30 November , 2022
Image default
Informasi Tips

Jangan Keliru, Ketahui 2 Cara Tepat Hitung Berat Badan Ideal


Berat badan yang ideal adalah suatu hal yang diinginkan oleh banyak orang. Berat badan yang berlebih ataupun malah terlalu kurus tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Dengan memiliki berat badan yang ideal, tentu punya pengaruh baik bagi kesehatan. Lalu, bagaimanakah cara hitung berat badan ideal yang benar?

Sebelumnya, untuk diketahui, berat badan yang ideal punya arti di mana berat badan tersebut dianggap paling menyehatkan bagi seseorang, yang mengacu pada tinggi badan yang dimilikinya. Jadi, dengan memiliki berat badan ideal ini, akan memberi angka harapan hidup lebih tinggi bagi Anda.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika mengukur berat badan yang sehat dan sesuai dengan Anda selain memperhatikan tinggi badan yang dimiliki, yaitu jenis kelamin, usia, bentuk tubuh dan juga massa otot.

Cara Hitung Berat Badan Ideal secara mudah

Cara Hitung Berat Badan Ideal

Ada dua cara untuk menghitung berat badan ideal, yaitu dengan Rumus Broca dan juga menggunakan Kalkulator BMI (Body Massa Index).

1. Rumus Broca

Cara hitung berat badan ideal satu ini ditemukan oleh Dr. Pierre Paul Broca pada tahun 1871, dan rumus ini dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine di tahun 1970an. Mencari berat badan ideal lelaki dan wanita punya cara berbeda dalam rumus ini, karena keduanya punya komposisi tubuh berbeda. Berikut penjelasannya:

– Untuk menghitung berat badan ideal wanita:

(Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

*Tinggi badan dalam sentimeter

Contoh untuk menghitung berat badan ideal wanita tinggi 150 cm yaitu:

(150 – 100) – (15% x (150 – 100)) = 50 – 7,5 = 42,5 kilogram. Jadi, berat ideal untuk wanita dengan tinggi badan 150 cm adalah 42,5 kg.


– Untuk menghitung berat badan ideal lelaki:

(Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

*Tinggi badan dalam sentimeter

Contoh untuk menghitung berat badan ideal lelaki tinggi 170 cm yaitu:

(170 – 100) – (10% x (170 – 100)) = 70 – 7 = 63 kilogram. Jadi, berat ideal untuk lelaki dengan tinggi badan 170 cm adalah 63 kg.

2. Kalkulator BMI (Body Mass Index)

BMI atau Body Mass Index ini merupakan cara hitung berat badan ideal berdasar tinggi dan juga berat badan. Kalau Rumus Broca dibedakan antara perhitungan pria dan wanita, dalam BMI dibedakan berdasar usia. Dengan perhitungan ini, Anda dapat mengetahui berat Anda ideal atau tidak.

Ada beberapa hal yang harus diketahui tentang kalkulator BMI, yaitu:

  • Angka BMI yang normal ada di kisaran 18,5-25.
  • Bila angka BMI lebih dari 25, Anda bisa dibilang mempunyai berat badan yang berlebih.
  • Bila angka BMI ada di bawah 18, maka bisa dibilang Anda mempunyai berat badan yang kurang.
  • Apabila angka BMI melebihi 40, sebaiknya lakukan penanganan secepatnya, karena angka tersebut bisa dikatakan menunjukkan tanda bahaya.


Rumus perhitungan dengan kalkulator BMI:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram) : (Tinggi badan (meter) x Tinggi badan (meter))

Contohnya, bila Anda memiliki berat badan 42 kilogram, dan tinggi badan 165 sentimeter atau 1,65 meter, angka BMI Anda adalah 42 : (1,65)2 = 42 : 2,7225 = 15,43. Dengan kata lain, berat Anda belum ideal atau cenderung kurang dan di bawah rata-rata dari yang seharusnya.

Kekurangan dari penghitungan dengan kalkulator BMI ini adalah BMI bisa memicu kesalahpahaman bagi para altet atau olahragawan. Karena berat badan pun berasal dari massa otot, sehingga dengan penghitungan BMI ini atlet bisa saja dinyatakan kelebihan berat badan, walau sebenarnya tidak.

Mendapatkan Berat Badan Ideal

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

Kunci agar mendapat berat badan yang ideal bukan dengan membatasi asupan makanan secara ekstrem, Anda cukup menyeimbangkan energi yang masuk dalam tubuh dengan energi yang keluar. Dengan artian, bila Anda ingin menurunkan berat badan agar mendapatkan berat badan yang ideal, maka Anda harus memastikan bahwa energi yang keluar harus lebih besar dibandingkan yang masuk. Dan begitu sebaliknya.

Kebanyakan orang untuk mendapat berat badan ideal, mereka melakukan diet. Diet ini pun selalu dikaitkan dengan usaha menurunkan berat badan dengan membatasi asupan makanan. Padahal bisa dibilang ini tidak sepenuhnya benar.

Diet adalah pola makan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, bisa menambah ataupun malah menurunkan berat badan, atau malah hanya sekedar menjalani hidup sehat. Namun diet bukan satu-satunya langkah untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

Anda dapat mengatur porsi makan Anda, menjalani pola makan yang konsisten, membiasakan diri untuk sarapan, konsumsi sayur dan juga buah, konsumsi makanan alami dan juga berolahraga. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mendapatkan berat badan ideal dan juga lebih mudah untuk menjaga kesehatan Anda.


Related posts

Ingin Turunkan Berat Badan secara Efektif? Coba Menu Diet Sehat 30 Hari Ini

Risma Mualifa

4 Gerakan Workout Mudah untuk Pemula yang Bisa Dilakukan Selama di Rumah

admin

Hal-hal yang Perlu Diingat Sebelum dan Sesudah Mendonorkan Darah

admin