13 April , 2024
Kesehatan

Fisik dan Mental Sehat Dengan Manfaat Minum Zaitun



Iklan Hosting

Beragam khasiat atau manfaat minum zaitun bagi Kesehatan memang telah lama diyakini oleh banyak orang. Beberapa khasiat penting dari zaitun ini di antaranya seperti menurunkan berat badan hingga menjaga Kesehatan tulang.

Pada dasarnya minyak zaitun merupakan kumpulan lemak yang didapatkan dari pohon buah zaitun di wilayah Mediterania. Menurut para ahli kesehatan, minyak zaitun adalah jenis minyak yang dianggap palling sehat jika dibandingkan dengan beberapa jenis minyak lainnya. Minyak zaitun bisa dijadikan alternatif sebagai mentega, margarin hingga minyak sayur sekalipun.

Karena memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, minyak zaitun juga selalu diandalkan oleh para pejuang diet. Beberapa pejuang diet sering menggunakan minyak zaitun pada masakan hingga sebagai semacam bumbu tambahan pada makanan yang mereka konsumsi. Untuk mengetahui khasiat lain dari minyak zaitun ini, yuk silahkan menyimak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Beragam Manfaat Minum Zaitun untuk Kesehatan

1. Melindungi organ jantung

Manfaat minum zaitun untuk kesehatan jantung

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa minyak zaitun berperan penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung. Seperti yang diketahui jika jantung merupakan organ yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jika organ jantung terganggu maka tentu akan sangat amat berbahaya pula untuk organ yang lainnya.

Minyak zaitun disebut-sebut mampu menjaga dan merawat fungsi jantung karena minyak zaitun ternyata memiliki khasiat dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol pada tubuh. Tak hanya itu saja, minyak zaitun juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dan mampu menjaga dinding pembuluh di dalam tubuh.

2. Dapat menanggulangi penyakit Alzheimer

Manfaat minum zaitun ternyata juga berpengaruh dalam mencegah penyakit Alzheimer loh. Kandungan di dalam minyak zaitun ini diklaim mampu menghilangkan yang namanya plak beta-amyloid. Adapun plak beta-amyloid ini dianggap sebagai pemicu utama dalam munculnya penyakit Alzheimer. Meskipun demikian, penelitian baru ditemukan pada tikus dan belum dilakukan studi lebih lanjut pada tubuh manusia.

3. Menurunkan resiko diabetes tipe 2 

Diet menggunakan minyak zaitun ini juga diklaim ampuh dalam menurunkan resiko diabetes tipe 2. Hal tersebut berdasarkan riset yang ditelah dilakukan oleh para ahli kesehatan. Namun, meskipun demikian penelitian lebih lanjut masih tetap perlu dilakukan untuk memverifikasi sejauh mana minyak zaitun ini menurunkan resiko diabetes tipe 2.

4. Kaya akan lemak tidak tersaturasi

Minyak zaitun juga terdiri berbagai senyawa yang berperan penting pada kesehatan. Salah satunya ialah hadirnya lemak yang tidak tersaturasi di dalam minyak zaitun. Adapun lemak yang tidak tersaturasi ini disebut juga dengan asam oleat dan mendominasi sekitar 73 persen dari kandungan yang ada pada minyak zaitun. Manfaat utama dari asam oleat ini ialah mampu mengurangi sekaligus menyembuhkan peradangan dalam tubuh.

5. Mencegah penyakit stroke

Zaitun bisa menjadi pencegah stroke

Minyak zaitun juga dikenal mampu mencegah munculnya penyakit stroke. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat menurunkan tingkat resiko stroke pada tubuh. Hingga hari ini para peneliti masih terus melakukan riset lebih lanjut terkait manfaat minyak zaitun dalam mencegah penyakit stroke ini.

6. Membantu menurunkan berat badan

Sejak dulu minyak zaitun memang sudah dikenal ampuh dalam menurunkan berat badan. Bahkan minyak zaitun selalu menjadi list utama para pejuang diet untuk menjaga pola makan mereka. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun tidak akan memicu adanya kenaikan berat badan. Sebaliknya, minyak zaitun membantu dalam mengurangi berat badan.

7. Memiliki kadar antiradang yang tinggi

Kalau kamu memiliki riwayat radang sendi atau Rheumatoid Arthritis maka cobalah mengkonsumsi minyak zaitun ini. Kandungan antiradang yang disebut-sebut menyerupai kandungan ibuprofen ini dipercaya mampu meringankan gejala radang sendi.

8. Mencegah terjadinya pankreatitis akut

Penyakit pankeratitis akut merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena bisa mengancam nyawa kamu. Untuk mencegah hadirnya penyakit akut yang satu ini maka cobalah mengkonsumsi minyak zaitun dengan rutin. Kandungan asam oleat serta hydroxytyrosol di dalamnya diklaim menjadi senyawa utama yang melawan penyakit pankreatitis ini.

9. Mengurangi resiko depresi dan stress

Mengurangi Stress

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik dan organ-organ tubuh, manfaat mengkonsumsi minyak zaitun yang lainnya ialah juga berpengaruh pada Kesehatan mental kamu. Beberapa riset penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun ini mampu mengurangi tingkat depresi ataupun stress pada tubuh mereka hingga ke tingkat 48 persen.

10. Mengandung antibakteri

Minyak zaitun juga berperan dalam menangkal berbagai macam bakteri pada tubuh. Menurut penelitian, terdapat delapan tipe bakteri H. Pylori yang mampu dilawan oleh kandungan di dalam minyak zaitun ini. Sebuah riset menunjukkan bahwa sekitar 30 gram minyak zaitun extra virgin yang dikonsumsi selama setiap hari dapat mengobati infeksi H. Pylori.

11. Memiliki kadar antioksidan tinggi

Beberapa kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun ini di antaranya berupa vitamin K dan vitamin E. Kadar antioksidan yang tinggi di dalam minyak zaitun ini dipercaya mampu mencegah munculnya berbagai jenis penyakit kronis pada tubuh manusia.

12. Mencegah penyakit kolitis ulseratif 

Penyakit kolitis ulseratif merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan pada usus besar. Peradangan ini pada umumnya menyebabkan sakit perut yang luar biasa. Salah satu cara mencegah munculnya penyakit kolitis ulseratif ini ialah dengan mengkonsumsi minyak zaitun ini. Kehadiran asam oleat di dalamnya lagi-lagi berperan penuh dalam mencegah kehadiran koalitis ulseratif. Mengkonsumsi dua hingga tiga sendok makan minyak zaitun setiap harinya dipercaya mampu menurunkan terjadinya penyakit koalitis ulseratif.

13. Mengandung senyawa antikanker

Anti cancer

Sebuah penelitian terkait penyakit kanker menyebutkan bahwa orang-orang yang berada di wilayah Mediterania memiliki reskio penyakit kanker yang jauh lebih rendah. Para ahli kesehatan meyakini bahwa manfaat minum zaitun bagi warga Mediterania adalah salah satu alasan mengapa banyak warga yang tidak memiliki riwayat penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga dipercaya sebagai senyawa utama dalam mengurangi dan mencegah munculnya sel kanker pada tubuh.

14. Menjaga kesehatan tulang

Senyawa polifenol di dalam minyak zaitun juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang pada tubuh akibat penuaan. Beberapa studi penelitian yang ditujukan pada binatang dan manusia juga membuktikan bahwa minyak zaitun ternyata mampu menghambat terjadinya reabsorpsi tulang. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa 870 orang yang mengkonsumsi minyak zaitun ternyata mengalami penurunan resiko patah tulang hingga 51 persen.

15. Mengatasi rheumatoid arthritis (rematik)

Manfaat minum zaitun untuk kesehatan tulang

Manfaat mengkonsumsi minyak zaitun yang terakhir ialah mengatasi penyaki rematik yang menjadi penyebab munculnya radang sendi. Para ahli kesehatan turut meyakini jika minyak zaitun sangat bermanfaat dalam mengobati penyakit rematik. Para ahli kesehatan juga menyarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun yang dikombinasikan dengan minyak ikan. Dengan demikian, hasil yang maksimal akan lebih terasa pada kesehatan sendi tubuh kamu.

Baca Juga : Ini dia pentingnya susu untuk kesehatan 

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai manfaat minum zaitun untuk kesehatan organ-organ tubuh dan juga mental kamu. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang membutuhkannya.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Banyak Yang Tidak Sadar, Ini Tanda Kehamilan Minggu Pertama

admin

Alergi Dingin: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, dan Pencegahan

Agung

Alami Keputihan Saat Hamil, Berbahaya Cek Jawabannya Disini

admin