13 April , 2024
Kesehatan

Awas Jangan Asal Pilih Dokter Gigi, Ini Tips Memilih Dokter Gigi



Iklan Hosting

Kesehatan merupakan bagian penting dalam hidup. Semua hal yang berhubungan dengan kesehatan tidak boleh disepelekan termasuk untuk urusan gigi dan mulut. Tidak bisa dipungkiri jika hari ini masih banyak masyarakat yang tidak terlalu memperdulikan masalah kesehatan gigi dan mulut mereka. Hal tersebut bisa dilihat dari masih banyaknya orang yang asal-asalan dalam memilih dokter gigi.

Kurangnya edukasi tentang penyakit gigi dan mulut serta cara menanganinya menjadi salah satu faktor mengapa masih banyak orang yang abai dengan kesehatan gigi dan mulut mereka. Tidak heran jika masyarakat cenderung memilih pengobatan tradisional dibandingkan medis saat mengalami sakit gigi. Padahal, penanganan masalah gigi dan mulut ini tidaklah semudah yang ada dipikiran orang awam pada umumnya. Salah sedikit saja maka bisa menyebabkan peradangan yang parah hingga memunculkan penyakit serius lainnya.

Zaman yang semakin maju ternyata tidak membuat banyak orang berpikiran maju pula. Buktinya, masih banyak orang yang menjadi korban kasus malpraktik yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, diperlukan kehati-hatian dan ketelitian dalam memilih tempat praktek atau dokter gigi yang tepat. Biar Anda tidak bingung dan khawatir lagi dalam memilih dokter gigi, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda.

Tips Memilih Dokter Gigi yang Tepat

Memiliki Perawatan yang Detail

Jangan salah memilih dokter gigi

Tips dalam memilih dokter gigi yang pertama ialah dengan memperhatikan setiap detail dari penanganan dokter gigi tersebut. Seorang dokter gigi yang kompeten di bidangnya tentu tidak akan asal-asalan dalam memeriksa gigi pasiennya. Pada umumnya mereka akan melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh hingga melakukan proses rontgen gigi untuk benar-benar memastikan kondisi gigi pasien.

Pemeriksaan gigi dan mulut ini pun tidak hanya fokus pada bagian gigi dan mulut saja. Dokter gigi pada umumnya juga akan memeriksa bagian bibir, pipi, kulit wajah hingga bagian leher pasiennya. Setelah pemeriksaan, dokter gigi akan menyarankan proses perawatan gigi yang akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya.

Memperhatikan STR dan SIP

STR atau surat tanda registrasi dan SIP atau surat izin praktik adalah dua hal penting yang wajib dimiliki oleh seorang dokter gigi yang memiliki sebuah praktik. Tanpa kedua surat izin pusaka ini maka status dokter gigi yang dimiliki oleh seseorang bisa dipertanyakan. Pada dasarnya, STR dan SIP ini telah diatur pada UUPK Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran Pasal 29. Anda juga bisa langsung mengecek sendiri izin praktik seorang dokter gigi dengan mengunjungi situs resmi Konsil Kedokteran Indonesia.

Untuk memastikan ada atau tidaknya izin pengoperasian pada klinik tempat praktik tersebut, Anda juga bisa mengeceknya dengan melihat izin pengoperasian klinik yang biasanya dipajang pada meja resepsionis. Jika tidak menemukan izin pengoperasian klinik ini maka Anda juga bisa langsung menanyakannya pada petugas resepsionis yang bertugas.

Tak perlu khawatir untuk mempertanyakan persoalan izin pengoperasian klinik ini, karena semuanya memang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014. Jika sebuah klinik telah memiliki surat izin pengoperasian dan dokter gigi yang bersangkutan juga telah memiliki izin praktik yang sah, maka Anda tidak perlu takut untuk melakukan perawatan gigi dan mulut di tempat tersebut.

Memperhatikan Proses Pengelolaan Limbahnya

Perhatikan dalam pengelolaan limbah alat kesehatan

Sebuah tempat praktik kesehatan juga perlu memperhatikan proses pengelolaan limbahnya. Jika Anda menemukan tempat praktik gigi yang asal-asalan dalam membuang sampah limbahnya maka Anda patut mencurigainya. Kesehatan dan kebersihan adalah dua hal yang saling berkaitan erat. Menurut Dokter Marius Widjajarta, sebuah klinik yang memenuhi syarat untuk beroperasi bisa dilihat dari bagaimana mereka mengelola limbahnya.

Jika klinik yang bersangkutan masih membuang limbahnya secara sembarangan seperti membuang sampahnya di depan klinik saja tanpa penanganan khusus maka dapat dipastikan jika klinik tersebut tidak memenuhi prosedur kelayakan klinik tempat praktik.

Mempertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Tidak bisa dipungkiri jika harga di bawah rata-rata akan menarik banyak perhatian pasien yang ingin melakukan perawatan gigi dan mulut. Namun, harga miring seperti ini justru patut Anda waspadai,  terlebih jika dokter gigi tersebut menawarkan tindakan yang sangat lengkap. Jadi, jangan sampai tergoda untuk melakukan perawatan gigi dan mulut hanya karena harga miring yang ditawarkan yah!

Memilih Dokter Gigi Dengan Meminta Rekomendasi Dari Orang Terdekat

Memilih dokter gigi dengan melihat reputasinya

Seorang dokter gigi yang memiliki reputasi yang baik tentu akan sering direkomendasikan oleh banyak orang. Untuk mengecek reputasi dari tempat praktik maupun dokter gigi tersebut bisa Anda cek langsung melalui media sosial. Saat ini, hampir semua dokter gigi yang memiliki tempat praktik terkenal telah memiliki akun sosial media.

Jadi, daripada repot-repot untuk mengecek satu per satu tempat praktik dokter gigi yang ada, maka akan lebih baik jika Anda langsung mampir ke akun sosial media mereka masing-masing. Lihatlah testimoni hingga komen-komen di setiap postingan mereka.

Dokter gigi yang berkualitas tentu bisa dilihat dari banyaknya komentar-komentar positif di setiap akun sosial media mereka. Selain sosial media, Anda juga bisa menelusuri informasi tentang dokter gigi dan tempat praktiknya tersebut melalui blog atau situs-situs di internet.

Selain mencari informasi lewat sosial media, Anda juga bisa meminta rekomendasi tempat praktik paling recommended dari keluarga ataupun kerabat lainnya. Dengan mendengar testimoni langsung dari keluarga atau teman sendiri tentu akan membuat Anda makin yakin untuk melakukan perawatan gigi dan mulut di tempat tersebut.

Tips Memilih Dokter Gigi Dari American Dental Association (ADA)

Memilih Dokter Gigi

Selain beberapa tips di atas, kami juga akan memberikan beberapa tips memilih dokter gigi yang tepat dari ADA atau American Dental Association. Berikut adalah poin-poin penting yang dibagikan oleh ADA:

  • Meminta rekomendasi dengan orang terdekat seperti keluarga, teman, tetangga, hingga teman kerja.
  • Menanyakan langsung pada dokter keluarga atau apoteker terdekat.
  • Saat pindah rumah, berkonsultasilah dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan dokter gigi baru di sekitar tempat Anda nantinya.
  • Manfaatkan sosial media, situs-situs di internet ataupun blog pribadi dari orang-orang yang memiliki pengalaman melakukan perawatan gigi dan mulut.

ADA Council on Acces, Prevention and Interprofessional Relations juga membagikan beberapa saran untuk bisa melakukan perawatan gigi jika Anda memiliki kebutuhan khusus.

  • Beritahukan dokter gigi Anda secara langsung tentang keadaan kesehatan khusus yang dialami. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai masalah finansial yang berhubungan dengan proses perawatan selanjutnya.
  • Tanyakan kepada dokter gigi yang bersangkutan apakah pernah dilatih atau pernah menangani kasus yang sama seperti kondisi Anda.
  • Tanyakan kepada dokter gigi yang bersangkutan apakah tertarik untuk menangani pasien dengan kondisi seperti Anda.
  • Jika Anda adalah pasien disabilitas maka tanyakanlah tentang fasilitas kesehatan gigi yang bisa diakses oleh Anda.

Pihak Council juga menyarankan pasien yang memiliki kebutuhan spesial untuk mengubungi direktur perawatan gigi di departemen kesehatan umum sebelum melakukan perawatan. Selain itu, pasien juga perlu menghubungi langsung klinik kesehatan gigi di rumah sakit, terutama jika rumah sakit tersebut melakukan kerja sama dengan universitas.

Nah, demikianlah tips-tips dalam memilih dokter gigi yang tepat untuk Anda. Pastikan untuk selalu hati-hati dan teliti dalam memilih dokter gigi agar kamu tidak menyesal di akhir.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Mengatasi Nyeri pada Gigi Berlubang: Panduan Lengkap

Agung

Bingung Cari Dokter Kandungan, Ini Tips Memilihnya

admin

Ketahui 14 Tips Tepat Menggemukan Tubuh Tanpa Obat-Obatan

admin