olahan susu, seperti keju ataupun yoghurt, yang juga memberi manfaat yang hampir serupa dengan susu. FYI, konsumsi yoghurt dengan teratur ternyata punya manfaat positif bagi fungsi otak, lho. Probiotik yang terdapat dalam yoghurt bisa mengurangi aktivitas di beberapa area otak, seperti daerah yang berkaitan dengan suasana hati, kepekaan pada rasa sakit, cemas dan juga stres. Yoghurt pun punya kandungan fosfor, kalium, yodium, seng, vitamin B6, B12 yang baik untuk tubuh.

Bukan hanya memenuhi nutrisi harian dari menu makanan sehat dan bergizi saja untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Namun pastikan juga kamu menyempurnakannya dengan perilaku yang juga sehat untuk mendukung makanan yang sudah kamu konsumsi.

Ada Pedoman Gizi Seimbang yang terdiri dari empat prinsip, yang harus bisa kamu penuhi demi mempermudah mendapatkan tubuh yang tetap sehat. Pertama, konsumsi beragam makanan bergizi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pastikan kalau nutrisi yang kamu konsumsi setiap harinya sudah seimbang. Kedua, biasakanlah berperilaku hidup bersih. Ini akan menghindarkan kita dari penyebab-penyebab penyakit.

Baca Juga: Selain untuk Kesehatan, Lemon juga Bermanfaat untuk Kecantikan Loh Ladies

Yang ketiga, lakukanlah aktivitas fisik secara rutin. Kamu bisa melakukan olahraga untuk mendukung makanan sehat yang sudah kamu konsumsi. Karena tanpa olahraga, usahamu untuk mendapatkan tubuh yang bugar pun cenderung sulit tercapai. Dan yang terakhir adalah memastikan bahwa berat badan berada di berat yang ideal. Karena kelebihan berat badan ataupun kekurangan berat badan dari berat ideal tentunya tidak baik untuk kesehatan. Ini juga jadi tanda, bahwa nutrisi yang kamu konsumsi masih cenderung kurang.

Penutup

Itulah makanan yang sehat untuk tubuh dan juga punya nilai gizi yang tinggi yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat dan bugar. Sebaiknya, jangan lewatkan untuk memasukkan makanan-makanan ini dalam daftar menu resep makanan sehat dan bergizi untukmu dan juga keluarga tercinta, ya. Karena kesehatan adalah suatu hal yang penting, yang harus kita jaga dan usahakan untuk mendapatkannya.

Related posts

8 Makanan yang Mampu Meningkatkan Imun Tubuh

rumi

Selain untuk Kesehatan, Lemon juga Bermanfaat untuk Kecantikan Loh Ladies

rumi

12 Daftar Makanan untuk Meningkatkan Energi Tubuh

rumi