17 Juni , 2024
Obat

Ada Lendir Di Tenggorokan, Ini Dia Obat Penghilangnya


Iklan Hosting

Punya masalah dengan lendir dahak di tenggorokan? Walaupun bukan kondisi yang berbahaya, namun lendir dahak ini seringkali mengganggu dan menyebabkan rasa yang tidak nyaman. Bila Anda mengalami masalah ini, Anda bisa mencoba cara mengatasinya serta obat apotik penghilang lendir tenggorokan yang akan disebutkan dalam artikel ini.

Lendir dahak adalah cairan yang diproduksi oleh membran mukosa yang ada dalam tubuh, seperti mulut, tenggorokan dan juga hidung. Lendir yang diproduksi ini umumnya berwarna transparan dan juga teksturnya licin.

Kehadiran lendir pun punya fungsi bagi tubuh, yaitu untuk melindungi dan juga menjaga kelembapan area-area di tubuh, dan lendir pun punya kandungan antibodi serta enzim yang bisa melawan infeksi. Seperti lendir yang ada di hidung, berguna untuk menyaring udara serta kotoran yang bisa masuk bersama udara. Bisa dibilang, kehadiran lendir adalah bagian yang sehat dari tubuh.

Namun, terkadang, karena beberapa kondisi, produksi lendir di hidung pun bisa jadi lebih banyak, hingga lendir pun turun dan menumpuk di area tenggorokan. Kondisi ini juga disebut postnasal drip atau lendir di tenggorokan.

Obat Penghilang Lendir dahak

Penyebab Lendir Berlebih

Per harinya, tubuh akan memproduksi lendir sekitar 1 hingga 1,5 liter. Namun, jumlahnya bisa saja bertambah dan berlebihan, karena kondisi-kondisi medis seperti sedang pilek, flu, alergi, infeksi sinus, infeksi saluran pernapasan, perubahan cuaca, paparan bahan kimia, konsumsi makanan pedas, konsumsi obat-obatan tertentu, ataupun karena kehamilan.

Namun, ada juga kondisi tenggorokan yang dipenuhi lendir dahak karena ketidakmampuan tenggorokan untuk membersihkan dahak. Dahak sendiri diartikan sebagai lendir yang mengental serta menyangkut di area belakang tenggorokan saat kita sakit. Lendir ini sebetulnya diproduksi paru-paru agar menghalangi virus dan bakteri untuk masuk.

Bukan hanya itu saja, GERD atau penyakit asam lambung yang naik juga bisa menyebabkan cairan menumpuk di area tenggorokan, yang seakan-akan membuat seperti adanya lendir di bagian tersebut. Kondisi ini disebut sebagai laryngopharyngeal reflux (LPR). Hal ini terjadi karena cairan asam dan enzim naik dari lambung ke kerongkongan hingga mengenai jaringan laring serta tenggorokan.

Penyebab utama LPR, umumnya adalah karena adanya kerusakan pada otot sfingter esofagus bagian atas dan juga bawah. Otot bagian bawah berfungsi untuk mencegah asam lambung naik ke esofagus. Sehingga ketika ia rusak, maka asam lambung pun bisa naik dan mengiritasi esofagus, hingga muncul gejala heartburn.

Sedangkan otot bagian atas fungsinya untuk menjaga asam lambung dapat keluar dari laring dan juga tenggorokan. Bila rusak, maka seseorang bisa merasa serak, batuk dan juga munculnya lendir berlebih di tenggorokan.

Mengetahui Penyebab Lendir Berdahak

Gejala Adanya Lendir di Tenggorokan

Sebelum mengetahui cara mengatasi dan juga obat apotik penghilang lendir yang efektif, Anda harus tau apa saja gejala yang menandakan adanya lendir yaitu, sering muncul keinginan untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan, sakit tenggorokan, batuk sesekali atau malah batuk terus menerus, gatal di tenggorokan, suara serak bahkan suara hilang, muncul rasa terbakar di area tenggorokan, dan juga merasa seperti ada benda mengganjal di tenggorokan.

Cara Mengatasi Lendir yang Mengganggu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi, menghilangkan dan mengeluarkan lendir dahak. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Cara mengeluarkan lendir dahak dengan teknik pernapasan dan batuk

Obat Penghilang lendir yang bisa dibeli di Apotik

Ketika dahak mulai menumpuk dan terasa mengganjal bahkan mengganggu pernapasan, umumnya tubuh akan mencoba mengeluarkan dahak tersebut dengan cara batuk. Itulah kenapa ada sebutan sakit batuk berdahak.

Dengan teknik batuk

Ada dua teknik batuk yang bisa Anda coba untuk membantu mengeluarkan lendir dahak, yaitu batuk dalam dan batuk kencang.

Batuk dalam bisa Anda lakukan dengan cara duduk di kursi dengan menempatkan kaki menyentuh lantai. Lalu lipat bagian tangan ke depan tubuh sampai menekan bagian perut, dan tarik napas dalam-dalam. Dalam posisi tersebut, Anda harus mencoba batuk dengan kencang hingga dahak pun keluar dari tenggorokan.

Sedangkan batuk kencang bisa dilakukan dengan cara mengambil napas sampai memenuhi bagian paru-paru. Lalu kencangkan bagian otot perut, buang napas sambil membuka mulut dan mengucapkan kata ‘ha’. Embuskan napas sebanyak 3 kali, menggunakan cara yang sama.

Dengan teknik pernapasan

Selain itu, ada juga teknik pernapasan yang bisa dilakukan sebagai cara mengeluarkan dahak di paru-paru. Caranya, latihlah pernapasan dalam dengan cara menghirup udara lebih lama, sehingga paru-paru mengembang. Kemudian, embuskan napas hingga paru-paru mengempis.

Teknik ini akan membuat paru-paru jadi lebih bersih dari lendir yang menyebabkan udara terhalang untuk bergerak di saluran pernapasan.

2. Obat Apotik Penghilang Lendir Tenggorokan

Obat Di Apotik untuk penghilang lendir

Anda bisa menghilangkan lendir dengan bantuan obat pengencer dahak. Ada beberapa obat apotik penghilang lendir yang umum dikonsumsi yaitu:

Ekspektoran (guaifenesin)

Ekspektoran merupakan obat pengencer dahak yang bisa didapatkan secara bebas di apotik. Cara kerja obat ini adalah dengan mengencerkan dahak yang tebal dan juga menggumpal, dan mengeluarkannya ketika batuk.

Obat ini pun akan menghambat produksi protein penghasil dahak, sehingga dahak bisa berkurang secara signifikan.

Mukolitik (bromhexine)

Ini merupakan obat batuk umum, yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Cara kerja obat mukolitik ini adalah menghancurkan ikatan kimia yang ada dalam dahak, sehingga teksturnya pun jadi lebih cair, sehingga mudah keluar ketika Anda batuk.

Dekongestan

Obat seperti pseudoephedrine atau phenylephrine ini dapat membantu Anda untuk melegakan hidung yang tersumbat. Jeni Obat ini tersedia dalam bentuk hirup dan juga minum.

Obat semprot hidung

Misalnya seperti oxymetazoline, yang fungsinya untuk membuka pernapasan di hidung sehingga Anda lebih nyaman ketika bernapas.

Antihistamin

Obat-obat seperti diphenhydramine, loratadine, fexofenadine, cetirizine, levocetirizine, dan desloratadine, akan membantu meredakan keluhan ataupun gejala yang disebabkan oleh reaksi alergi. Cara kerjanya adalah dengan menghambar kerja dan juga kadar histamin yang merupakan zat kimia yang bisa menyebabkan munculnya reaksi alergi ketika seseorang terpapar zat alergen. Dengan obat ini, lendir dahak yang muncul karena reaksi alergi pun bisa diatasi.

3. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung dengan cara alami

Selain menggunakan obat apotik penghilang lendir tenggorokan yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa melakukan cara-cara alami berikut ini untuk mengatasi permasalahan Anda:

Konsumsi air putih

Minum Air Putih

Cara mengencerkan lendir yang mudah untuk dilakukan adalah dengan konsumsi banyak air putih. Bukan hanya bermanfaat dalam menghidrasi tubuh, tapi cara ini juga dapat membantu agar tenggorokan tetap lembap, sehingga tenggorokan pun lebih nyaman.

Anda bisa memilih air putih hangat ataupun minuman dan makanan hangat lain agar produksi lendir yang berlebih pun bisa teratasi.

Berkumur menggunakan larutan air garam

Berkumur Larutan Garam Sebagai Mengobati Lendir secara Alami

Larutan air hangat dengan garam juga bisa membantu Anda untuk membuat tenggorokan lebih bersih dari tumpukan lendir, serta ini bisa jadi cara mengurangi sakit tenggorokan. Caranya, larutkan 1 sendok teh garam dalam air putih hangat, kemudian aduk, dan gunakan campuran tersebut untuk berkumur, kemudian buang airnya setelah berkumur.

Mandi menggunakan air hangat

Mandi Air Hangat

Cara kerjanya serupa dengan konsumsi makanan atau minuman hangat. Dengan mandi menggunakan air hangat ini akan membantu memberi rasa nyaman. Uap dari air hangat pun bisa mengurangi permasalahan hidung tersumbat dan juga membantu mengencerkan dahak.

Itulah beberapa hal tentang mengatasi permasalah lendir tenggorokan yang menumpuk hingga mengganggu. Anda dapat mencoba membeli obat apotik penghilang lendir tenggorokan yang bisa dengan mudah Anda temukan dan beli tanpa resep dokter. Bila permasalahan ini sangat mengganggu, dan disebabkan karena kondisi medis tertentu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Sering Nyeri di Gigi, Ini 11 Obat Apotik Sakit Gigi

admin

Apa Saja Efek Samping dan Manfaat Paracetamol

admin

Gusi Anda Bengkak & Nyeri Minum Obat Ini

admin