13 April , 2024
Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Push Up untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa



Iklan Hosting

Push-up merupakan latihan sederhana yang dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan mahal. Ini adalah jenis latihan isometrik di mana gerakan dilakukan dengan bantuan benda diam untuk merangsang kontraksi otot tubuh. Selain kemudahannya, manfaat push-up yang luar biasa dapat diperoleh dengan melakukannya secara teratur.


Iklan Backlink

Ragam Manfaat Push Up yang Perlu Diketahui

Push up bukan hanya tentang mendapatkan otot yang lebih kuat, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda peroleh dari latihan push up:

1. Mempertahankan Kesehatan Otot dan Tulang

Saat kita memasuki usia 30-an, penurunan massa otot dan kepadatan tulang dapat terjadi akibat proses penuaan. Ini dapat mengakibatkan penurunan kekuatan otot dan tulang hingga 5% setiap tahunnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otot dan tulang melalui latihan seperti push up sangat penting. Latihan ini membantu mempertahankan kekuatan tulang dan otot, terutama pada area lengan dan dada. Bahkan, disarankan untuk memulai latihan ini sejak masa pubertas.


Iklan Hosting

2. Melawan dan Mencegah Sarcopenia

Sarcopenia adalah kondisi di mana massa otot berkurang karena penuaan. Ini dapat membuat tubuh rentan dan lemah, terutama pada usia lanjut. Menghindari efek buruk dari kondisi ini memerlukan latihan yang dapat membangun kekuatan otot, seperti push up. Dengan melakukannya secara teratur, Anda dapat memicu pertumbuhan massa otot dan mencegah perkembangan sarcopenia.

3. Pembentukan Otot Bagian Atas Tubuh

Push up khususnya melibatkan otot-otot bagian atas tubuh seperti trisep, bahu, dan dada. Meskipun berfokus pada area ini, latihan ini juga menguatkan bagian tubuh lainnya seperti punggung, dada, tungkai, dan otot perut.


4. Meningkatkan Kebugaran Anggota Tubuh

Dengan melakukan push up sekitar 12-15 kali setiap hari, Anda dapat mengencangkan berbagai bagian tubuh seperti tungkai, perut, lengan, dan payudara. Kombinasi push up dengan latihan lain seperti yoga, jogging, jalan kaki, dan senam aerobik dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

5. Penurunan Berat Badan

Selain membangun otot, push up juga membantu mengurangi berat badan dengan membakar kalori berlebih dalam tubuh. Setiap sesi push up dapat membakar hingga 7 kalori per menitnya.


Iklan Backlink

6. Meningkatkan Keseimbangan dan Pencegahan Cedera

Latihan push up melatih otot-otot tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan keseimbangan tubuh. Ini memiliki manfaat khusus bagi lansia, membantu mengurangi risiko cedera akibat jatuh.

7. Mendukung Kesehatan Jantung

Melakukan push up beberapa kali seminggu dapat membantu memperkuat kinerja jantung dan menjaga aliran darah yang lancar. Ini membantu mengurangi risiko masalah kardiovaskular.


Iklan Hosting

8. Memperkuat Otot pada Area Persendian

Push up juga berperan dalam menguatkan otot dan tendon di sekitar persendian bahu. Ini penting untuk menjaga stabilitas tulang lengan bagian atas pada soket bahu.

Perhatian Saat Melakukan Push Up

Meskipun manfaat push up sangat menarik, penting untuk mengingat beberapa hal. Hindari berlebihan dalam jumlah repetisi jika Anda belum terbiasa, untuk menghindari cedera pada otot dan tendon. Selain itu, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan dan peregangan setelahnya, untuk menjaga kesehatan otot dan sendi.


Kesimpulan

Push up adalah latihan yang sederhana namun memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Dengan melibatkan berbagai otot utama dan membantu mengatur produksi hormon penting, push up adalah cara yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran Anda. Jika belum rutin melakukannya, mari mulai hari ini dan rasakan perubahan positif dalam tubuh Anda.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Peningkatan Antibodi: Langkah-langkah Ampuh untuk Kesehatan yang Lebih Baik

admin

Ketahui 14 Tips Tepat Menggemukan Tubuh Tanpa Obat-Obatan

admin

Awas Jangan Asal Pilih Dokter Gigi, Ini Tips Memilih Dokter Gigi

admin