13 April , 2024
Hidup Sehat

Wajib Tahu! Ini Dia Pentingnya Susu bagi Kesehatan



Iklan Hosting

Pentingnya susu bagi kesehatan sudah seringkali dibahas oleh para pakar kesehatan ataupun para orangtua, baik secara verbal ataupun tulisan. Karena, efek yang diberikan susu sapi bagi kesehatan manusia memang benar adanya. Apalagi, susu bisa dikonsumsi oleh segala umur, baik muda hingga tua. Manfaatnya pun tidak hanya dirasakan pada kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan mental.

Nah, ini dia beberapa manfaat susu bagi kesehatan:

1. Meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih bugar

Solusi bagi Anda yang merasa tubuh seringkali lemas dan kurang bertenaga adalah dengan konsumsi susu sapi secara rutin.

Dalam susu sapi, terdapat kandungan magnesium yang akan memberikan tambahan tenaga dan juga bermanfaat dalam menjaga fungsi saraf serta otot tubuh. Selain itu, adapula kandungan asam amino yang akan membantu meningkatkan stamina selama ataupun setelah Anda melakukan olahraga.

Baca Juga: 7 Olahraga Selama Pandemi yang Digemari Masyarakat Indonesia

2. Meningkatkan massa otot

Kandungan protein yang ada pada susu sapi ternyata dapat memberikan manfaat berupa meningkatkan massa otot tubuh Anda. Hal ini disebutkan dalam studi yang ada pada jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise.

Dalam penelitian yang dilakukan pada wanita yang rutin berolahraga ini pun juga ditemukan fakta bahwa ternyata di sebagian wanita yang mengikuti penelitian pun mengalami efek terhadap pengurangan lemak pada tubuhnya.

3. Menjaga berat badan

Bisa dibilang, alasan pentingnya susu bagi kesehatan ini pun berkaitan dengan studi yang sebelumnya sudah dibahas. Karena massa otot yang bertambah serta lemak tubuh yang berkurang, tentunya ini akan berakibat baik bagi berat badan Anda. Di mana berat badan Anda pun dapat terjaga, tanpa perlu takut akan mengalami kenaikan berat badan.

Protein dalam susu sapi yang terbilang tinggi pun akan membuat perut jadi lebih cepat kenyang, sehingga ini akan menghindarkan Anda dari konsumsi makanan berlebih.

Walaupun dapat membuat berat badan terjaga, namun sebaiknya Anda memilih susu sapi yang punya kandungan rendah lemak, ya.

Baca Juga: 4 Gerakan Workout Mudah untuk Pemula yang Bisa Dilakukan Selama di Rumah

4. Menjaga kesehatan mata

Susu yang mengandung asam lemak omega-3, ditemukan dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini disebutkan oleh Harvard Health Publishing, di mana omega-3 ini punya manfaat dalam menjaga penglihatan, mengurangi peradangan mata dan juga meringankan gejala pada mata kering.

5. Menguatkan tulang

Kalau pentingnya susu bagi kesehatan, khususnya kesehatan tulang, pastinya sudah banyak orang yang sering mendengar atau membaca tentang hal ini. Dalam susu sapi, terdapat mineral seperti kalsium, zat besi serta fosfor yang penting sekali untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Namun bukan berarti susu dapat Anda konsumsi secara berlebihan demi mengambil manfaat ini. Karena ternyata, melansir Cleveland Clinic, susu yang dikonsumsi secara berlebih malah akan menyebabkan tingginya risiko mengalami tulang retak. Sebaiknya susu dikonsumsi 1 gelas saja per harinya.

6. Baik untuk meningkatkan imun tubuh

Protein yang ada dalam susu sapi juga diketahui punya manfaat bagi imun tubuh. Apalagi kandungan vitamin A, omega-3 dan juga antioksidan pada susu sapi pun akan membuat sel-sel dalam tubuh dapat terlindungi dan juga membantu melawan infeksi.

7. Menurunkan risiko mengalami kanker

Melansir Food and Nutrition Research, konsumsi susu sapi dikatakan bisa membantu meminimalisir risiko terjadinya kanker prostat, kanker kolorektal dan juga kanker payudara.

Ini mungkin terjadi karena manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan omega-3 dalam susu sapi murni yang akan membantu meminimalisir risiko mengalami kanker. Susu sapi pun memiliki antioksidan yang tinggi yang akan mencegah terjadinya kerusakan sel karena radikal bebas, sehingga kecil kemungkinan Anda mengalami kanker.

8. Baik untuk kulit

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang sehat dan segar, susu bisa jadi solusinya. Karena, protein dan asam amino pada susu sapi berperan dalam memproduksi kolagen. Kolagen sendiri dibutuhkan kulit untuk bisa terlihat segar, sehat dan juga bercahaya.

9. Menjaga kesehatan gigi

Pentingnya susu bagi kesehatan lainnya yang juga harus dipahami adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Susu sapi yang kaya kalsium serta fosfor akan membantu dalam mengembalikan mineral yang hilang di gigi setelah Anda mengonsumsi makanan. Susu sapi pun mampu mengembalikan lapisan terluar gigi Anda, sehingga gigi pun bisa jadi lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

10. Mencegah depresi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bukan hanya akan membahas pentingnya susu bagi kesehatan fisik saja, namun susu juga ditemukan memiliki manfaat pada kesehatan mental, yaitu mencegah terjadinya depresi.

Hal ini ditemukan dalam studi yang ada pada jurnal Social Psychiatry and Psychiatric Epidemology, di mana partisipan yang sering konsumsi susu rendah lemak serta yogurt, ditemukan 4 kali lebih kecil peluangnya mengalami gejala depresi.

Itu dia pentingnya susu bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Dengan begini, Anda pun tidak lagi ragu untuk mengonsumsi minuman sehat ini secara rutin, kan?

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

7 Olahraga Selama Pandemi yang Digemari Masyarakat Indonesia

rumi

Manfaat dan Dampak Kekurangan Vitamin D pada Kesehatan Tubuh

Agung

Ini Dia 6 Langkah Tepat Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Hidup Lebih Baik

Marsyaviani Darestuti