30 November , 2022
Image default
Kesehatan

Bingung Cari Dokter Kandungan, Ini Tips Memilihnya


Dokter kandungan adalah seorang dokter yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam tentang sistem reproduksi wanita. Dokter kandungan atau dokter spesialis obstetrik dan ginekologi, yang menyandang gelar Sp.OG. Memilih dokter kandungan ternyata harus dilakukan dengan benar dan tepat, lho. Karena kepada mereka lah Anda akan memeriksakan diri dan kehamilan Anda serta ia juga yang akan menangani kehamilan Anda.

Tugas dan Fungsi Dokter Kandungan

Perlu diketahui, bahwa obstetrik dan ginelogi adalah dua hal yang berbeda. Obstetrik merupakan bidang ilmu medis yang fokus di perencanaan dan penanganan kondisi ibu hamil serta janin, proses persalinan dan juga gangguan ataupun komplikasi kehamilan dan persalinan.

Sedangkan ginekologi merupakan bidang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan kesehatan organ reproduksi wanita seperti vulva dan vagina, rahim, leher rahim atau serviks, tuba falopi dan juga indung telur atau ovarium. Dengan ilmu ginekologi ini, dokter bisa mempelajari mengenai penyakit sistem reproduksi wanita seperti persoalan kesuburan, infeksi menular seksual, radang panggul ataupun kanker serviks.

Dokter kandungan ini secara umum berperan dalam merawat ibu hamil dan juga janin, menentukan serta membantu proses persalinan, dan juga mengobati kelainan ataupun penyakit di organ reproduksi wanita dengan obat atau tindakan medis.

Memilih Dokter Kandungan Terbaik

Perbedaan Dokter Kandungan dan Bidan

Mungkin tidak sedikit para calon ibu yang masih bingung mengenai apa perbedaan antara dokter kandungan dengan bidan. Perbedaan dari keduanya berada di metode yang digunakan serta cara menangani ibu hamil dan persalinannya.

Bila Anda dalam masa kehamilan tidak pernah mengalami komplikasi atau masalah tertentu, maka proses persalinan normal dapat dilakukan dengan bidan. Tapi, bila ada risiko tinggi, maka penanganan harus diambil alih oleh dokter kandungan.

Itulah kenapa memilih dokter kandungan ataupun bidan haruslah sesuai dengan kondisi Anda. Sehingga pemilihannya pun tepat.

Dokter kandungan terbaik

Tips Memilih Dokter Kandungan Terbaik

Berikut ini adalah beberapa panduan terkait memilih dokter kandungan yang tepat untuk kehamilan Anda:

1. Mencari banyak referensi

Menentukan pilihan yang tepat harus diawali dari mencari referensi pilihan sebanyak-banyaknya. Memilih dokter kandungan yang tepat adalah hal penting, karena Anda pastinya tidak mau kalau orang sembarangan dan punya track record yang buruk yang akan menangani Anda dan juga calon bayi Anda.

Anda bisa meminta rekomendasi keluarga ataupun teman yang sebelumnya pernah punya pengalaman dalam kehamilan dan melahirkan. Anda bisa bertanya tentang dokter yang menangani, ataupun klinik dan rumah sakit tempat mereka memeriksakan diri ataupun persalinan. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan kualifikasi dokternya.

Anda pun bisa memilih mau itu dokter wanita ataupun pria, yang tentunya akan membuat Anda lebih nyaman dalam berkonsultasi. Yang pasti, ketahui track record, sertifikasi dan juga pengalaman yang dimiliki sang dokter.

2. Pilih yang membuat Anda nyaman dalam berkonsultasi

Kenyamanan pun adalah salah satu faktor yang harus Anda pertimbangkan. Karena dengan memilih dokter kandungan, Anda akan berkonsultasi dan memeriksakan diri serta janin Anda selama 9 bulan. Sehingga rasa nyaman haruslah diperhatikan. Pastikan juga bahwa penjelasan, kepribadian dan kesabaran yang dimiliki sang dokter bisa Anda terima dengan baik. Karena akan berpengaruh kepada kepuasan yang akan Anda dapatkan ketika berkonsultasi dengannya.

3. Sesuaikan dengan riwayat kesehatan Anda

Bila Anda punya riwayat kesehatan yang memerlukan penanganan khusus, ada baiknya Anda mencari dokter yang punya pengalaman serta kompetensi yang lebih tinggi untuk menangani kondisi Anda tersebut.

Misalnya, bila Anda punya keluhan yang berkaitan dengan masalah kesuburan ataupun kesulitan untuk hamil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan yang ahli fertilitas. Bila Anda juga punya kondisi kehamilan yang berisiko, juga ada baiknya Anda memilih dokter yang mampu dan punya kualifikasi menangani kehamilan dan persalinan berisiko.

4. Mempertimbangkan keputusan dokter

Saat Anda berkonsultasi, perhatikan segala penjelasan dan keputusan yang diberikan dokter. Seperti misalnya dalam hal kandungan, hal-hal penting seperti episiotomy ataupun inisiasi menyusui dini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dari keputusan yang dokter berikan, Anda bisa menilai kecocokannya. Anda tentunya akan lebih merasa tenang bila keputusan Anda didukung oleh dokter. Bila dokter punya rekomendasi yang berbeda dengan preferensi Anda, Anda bisa bertanya kembali mengenai manfaat dan risiko dari keputusan tersebut, dan adakah alternatif pilihan lainnya.

5. Pilih juga rumah sakit dengan tepat sesuai kebutuhan

Selain memperhatikan pilihan dokter, Anda juga harus mempertimbangkan rumah sakit atau klinik tempat sang dokter praktik. Apakah berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan Anda dari kehamilan hingga persalinan.

Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain dalam memilih rumah sakit atau klinik, seperti jarak lokasi dari kediaman Anda, asuransi kesehatan, waktu praktik dokter dan lainnya.

Memilih rumah sakit terbaik

Pentingnya Memeriksakan Diri ke Dokter Kandungan

Lalu sebenarnya seberapa pentingkah memilih dokter kandungan dan memeriksakan diri ke dokter kandungan, terutama bagi ibu hamil?

Perlu diperhatikan bahwa sebenarnya tidak selalu harus dalam kondisi hamil saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan. Karena Anda pun memang seharusnya melakukan pemeriksaan rutin secara berkala ke dokter kandungan.

Beberapa dokter kandungan pun merekomendasi untuk para wanita, termasuk mereka yang remaja dan aktif secara seksual untuk memeriksakan diri secara rutin ke dokter kandungan. Pemeriksaan rutin yang dilakukan ini semacam untuk medical check up, setidaknya dilakukan setahun sekali.

Sedangkan untuk wanita hamil, lakukan pemeriksaan kandungan lebih sering sesuai kondisi dan usia kehamilan. Umumnya dokter akan menyarankan untuk memeriksakan kandungan tiap satu bulan sekali untuk 6 bulan pertama kehamilan. Dan frekuensi pemeriksaan pun akan jadi lebih sering bila waktu melahirkan mulai semakin dekat.

Apalagi bisa dikatakan kalau pemeriksaan kehamilan ini cukup penting karena akan membantu mencegah Anda mengalami komplikasi saat hamil, untuk memantau kesehatan janin, memberi Anda pengetahuan yang lebih luas, serta membantu Anda mempersiapkan persalinan.

Wanita Hamil Dengan Masalah Menstruasi

Para wanita yang juga punya permasalahan dengan menstruasi yang tidak teratur dan masalah seksual juga bisa memeriksakan diri ke dokter kandungan, lho. Anda pun dapat melakukan deteksi dini kanker serviks dan mendapat vaksinan pencegahan kanker serviks.

Jadi, sudah seharusnya para wanita mulai peduli dengan kondisi alat reproduksi mereka, terutama mereka yang mulai remaja, aktif secara seksual dan yang sudah menikah.

Selain itu, dengan beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, jadi Anda tidak lagi akan sembarang memilih dokter, terutama dokter kandungan, karena Anda sudah memiliki panduan memilihnya dengan tepat. Sekalipun Anda bertemu dengan dokter yang membuat Anda tidak nyaman, tidak sepaham dan tidak puas, maka Anda pun bisa berganti dokter. Karena dari itu, sebelum menentukan pilihan dokter kandungan terbaik yang tepat, Anda sebaiknya mengikuti poin-poin yang sudah dijelaskan di atas.

Persiapkan bekal yang banyak di masa kehamilan Anda, terutama bekal ilmu tentang kehamilan, persalinan dan juga mengurus bayi. Semua ini harus Anda persiapkan dengan sebaik mungkin.


Related posts

Mitos atau Fakta, Ciri Bawaan Hamil Anak Laki

admin

Ini Loh Penyebab Keputihan Kental Seperti Ingus

PRIMADITYA RIESTA

Banyak Yang Tidak Sadar, Ini Tanda Kehamilan Minggu Pertama

admin