13 April , 2024
Hidup Sehat

Ternyata Ini Manfaat Mandi Shubuh yang Jarang Diketahui!



Iklan Hosting

Mandi menjadi kegiatan yang wajib dan rutin dilakukan oleh banyak orang untuk membersihkan tubuh mereka. Jumlahnya juga berbeda, tergantung dari kebutuhan setiap orang. Meskipun demikian, kebanyakan orang memulai aktifitasnya dengan mandi subuh. Umumnya, ada banyak manfaat mandi subuh yang mungkin jarang orang ketahui.

Selain lebih menyegarkan, mandi subuh juga ternyata akan membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit loh. Oleh sebab itu, rutin mandi subuh akan lebih menyehatkan tubuh Anda.

Meningkatkan sirkulasi darah

Saat rutin melakukan aktifitas mandi subuh, maka tubuh pun akan mengalami peningkatan dalam sirkulasi darah. Air yang mengalir inilah yang menyebabkan darah Anda mengalir ke sekitar permukaan kulit sehingga sirkulasi darah pun menjadi lancar.

Seperti yang telah diketahui jika sirkulasi darah yang baik akan membantu penyerapan dan transfer nutrisi ke seluruh tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan sirkulasi darah maka hal ini akan berisiko pada munculnya kondisi hipertensi dan varises. Maka tak heran jika pengunaan terapi air banyak dilakukan dalam meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Baca Juga: Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

Mengurangi stres dan turunkan risiko depresi

Manfaat mandi subuh
Source: Kumparan.com

Manfaat mandi subuh selanjutnya ialah mengurangi stress dan menurunkan risiko depresi. Stress dan depresi tentulah menjadi masalah mental yang tak boleh disepelehkan. Jika terus diabaikan, hal ini akan berimbas pada kondisi kesehatan mental dan fisik Anda selanjutnya.

Salah satu cara untuk meredakan stress ialah dengan rutin mandi pagi atau mandi subuh. Suhu air yang dingin akan membuat tubuh mendapatkan oksigen yang cukup. Otak yang memiliki oksigen yang cukup akan mengurangi stress yang sedang dialami.

Jika Anda rutin melakukan mandi subuh, maka pikiran pun akan lebih terasa enteng dan tenang. Kadar kortisol berlebihan yang menjadi faktor utama munculnya stress bisa dilawan dengan aktifitas mandi subuh ini.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Mandi di pagi buta ternyata juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan para pria. Jika Anda masih muda maka cobalah untuk membiasakan rutinitas mandi subuh. Mandi subuh diklaim sangat efektif dalam meningkatkan produksi sperma pada laki-laki.

Perlu diketahui bahwa saat mandi subuh Anda diwajibkan untuk mandi menggunakan air dingin dan bukan air hangat. Penggunaan air hangat di pagi hari tidak akan memberikan efek apapun. Sebaliknya, air dingin yang digunakan akan merangsang munculnya produksi testosteron yaitu hormon pria yang berperan penting dalam meningkatkan kesuburan pada pria.

Menjaga kesehatan kulit

Mandi subuh juga diketahui sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Selain menyegarkan, mandi menggunakan air dingin akan membuat kulit Anda menjadi lebih cerah, halus dan juga sehat. Tak hanya itu saja, mandi subuh juga akan membantu mengurangi lingkaran hitam di area mata. Hal ini disebabkan oleh air dingin yang memiliki sifat meningkatkan kelembapan dan kekenyalan pada kulit.

Menurunkan kadar gula darah

Selain mengurangi makanan yang manis-manis, para penderita kadar gula darah tinggi juga banyak disarankan untuk rutin melakukan mandi sebelum subuh. Pasalnya, mandi dengan guyuran air segar dan dingin sangat berperan dalam proses detoksifikasi yang akan menyeimbangkan gula darah.

Seperti yang telah diketahui bersama jika kadar gula yang berlebihan sangat berisiko menyebapkan diabetes. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk segera mengubah pola makan sehat dengan menghindari berbagai makanan yang mengandung gula tinggi. Jangan lupa juga untuk rutin mandi subuh untuk mendapatkan hasil proses detoksifikasi pada gula darah.

Baca Juga: Nikmati Khasiat Mandi Air Panas Malam Hari

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan rutin mandi subuh, tubuh juga bisa mendapatkan kekebalan ekstra yaitu dengan terbentuknya sel darah putih baru. Sel darah putih dalam tubuh pada dasarnya berperan penting dalam melawan berbagai jenis penyakit.

Dengan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi maka tubuh pun akan jauh lebih berenergi. Jika Anda membutuhkan dorongan energi untuk melakukan beragam macam aktifitas di pagi hari maka mulailah dengan rutin melakukan mandi sebelum subuh. Dijamin, Anda akan lebih bersemangat untuk memulai hari.

Manfaat mandi subuh tak hanya bisa dirasakan dari segi fisik saja, saat rutin mandi air segar di pagi hari, kondisi mental pun akan jauh lebih segar. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan energi baru setiap harinya, silahkan memulainya dengan rutin menikmati guyuran air segar di waktu subuh.

Iklan Backlink
liquid saltnic

Related posts

Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terbebas dari Penyakit

admin

Nikmati & Dapatkan Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin

Manfaat Berbekam: Membangkitkan Kesehatan dan Kesejahteraan Anda

Faqih Jafar