13 April , 2024
Obat

Apa Saja Vitamin Untuk Penambah Nafsu Makan



Iklan Hosting

Anda memiliki permasalahan dengan nafsu makan yang menurun? Atau anak Anda sedang mengalami hal ini? Salah satu yang jadi penolong ketika kondisi ini terjadi tentu saja adalah vitamin penambah nafsu makan. Tapi sebenarnya adakah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan? Lalu apa penyebab nafsu makan seseSimak penjelasannya dalam artikel ini.

Penyebab Nafsu Makan yang Menurun

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang membuat nafsu makan anak ataupun orang dewasa dapat menurun, mulai dari kondisi medis tertentu ataupun juga berkaitan dengan kesehatan mental. Penurunan nafsu makan ini umumnya ditandai dengan beragam hal, contohnya turunnya berat badan hingga malnutrisi atau kurang gizi. Bila tidak segera ditangani, kondisi ini malah bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Karena itulah, sebaiknya Anda mengetahui apa penyebab nafsu makan menurun.

Masalah di mulut dan gigi

Anda atau anak Anda bisa saja jadi tidak nafsu makan karena kesulitan dalam mengunyah, menelan dan hal lain yang berkaitan dengan masalah di mulut serta gigi seperti sakit gigi, abses gigi, sariawan, mulut kering, dan lainnya.

Infeksi

Infeksi virus atau bakteri juga bisa jadi penyebabnya. Ini karena ada beberapa infeksi yang bisa membuat hilangnya selera makan, seperti gastroenteritis, radang paru-paru, flu, infeksi saluran pernapasan bagian atas atau ISPA, infeksi kulit, meningitis dan radang usus besar. Umumnya, nafsu makan pun akan kembali normal bila infeksi tersebut sudah teratasi.

Gangguan pada indera

Selera makan dapat meningkat bila kita melihat, mencium serta mencicipi makanan. Namun bila salah satu indera yang berkaitan mengalami gangguan, bisa saja menyebabkan Anda atau anak Anda mengalami penurunan nafsu makan.

Efek samping obat

Nafsu makan juga bisa menurun akibat dari konsumsi obat-obatan tertentu. Biasanya ada gejala lain juga yang akan menyertai, seperti munculnya rasa lelah dan mual, khususnya pada mereka yang sedang menjalani perawatan kanker. Ada beberapa jenis obat yang punya efek samping bisa menurunkan atau malah menghilangkan nafsu makan yaitu antidepresan, antibiotic, obat diabetes tipe 2, obat penghilang rasa sakit, steroid anabolic dan juga morfin.

Kehamilan

Ibu hamil, di trimester pertama akan mengalami perubahan hormon yang dapat menguras energinya. Karena inilah mereka akan mudah sekali merasakan lelah. Ibu hamil juga cenderung mengalami mual atau morning sickness. Perubahan-perubahan ini seringkali membuat ibu hamil jadi kehilangan nafsu makannya.

Gangguan psikologis

Penyebab lain hilangnya nafsu makan juga bisa berkaitan dengan mental seseorang, terutama hal ini terjadi pada orang dewasa. Nafsu makan bisa saja menurun ketika Anda merasakan sedih, berduka, cemas ataupun tertekan. Saat stress dan bosan pun mungkin saja selera makan juga ikut berkurang. Ada pula gangguan makan seperti anoreksia nervosa yang juga memicu penurunan nafsu makan.

Dan ada beberapa penyebab serta penyakit lain yang juga mungkin dapat menyebabkan Anda atau anak Anda jadi kehilangan selera makannya, dan umumnya vitamin penambah nafsu makan menjadi pilihan untuk penanganannya. Walaupun begitu, ada cara-cara yang bisa Anda ikuti terlebih dulu bila mengalami masalah nafsu makan, lho.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai langkah awal meningkatkan nafsu makan, yaitu:

Ubah pola makan

Sebisa mungkin Anda dapat menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang berkaitan dengan pola makan, seperti melewatkan sarapan ataupun makan telat. Karena dengan mengubah pola makan Anda yang buruk, tentunya jadwal makan Anda akan lebih teratur, sehingga bila sudah waktunya makan tiba Anda pun akan tetap memiliki selera makan.

Makan sedikit tapi sering

Anda juga dapat mencoba trik di mana Anda makan sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering. Misalnya Anda dapat makan sekitar 4-6 kali dalam sehari, dengan porsi sekali makan yang lebih kecil dari biasanya.

Buat menu makanan yang menarik

Mungkin saja Anda bosa dengan menu makanan Anda yang itu-itu saja, atau Anda sedang ingin makan makanan lainnya, karena itulah coba buat menu makanan harian Anda semenarik mungkin. Misalnya Anda dapat pilih makanan kesukaan Anda agar selera makan pun meningkat. Dan pastikan untuk menghindari makanan yang tidak sehat ya.

Mengonsumsi camilan sehat

Sebelum Anda mencoba vitamin penambah nafsu makan, Anda bisa mencoba tips berupa konsumsi camilan sehat yang dapat memenuhi nutrisi, seperti buah alpukat, pisang ataupun kacang-kacangan. Namun, camilan ini jangan dijadikan pengganti makan utama, dan hindari konsumsi camilan mendekati waktu makan.

Olahraga

Olahraga ringan ternyata bisa membantu permasalahan nafsu makan, lho. Saat ada kalori di tubuh yang dibakar, maka tubuh pun akan merespons serta meningkatkan keinginan kita untuk makan. Itulah kenapa, Anda seringkali merasa lapar setelah olahraga.

Makan bersama-sama

Kadang, makan jadi tidak bersemangat dan berselera bila Anda makan sendirian. Karena itulah Anda bisa mencoba makan bersama-sama agar selera makan pun meningkat.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak dan Dewasa

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi vitamin penambah nafsu makan anak dan dewasa yang bisa Anda coba:

1. Kitavit Sirup

Kitavit Sirup

Obat penambah nafsu makan anak ini juga bisa sekaligus berfungsi dalam hal membantu menjaga kesehatan anak. Kandungan temulawak, lysine, vitamin B kompleks, asam pantothenate dan niacinamide dalam vitamin ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian untuk anak. Rasanya pun disukai anak, sehingga mereka pun lebih mudah mengonsumsinya.

2. Borobudur Herbal Gemuk Sehat

Borobudur Herbal Gemuk Sehat Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa

Suplemen herbal satu ini bisa membantu permasalahan nafsu makan serta membuat berat badan bertambah, tentunya dengan cara yang sehat. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya yaitu temulawak, sambiloti, lempuyang, daun pepaya dan brotowali. Suplemen inipun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak dan juga dewasa.

3. Curcuma Plus Fruit & Veggie

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Curcuma Plus Fruit & Veggie

Terdapat kandungan buah dan sayuran di dalam vitamin penambah nafsu makan anak ini, seperti bayam, pisang, wortel dan strawberry. Bukan hanya membuat nafsu makan anak akan meningkat saja, tapi juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka.

Kandungan ekstrak temulawak di vitamin inipun bisa membantu menangkal radang serta mengurangi risiko terjadinya penyakit karena infeksi jamur. Ada beragam rasa dari vitamin ini yang tentunya akan disukai oleh anak.

4. Curvit Kaplet

Curvit Kaplet Vitamin Penambah Nafsu Makan

Rekomendasi vitamin penambah nafsu makan dewasa yang bagus selanjutnya adalah Curvit Kaplet ini. Ada kandungan temulawak serta multivitamin yang akan memenuhi kebutuhan vitamin Anda, sehingga vitamin ini pun dapat membantu meningkatkan stamina Anda.

5. Suplemen mengandung Zinc

Suplemen Mengandung Zinc

Zinc merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti untuk kekebalan, sintesis protein, penyembuhan luka dan juga tumbuh kembang. Kekurangan zinc akan membuat turunnya nafsu makan dan juga kekebalan tubuh. Namun sayangnya, tubuh tidak bisa menghasilkan serta menyimpan zinc sendiri, sehingga butuh suplemen atau asupan tambahan seperti vitamin atau multivitamin yang mengandung zinc.

Untuk orang dewasa, jumlah zinc yang diperlukan setiap harinya yaitu sekitar 11 mg bagi pria dan 8 mg bagi wanita.

6. Asam folat (Vitamin B9)

asam folat

Asam folat berfungsi dalam memecah karbohidrat dan lemak menjadi energi, dengan cara mengaktifkan koenzim tertentu yang membuat metabolisme meningkat. Ini tentunya berkaitan dengan nafsu makan yang meningkat. Karena itulah, kurangnya asam folat bisa memicu turunnya selera makan, sehingga kebutuhan asam folat haruslah terpenuhi agar nafsu makan dapat kembali. Selain itu, vitamin satu ini juga punya peranan dalam pembentukan DNA, RNA dan juga sel baru di tubuh.

7. Minyak ikan

Minyak Ikan

Bukan hanya meningkatkan nafsu makan, minyak ikan juga bisa membantu meningkatkan pencernaan serta mengurangi kembung atau kenyang di lambung. Asam lemak omega-3 di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Bagi orang dewasa, minyak ikan aman dikonsumsi, kecuali Anda alergi pada ikan. Namun pada anak-anak, sebaiknya konsultasikan dulu penggunaannya pada dokter.

Baca Juga : Penyebab mimisan pada remaja

8. Tiamin (Vitamin B1)

Vitamin B1

Vitamin penambah nafsu makan selanjutnya adalah vitamin B1 ini atau yang juga disebut Tiamin. Tiamin berperan dalam merubah karbohidrat menjadi energi. Bila tubuh kekurangan Tiamin, maka energi akan sulit dihasilkan, sehingga Anda bisa mudah lelah dan kurang nafsu makan.

Nah, itu dia beberapa hal tentang permasalahan nafsu makan pada anak dan orang dewasa, beserta rekomendasi vitamin penambah nafsu makan dewasa dan juga anak.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Keluarga Terkena Flu Batuk, Ini Obat Adalannya

admin

Bayi Anda Diare, Ini dia Cara Membuat Oralite

admin

Gusi Anda Bengkak & Nyeri Minum Obat Ini

admin