17 Juni , 2024
Kesehatan

Optimalkan Janin Dengan 6 Cara Hamil Sehat


Iklan Hosting

Kesehatan merupakan hal paling penting yang harus selalu diperhatikan selama masa kehamilan. Kesehatan selama hamil sangat menentukan tumbuh kembang janin dalam kandungan hingga tiba saatnya dilahirkan. Kelalaian dalam menjaga kesehatan selama hamil dapat berakibat fatal, seperti penyakit pada janin, cacat hingga kematian. Maka agar bisa terhindar dari segala kemungkinan buruk, ibu mengandung perlu menerapkan cara hamil sehat seperti berikut ini.

1. Melakukan Pemeriksaan secara Rutin

Cara hamil sehat selalu melakukan pemeriksaan ke dokter

Ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan serta berkonsultasi dan menceritakan keluhan yang dialami selama masa kehamilan. Pemeriksaan penting dilakukan dengan tujuan untuk memantau perkembangan janin. Selain itu, dokter bisa membantu ibu untuk menyiapkan apa saja yang harus dilakukan selama masa kehamilan hingga menjelang persalinan. Dokter pun akan membantu menentukan metode persalinan yang paling tepat.

2. Memperhatikan Asupan Nutrisi

Jangan Lupakan Asupan Nutrisi

Pada masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Pertumbuhan janin yang ada dalam kandungannya sangat bergantung pada kecukupan asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika ibu dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi secara cukup, maka bisa dipastikan janin akan tumbuh dengan optimal. Asupan nutrisi yang perlu dipenuhi dalam masa kehamilan sangat beragam, seperti vitamin, protein, karbohidrat, kalsium, serta masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa pada masa enam bulan pertama kehamilan dibutuhkan 300 kalori ekstra untuk menunjang cara hamil sehat. Kebutuhan itu bisa dipenuhi dengan mengonsumsi vitamin prenatal sesuai dosis dari dokter. Tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi ibu hamil harus makanan yang telah dimasak dengan sempurna supaya terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan kesehatan janin.

3. Berolahraga dengan Teratur

Cara hamil sehat dengan selalu melakukan olahraga

Meskipun olahraga baik untuk kesehatan ibu dan janin, tetap lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri. Jangan sampai tubuh kelelahan atau mengalami dehidrasi. Jenis olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah renang, yoga, senam kegel, jalan cepat, dan pilat. Ibu hamil wajib menghindari jenis olahraga yang berat atau yang dapat memberikan tekanan berlebih pada sendi karena berdampak buruk bagi pertumbuhan janin.

Manfaat yang diperoleh ibu hamil jika melakukan olahraga dengan teratur diantaranya adalah dapat membangun kekuatan dan daya tahan tubuh yang diperlukan seiring bertambahnya usia kehamilan. Stres selama hamil juga bisa dikurangi dengan rutin berolahraga. Selain itu, berolahraga juga dapat memudahkan tubuh kembali ke bentuk semula setelah bayi lahir. Manfaat lainnya adalah dapat mencegah atau meringankan sakit dan nyeri selama hamil.

4. Istirahat yang Cukup

Hamil sehat dengan beristirahat

Cukup beristirahat merupakan salah satu cara hamil sehat yang disarankan selanjutnya. Tingginya hormon kehamilan dalam tubuh menyebabkan kelelahan pada beberapa bulan awal masa kehamilan. Itu merupakan cara tubuh untuk  memberitahu ibu hamil agar mengurangi aktivitasnya. Ibu hamil juga pasti mengalami fase susah tidur pada malam hari yang bisa semakin menambah kelelahan. Supaya kebutuhan istirahat terpenuhi, ibu hamil disarankan tidur di siang hari.

5. Menghindari Rokok serta Asap Rokok

Hindari rokok dan asap

Rokok menjadi ancaman kesehatan bagi semua orang, termasuk bagi ibu hamil. Bahkan bahaya rokok pada ibu hamil semakin nyata karena zat berbahaya dari rokok sangat berisiko terhadap kesehatan janin, seperti kelahiran premature, cacat lahir, sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), hingga keguguran. Maka dari itu, sebisa mungkin ibu hamil tidak merokok dan penting juga untuk menghindari paparan asap rokok.

6. Menjaga Kesehatan Mental

Cara hamil sehat yang terakhir dan tak kalah penting adalah menjaga kesehatan mental. Kebanyakan ibu hamil mengalami perubahan emosi dengan cepat selama masa kehamilan. Sebenarnya hal tersebut wajar dialami oleh hampir semua ibu hamil. Namun jika perubahan suasana hati terjadi secara ekstrem, ibu hamil disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter sehingga mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Emosi yang berlebihan akan berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan janin. Jadi ibu hamil harus pintar-pintar dalam mengontrol dan menjaga kestabilan emosi serta menghindari penyebab stress.

Baca Juga : Bolehkah ibu hamil minum yakult

Sederet cara hamil sehat menjadi tips penting yang harus diterapkan selama mengandung. Penerapan tips kesehatan yang tepat dapat mencegah berbagai risiko berbahaya. Selain berpengaruh baik ke janin, menjaga kesehatan juga akan berdampak baik pada tubuh ibu saat hamil maupun sesudah melahirkan.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Mengatasi Nyeri pada Gigi Berlubang: Panduan Lengkap

Agung

7 Penyebab Mimisan Pada Remaja dan Dewasa

Marsyaviani Darestuti

4 Masalah Kesehatan Akibat Pola Makan Tidak Teratur

admin