17 Juni , 2024
Hidup Sehat

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari


Iklan Hosting

Mandi adalah aktivitas membersihkan diri menggunakan sabun dan air. Namun ada kalanya orang enggan mandi air dingin pagi hari. Alasan yang digunakan juga beragam, mulai dari malas, takut dingin, mata masih mengantuk, dan  berbagai alasan lain.

Namun sebenarnya ada banyak manfaat dari mandi pagi. Selain mengusir kantuk dan membuat badan lebih segar. Masih ada banyak khasiat lain yang bisa diperoleh dari aktivitas harian tersebut, termasuk untuk memperbaiki suasana hati.

Mandi Pagi Hari, Banyak Manfaatnya

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan mandi air dingin pagi hari ini. Apalagi jika dilakukan secara rutin, sehingga khasiat yang diperoleh pun semakin banyak. Berikut adalah manfaat dari mandi menggunakan air dingin di pagi hari.

1. Mengatasi Susah Bangun Tidur

Jika Anda adalah orang yang sering kesulitan untuk bangun di pagi hari, maka mandi air dingin bisa menjadi solusi yang tepat. Terlebih lagi ketika ada acara yang harus dihadiri, namun mata sulit diajak kompromi.

Ketika mandi, tubuh akan memberikan reaksi berupa meningkatnya denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Secara otomatis tubuh pun akan terjaga dan siap menjalani berbagai kegiatan selama sehari penuh.

Air dingin yang mengenai tubuh juga saat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga suhu tubuh tetap normal. Efek ini pula yang bisa membuat Anda tetap produktif menjalani hari dengan energi.

Manfaat Mandi Air Dingin

2. Meringankan Gejala Depresi

Mandidi pagi hari akan memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini bermanfaat untuk membuat orang merasa lebih bahagia. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang memperoleh bukti bahwa orang yang rutin mandi air dingin dapat mengurangi gejala depresi. Cukup dilakukan 2-3 kali seminggu.

Dikutip dari Psychology Today, metode hidroterapi yang digunakan untuk mengatasi gejala depresi, hampir sama khasiatnya dengan mandi pagi. Air dingin yang mengalir membasahi tubuh, dapat mengurangi tekanan depresi yang mengganggu.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Menggunakan air bersih rendah untuk mandi di pagi hari, akan memicu tubuh untuk bekerja keras beradaptasi. Sehingga suhu tubuh tetap normal. Melakukannya secara rutin akan membuat sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar dan badan menjadi sehat.

Manfaat Mandi Air Dingin Bisa Melancarkan Sirkulasi Darah

4. Meringankan Nyeri Otot

Usai berolahraga atau melakukan aktivitas berat lain, otot tentu akan terasa nyeri. Ini merupakan hal wajar yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Untuk mengurangi rasa nyeri pada otot, mandi air dingin pagi hari pun bisa dijadikan alternatif terbaik.

Anda juga dapat mengurangi nyeri dengan cara berendam dalam air dingin kurang lebih selama 30 menit. Bukan hanya dapat menghilangkan rasa nyeri, berendam juga bisa mencegah keriput pada kulit. Selain itu mandi pagi hari dengan air dingin juga bisa mempercepat terjadinya penyembuhan, mengurangi radang dan menghilangkan rasa sakit.

5. Kesuburan

Mandi air dingin sebelum subuh juga bisa meningkatkan kesuburan. Pasalnya mandi pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita. Jadi jangan ragu untuk mandi menggunakan air dingin.

6. Membuat Rambut Sehat

Keramas dengan air sedingin es juga bisa meningkatkan kesehatan pada rambut. Pasalnya sirkulasi darah di daerah kepala menjadi lancar saat mandi. Rambut tidak hanya sehat, tetapi juga menjadi lebih kuat.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

Mandi sebelum subuh atau sekitar pukul 4 pagi, juga akan meningkatkan imunitas tubuh. Gerakan limpatik pada tubuh menjadi lebih aktif dari biasa. Akibatnya sel putih bisa berperang melawan virus maupun infeksi lain di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh jurnal PloS One dengan 3.000 partisipan yang rutin mandi pagi hari selama 30 hari. Pada penelitian tersebut, diperoleh penurunan orang sakit sebesar 29%. Penurunan lebih besar pun mencapai angka 54%  jika diiringi dengan olahraga yang cukup.

Demikian manfaat mandi air dingin pagi hari yang bisa Anda peroleh jika rutin melakukannya. Namun, harap diingat agar menyesuaikan suhu air dengan kondisi tubuh. Jika terlalu dingin dan tubuh tidak bisa bertoleransi, maka resikonya terkena hipotermia.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Kenali Cirinya Seperti Apa Tubuh Sehat

admin

Panduan Lengkap: Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

admin

Menjaga Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah: 5 Langkah Mudah yang Dapat Anda Lakukan

Ika Maiyastri